Unimog dan Variannya

Unimog double cabin tentara TNI

Setelah perang dunia kedua, Jerman yang babak belur dihajar Uni Soviet dan Sekutu diharuskan menandatangani perjanjian damai yang salah satu pasalnya kurang lebih tertulis Sekutu melarang Jerman mengembangkan teknologi tinggi terutama yang berkaitan dengan militer. Sekutu berniat menjadikan Jerman sebagai negara agraris bukannya negara industri seperti sebelumnya agar kejadian Jerman yang ingin balas dendam lagi karena kalah lagi dalam perang dunia tidak terjadi. Memang dasar ada saja isi otak para insinyur Jerman, Jerman kemudian membuat sebuah traktor multifungsi jenis baru yang belum pernah ada di dunia sebelumnya. Nama traktor ini adalah Unimog yang merupakan singkatan dari UNIversal MOtor Gerät atau secara harfiah diartikan sebagai "Kendaraan Serbaguna".


Ketika sekutu memberikan sanksi kepada Jerman dan berencana mengubah Jerman menjadi negara agraris agar kelak tidak memicu perang lagi karena teknologinya yang berada diatas angin, Herr Friedrich kemudian merancang konsep kendaraan serbaguna untuk digunakan dalam bidang pertanian. Kendaraan yang diberi nama Unimog ini mulai dirancang antara Desember 1945 sampai sekitar Januari 1946 saja. Prototype pertama Unimog ini baru jadi pada pertengahan 1946 dan proses produksinya baru dimulai pada akhir 1947. Yang membuat dunia bengong seolah tidak percaya kalau rancangan kendaraan yang disebut traktor ini ada pada fitur yang disediakan Unimog. Dengan rancangan Unimog sendiri kurang lebih memiliki penggerak AWD (All Wheel Drive), mesin yang tangguh dengan torsi yang besar, mampu diajak berjalan baik on road maupun off road, sasis ladder frame yang sekelas military grade sehingga mampu membawa beban yang berat serta ketersediaan power takeoff (PTO) yang membuat Unimog bisa menjadi alat untuk berbagai keperluan.


Dengan konsep yang unik, pabrik tempat produksi Unimog (Erhard und Söhne) kewalahan dalam memenuhi permintaan. Perusahaan pembuat Unimog ini kemudian menawarkan Daimler yang menjadi induk dari Mercedes-Benz untuk memproduksi Unimog. Sayangnya, Daimler masih terkena sanksi dari pihak sekutu dan akhirnya produksi Unimog dipindah ke Boehringer. Boehringer sendiri kemudian memproduksi Unimog sampai tahun 1951 dimana pada tahun 1951 Daimler bekerja sama dengan Chrysler (Amerika) membentuk Daimler-Chrysler membawahi Mercedes-Benz mengambil alih produksi Unimog sampai sekarang.


Beberapa varian tiap generasi dari Unimog untuk kebutuhan pertanian adalah sebagai berikut:

70200

Unimog pertama ini diproduksi oleh Boehinger antara 1948 sampai 1951. Unimog pertama ini diberi nama 70200 karena itulah biaya yang dikeluarkan Boehringer. Secara ukuran, mungkin inilah Unimog terkecil karena lebarnya yang hanya 1.293mm atau kurang lebih sama dengan lebar 2 baris tanaman kentang di ladang.

Sebagai traktor multifungsi, Albert Friedrich mendesain Unimog mirip seperti traktor penarik dengan 4 roda dan memiliki kemampuan off road yang baik dengan sistem gerak AWD, memiliki ruang kabin, bak belakang, peralatan towing dibelakang dan PTO (power take off) untuk menggerakkan berbagai peralatan pertanian. Mesin Unimog 70200 ini memakai mesin Mercedes-Benz OM 636.912 diesel 4 silinder berkapasitas 1697cc yang menghasilkan tenaga sebesar 25Hp.

U2010

Setelah Unimog 70200 dipasarkan, respon pasar ternyata luar biasa positif. Boehinger yang tidak sanggup untuk memenuhi permintaan konsumen kemudian menjual hak produksi Unimog ke Daimler-Benz dan kemudian dijual oleh Mercedes-Benz pada tahun 1951. Unimog pertama buatan Mercedes-Benz ini memiliki kode nama U2010.

