Austin Mini Countryman & Morris Mini Traveller

Mini Countryman Traveller

Mini sesuai dengan namanya, merupakan mobil dengan ukuran yang kecil. Meski begitu, Mini merupakan gebakan di jamannya dimana mobil sekecil ini mampu mengangkut 4 orang dewasa dengan nyaman. Meski begitu, kapasitas bagasi mobil ini cukup kecil kala digunakan untuk mengangkut 4 orang dewasa. Menjawab kebutuhan ini, Austin dan Morris yang menjadi produsen Mini saat itu kemudian memperkenalkan varian Mini dengan kapasitas muat barang yang lebih dengan nama Countryman untuk Austin dan Traveller untuk Morris.


Secara mekanikal, Mini panjang ini sama persis dengan Mini hatchback yang ikonik itu. Perbedaan mencolok jelas terlihat pada bagian belakangnya yang memanjang sekitar 62cm. Jendela samping belakangnya berubah dimana pada varian hatcback memakai bukaan jendela model tip top, pada versi panjang ini digunakan jendela geser seperti angkot. Bagian paling uniknya ada pada pintu belakangnya yang memakai model "barn door" atau seperti mobil ambulan yang membuka kekanan dan kekiri. Varian dengan jendela belakang yang dilihangkan (blind van) disebut juga dengan nama Mini Van.


Mesin yang digunakan masih sama seperti Mini pada umumnya dijamannya. Mesin buatan BMC seri A yang memiliki konfigurasi OHV 4 silinder segaris berkapasitas 1000cc. Untuk pasokan bahan bakar ke ruang mesin, digunakan sebuah karburator SU HS2 sidedraft. Tenaga yang dihasilkan mesin ini cukup untuk sekedar transportasi dengan 38Hp pada 4250Rpm dan torsi 71Nm pada 2700Rpm. Transmisinya sendiri pada awalnya digunakan transmisi manual 4 percepatan dan beberapa tahun kemudian diberikan pilihan otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan.

Di Inggris sana, terdapat miskonsepsi mengenai perbedaan antara Mini Countryman dengan Mini Traveller. Banyak yang mengganggap Mini Traveller memiliki dekorasi motif kayu pada bodi belakangnya yang mengingatkan akan karoseri mobil era sebelum perang dunia kedua. Motif kayu ini sebenarnya bukan khusus untuk Mini Traveller saja karena Mini Countryman juga punya moti kayu seperti ini. Untuk versi ekspor seperti yang mendarat di Indonesia misalnya, varian dengan motif kayu ini cukup jarang populasinya.

Di Indonesia, secara keseluruhan populasi mobil ini cukup langka. Hal ini membuat harganya terus naik sampai tidak ada pasaran resminya dan tergantung kesepakatan penjual dan pembelinya saja. Dengan panjang yang ditambah, kapasitas muat mobil ini cukup besar untuk ukurannya walau berat maksimal barang yang dianjurkan hanya sekitar 250kg saja. Lebih ringan dibanging kei truck 360cc Jepang yang dijual di Indonesia pada era 70an yang mampu mengangkut sampai 350kg. Mobil ini hanya dijual antara 1960 sampai 1969 saja.

Spesifikasi Austin Mini Countryman & Morris Mini Traveller ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Austin Mini Countryman & Morris Mini Traveller
Jenis Minibus
Tipe ADO15
Mesin BMC A series OHV 848 - 1275cc
Bore X Stroke 62.9 X 68.26 mm (848cc)
64.58 X 76.2 mm (998cc)
70.6 X 81.28 mm (1275cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.100 mm
Panjang 3.116 mm
Lebar 1.397 mm
Tinggi 1.346 mm

0 Response to "Austin Mini Countryman & Morris Mini Traveller"

Post a Comment