Yamaha Sigma

Yamaha Sigma facelift

Setelah cukup sukses dengan motor bebek murahnya, Yamaha kemudian melakukan update pada generasi Yamaha Alfa menjelang akhir 1990an. Motor bebek update dari Alfa ini diberi nama Sigma (Σ) yang masih merupakan alfabet Yunani sama seperti Alfa.


Walau di labeli sebagai varian update dari Yamaha Alfa, namun Yamaha Sigma ini kurang lebih hanya merupakan Yamaha Alfa IIR ganti bodi. Garis desain motor ini mengikuti bentuk motor bebek Yamaha lainnya saat itu seperti Vega dan Force 1. Meski begitu, pernak pernik kecil seperti bentuk lampu belakang, speedometer dan lainnya terlihat berbeda jauh dengan bebek Yamaha lainnya.

Mesin yang dipakai motor ini adalah mesin 2 tak 1 silinder berkapasitas murni 102,1cc. Tenaga yang dihasilkan motor ini cukup untuk kebutuhan komuter dengan tenaga maksimal 7,8Hp pada 7000Rpm dan torsi 8,8Nm pada 6000Rpm. Top speed yang bisa dicapai motor dengan berat 97Kg ini hanya sekitar 90km/jam dalam keadaan sehat dan standar. Untuk perpindahan daya mesin ke roda belakang, digunakan transmisi semi otomatis 4 percepatan seperti umumnya motor bebek.

Sebagai motor keluarga yang murah, fitur yang diberikan Yamaha Sigma ini cukup lengkap dikelasnya. Pada varian awal, motor ini sudah disediakan rem cakram depan double piston. Velg yang digunakan masih berupa jari-jari dengan ukuran 17 inch. Lamu seinnya berwarna kuning yang apabila dihidupkan terdengar suara beep karena motor ini masih memakai buzzer. Speedometernya cukup meriah dengan grafis yang rame walau belum terdapat indikator versneling. Pada versi faceliftnya (perubahan grafis dan warna) yang muncul sekitar 1999, rem depan motor ini diganti menjadi teromol.

Populasi motor ini cukup langka karena hanya dijual antara 1997 sampai sekitar awal 2000 saja. Saat itu edisi terakhir motor ini dijual dengan harga 8.280.000 rupiah saja atau terpaut sekitar 320.000 rupiah dari Yamaha Vega. Saat itu juga minat masyarakat akan motor 2 tak mulai berkurang melihat kelebihan yang ditawarkan Yamaha Vega maupun motor bebek Honda yang memakai mesin 4 tak.

Spesifikasi Yamaha Sigma ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamaha Sigma
Jenis Cub
Tipe V100
Mesin 1 silinder 2 tak 102,1cc
Bore X Stroke 50.0 X 52.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.190 mm
Panjang 1.860 mm
Lebar 635 mm
Tinggi 1.035 mm

0 Response to "Yamaha Sigma"

Post a Comment