Secara keseluruhan, hampir tidak ada perbedaan antara Unimog 70200 dengan U2010. Beberapa perbedaan minor seperti modifikasi fender dan gardan menjadi pengecualian. Mesin yang digunakan berubah menjadi Mercedes-Benz OM 636.914 berkapasitas 1767cc.

U401

Pada tahun 1953, diperkenalkan generasi baru Unimog. Unimog ini diberi kode nama U401 dan akhirnya resmi menjadi lineup Mercedes-Benz karena memakai logo Mercedes-Benz. Unimog ini terbagi menjadi 2 varian yaitu U401 yang memakai sasis pendek dan U402 yang memakai sasis panjang.

Dari luar, tampilan Unimog ini terlihat jauh lebih gagah dengan ukuran keseluruhannya yang lebih besar. Selain itu, kapasitas angkutnya bertambah menjadi 1 ton. Jika sebelumnya Unimog dibuat tanpa atap, pada Unimog U401 ini Unimog mulai ditawarkan dalam varian bodi besi untuk melindungi pengmudi dari cuaca buruk.

U411

Pada tahun 1956, Unimog mengalami pembaruan dengan munculnya Unimog U411. Unimog 411 ini sebenarnya bukan Unimog terbaru dan tercanggih saat itu karena dibalik desainnya yang sedikit berubah sebenarnya masih sama dengan Unimog 401. Unimog 411 ini diproduksi sampai sekitar 1974 dan menjadi Unimog terakhir yang dibuat khusus untuk keperluan pertanian.

Selain terkenal sebagai peralatan pertanian, orang-orang mulai tertarik untuk penggunaan Unimog sebagai kendaraan serbaguna. Berikut ini beberapa diantaranya.

U404

Unimog U404 ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 dan populer sebagai kendaraan untuk keperluan gawat darurat seperti pemadam kebakaran hutan, ambulans didaerah terpencil, kendaraan SAR dan sebagainya. Pilihan mesinnya ada banyak dan peralatan yang bisa ditempel pada Unimog bisa bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan. Unimog ini dijual sampai tahun 1980an dan bisa dibilang menjadi Unimog paling sukses penjualannya. Di Indonesia, Unimog ini dijual melalui ATPM PT. Lima Satrya Nirwana sebagai kendaraan taktis militer.

U406

Unimog 406 ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1963 dan produksinya baru dihentikan pada tahun 1988. Penerus dari U404 ini memiliki kelebihan berupa perlengkapan atau attachment yang semakin banyak dan bervariasi sehingga kegunaanya semakin banyak. Sama seperti U404, di Indonesia U406 dijual sebagai kendaraan taktis militer.

U435

Pada tahun 1977, militer Jerman Barat akhirnya ikut tergoda untuk memakai Unimog sebagai kendaraan taktis militer. Unimog ini pertama kalinya memiliki bentuk mengotak seperti Unimog yang banyak beredar di Indonesia. Selain dijadikan kendaraan militer diberbagai negara, Unimog ini juga populer dipakai sebagai mobil pemadam kebakaran. Mesin yang digunakan truk ini adalah mesin diesel Mercedes-Benz OM353 6 silinder baik dengan turbo maupun tidak berkapasitas 5.672cc dengan transmisi manual 8 percepatan.

U300-500

Memasuki milenia baru, pada tahun 2000 Mercedes-Benz merilis Unimog seri U300 sampai U500. Perlengkapan elektronis seperti electronic gear yang mengatur transmisi secara elektronis sehingga semakin memudahkan penggunaan terutama ketika berbagai macam attachment digunakan secara bersamaan. Ciri lainnya dari Unimog ini adalah posisi stir yang bisa dipindah kekanan atau kekiri sesuai dengan kebutuhan. Unimog ini kemudian disempurnakan menjadi U437 pada tahun 2002 yang berfokus pada penambahan kemampuan offroad. Varian terbaru dari Unimog ini adalah U20 yang ukurannya menjadi lebih kompak sehingga mampu dipakai meliuk-liuk di sempitnya jalanan kota kuno di Eropa sana.

2 Responses to "Unimog dan Variannya"

  1. Wah, saya kira Unimog ini mobil sekelas Jeep, ternyata traktor ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalau yang kelasnya Jeep namanya Geländewagen. Kalau mau yang bentuknya mirip-mirip Unimog, ada Steyr-Puch Haflinger.

      Delete