Jenis dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline dan Feroza

taft hiline feroza bodi

Jaman 80an dan 90an dulu sepertinya pabrikan suka memasarkan produk yang sama dengan nama berbeda yang membuat bingung banyak orang seperti Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick atau Opel Blazer dengan Chevrolet Blazer. Tak terkecuali mobil jip Daihatsu yang bernama Taft, Hiline dan Feroza. Kali ini mobilmotorlama coba menjelaskan jenis dan perbedaan antara ketiga mobil ini. Jika ada kesalahan, silahkan koreksi melalui kolom komentar dibawah.


Secara umum dilihat dari spesifikasi mesin dan drivetrain, Daihatsu Taft merupakan varian lengkap dengan penggerak 4 roda (4WD) dan mesin diesel, Daihatsu Hiline merupakan Taft tanpa penggerak 4 roda (2WD) bermesin diesel walau kemudian Hiline juga punya varian 4WD sementara Daihatsu Feroza merupakan Taft 2WD dengan mesin bensin. Untuk Daihatsu Hiline pickup dan long wheel base, mobil ini tersedia dalam pilihan 2WD maupun 4WD. Pada tahun 1996, Daihatsu Taft dan Feroza mendapat update berupa suspensi depan independen dan belakang memakai per keong. Untuk Hiline, suspensi yang dipakai masih per daun untuk depan dan belakangnya.

Mesin yang digunakan pada Taft dan Hiline pertama sampai sekitar 1989 memakai mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan kode DL41 yang memakai timing chain. Pada tahun 1989, mesin ini digantikan dengan mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan kode DL42 yang memakai timing belt. Untuk Daihatsu Feroza, mobil ini memakai mesin bensin Daihatsu HD-C SOHC 16 valve karburator 1600cc. Transmisnya, untuk Taft dan Hiline awal memakai 4 speed sementara Taft, Hiline setelah 1991 dan Feroza memakai transmisi manual 5 speed.

Dilihat dari varian bodinya, mobil ini terbagi menjadi beberapa jenis. Taft, Hiline dan Feroza juga Taft GT, Hiline GTS dan Feroza G2/Sporty/SE standarnya memiliki bodi 3 pintu dengan atap rata. Panjang sasis varian standar ini adalah yang paling pendek sehingga cukup lincah kala diajak bermanuver ditengah hutan. Varian dengan atap resin yang tinggi dibagian belakangnya, memiliki jendela belakang geser dan 3 pintu dinamakan Taft Rocky, Hiline GTX atau Feroza Megatop. Varian sasis panjang dengan 5 pintu hanya tersedia Hiline GTL baik 2WD maupun 4WD yang banyak juga disebut sebagai Taft Hiline. Varian karoseri untuk Hiline juga tersedia dengan nama Hiline Bravo yang dibuat oleh karoseri Tugas Anda. Selain itu ada juga Daihatsu Hiline Ranger yang merupakan buatan karoseri Adhi Jaya Tama Mobilindo. Untuk Feroza, varian sasis panjangnya juga ada dimana bodinya dibuat oleh karoseri. Contoh karoseri yang membuat bodi Feroza long ini adalah Feroza SL yang merupakan buatan karoseri Tugas Anda Semarang. Varian pickup dengan nama Hiline memiliki sasis panjang dengan bak tidak rata dan populer untuk perkebunan dan tambang di Sumatera dan Kalimantan sana.

Untuk kode bodinya, Daihatsu membagi Taft generasi kedua menjadi seperti berikut :
  • F69 : Hiline GTS (4x2), Hiline GTX (4x2), Hiline GTL (4x2 dan 4x4) 
  • F70 : Hiline Pickup (4x2 dan 4x4) RPR, Taft GT (4x4) 
  • F73 : Taft (4x4) suspensi depan independen dan per keong di belakang
  • F75 : Rocky (4x4) 
  • F78 : Rocky (4x4) suspensi depan independen dan per keong di belakang

taft hiline feroza grill depan

Pertama kali keluar pada tahun 1985, Taft memiliki ciri berupa lampu depan berbentuk bulat dengan grill palang 2 horisontal dan bumper besi dengan lekukan garis. Pada tahun 1987, Taft mendapat pembaruan dengan lampu kotak dan grill palang 1 horisontal dengan bumper yang masih sama. Sekitar pertengahan 1989, terjadi facelift dimana grill depan mobil ini membesar hingga sejajar dengan lampu sein. Untuk lampu seinnya sendiri masih memisah sementara frame grill depannya menyambung. Pada tahun 1996, Taft mendapat facelift terakhir dengan model grill yang mirip dengan Feroza dan lampu sein yang menyatu dengan grill. Model bumper pada fecelift ini berubah menjadi lebih minim guratan dan terdapat lubang hawa ditengahnya. Untuk Daihatsu Hiline, modelnya mengikuti Taft sejak 1987 namun saat model lampu sein menyatu, Hiline masih dijual menggunakan model lampu depan terpisah sampai 2007. Dari luar untuk membedakan antara Hiline atau Taft bisa dilihat dari gardan depannya maupun stiker bodi dan emblemnya.

taft hiline feroza samping side mould

Dilihat dari bagian sampingnya, Daihatsu Taft keluaran awal sampai sekitar 1992 diawal kemunculan Rocky hanya tersedia varian warna single tone. Perbedaanya dengan Daihatsu Hiline bisa dilihat dari over fender dimana Taft memiliki over fender lebih besar dibanding Hiline. Daihatsu Feroza memiliki tampang yang mirip dengan Taft yang memiliki over fender besar. Feroza kebanyakan dijual dalam warna bodi two tone. Untuk membedakan antara varian prefacelift (per daun) dengan facelift (SE/G2) bisa dilihat dari warna two tone nya dimana versi prefacelift warna two tonenya tinggi sampai batas ovevr fender sementara versi facelift warna two tonenya hanya setengah tinggi oevr fendernya.

Untuk fitur yang ditawarkan ketiganya juga berbeda mengingat pangsa pasarnya yang juga berbeda. Taft memiliki itur paling lengkap dimana mobil ini punya 4WD, power steering, central lock, AC, dibagian tengah atas dashboardnya terdapat jam digital (1990 keatas)/analog (1990 kebawah), inclinometer dan voltmeter. Transmisi yang digunakan 4 speed untuk 1991 kebawah dan 5 speed untuk 1991 keatas. Untuk Daihatsu Hiline fiturnya sama seperti Taft hanya saja minus jam, inclinometer, voltmeter, AC dan 4WD kecuali untuk pesananan khusus. Transmisi yang digunakan juga sama seperti Taft. Pada Daihatsu Feroza, fiturnya sama seperti taft dengan tambahan power window (G2 Sporty) namun minus 4WD, inclinometer dan jam.

Lebih lanjut mengenai ketiga mobil tadi:

1 Response to "Jenis dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline dan Feroza"