Chevrolet 350

Chevrolet 350 1972 Indonesia

Mobil kembar seperti Avanza dan Xenia diciptakan agar 2 pabrikan bisa punya produk dengan biaya pengembangan yang murah bukan barang baru di Indonesia. Salah satu mobil kembar di Indonesia yang mungkin bisa disebut pertama kalinya ada adalah Chevrolet 350 yang sama persis dengan Holden HQ Statesmen pada tahun 1972. Bedanya, yang satu hanya pas disebut sedan deluxe sementara yang satunya boleh disebut muscle car digabung dengan sedan deluxe.


Bentuk keseluruhan dari Chevy 350 ini sama persis dengan Holden Statesmen generasi HQ. Perbedaan paling terlihat antara kedua mobil ini ada pada grill depannya dimana Holden memakai grill dengan palang tunggal yang terletak ditengah dengan posisi vertikal sementara Chevy 350 memakai grill palang tunggal ditengah dengan posisi horisontal. Selain itu, emblem yang digunakan mobil ini juga berbeda dan khusus untuk logo Chevrolet di grill, warna yang digunakan adalah biru bukannya kuning seperti logo bow tie mobil Chevrolet pada umumnya.



Sesuai dengan namanya, mobil ini memakai mesin 350 cubic inch dari Chevrolet. Mesin 350cu in ini adalah mesin Chevrolet Small Block V8 dengan konfigurasi V8 OHV berkapasitas 5736cc. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 275Hp. Untuk menyalurkan tenaga sebesar ini ke roda belakangnya, digunakan transmisi manual 3 percepatan. Entah varian otomatisnya seperti pada Holden Statesmen ada atau tidak di Indonesia mengingat populasinya yang langka.

Diciptakan sebagai mobil mewah, sudah sepantasnya fitur-fitur ala mobil mewah dijamannya bisa ditemukan pada mobil ini. Memang fitur elektronis canggih seperti power window sampai electric mirror belum ada. Namun setidaknya, mobil ini sudah menawarkan AC, power steering hidrolis, rem cakram depan untuk keselamatan, radio am/fm, interior berlapis kulit, arm rest untuk penumpang depan serta belakang dan lain sebagainya.

Chevrolet 350 ini pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1972 melalui ATPM Chevrolet, Garuda Diesel yang beberapa tahun kemudian ganti nama menjadi Garuda Makmur (Garmak Motor). Harga mobil ini bersaing dengan Holden Statesmen, Toyota Crown, Peugeot 504, Mercy Mini W115 dan sedan mewah lainnya dijaman itu. Mobil ini dirakit di pabrik GM Holden di Australia sehingga bisa dibilang ini merupakan mobil CBU tidak seperti Holden Statesmen yang dirakit di Surabaya oleh Udatimex. Populasi mobil ini cukup sedikit karena hanya muncul sampai 1973 ketika impor mobil CBU dilarang di Indonesia.

Spesifikasi Chevrolet 350 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet 350
Jenis Sedan
Tipe GMH HQ
Mesin Chevy Small Block V8 5700cc
Bore X Stroke 101.6 X 88.39 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.896 mm
Panjang 5.029 mm
Lebar 1.880 mm
Tinggi 1.379 mm

0 Response to "Chevrolet 350"

Post a Comment