Daihatsu Hijet 55 & Hijet 55 Wide S60

Daihatsu Hijet 55 S60 Indonesian version

Setelah "percobaan" dengan Hijet S38 lumayan sukses, Astra Daihatsu di Indonesia kemudian mulai produksi mobil kei truck andalannya yang bernama Hijet di Jepang sana di Indonesia. Mobil ini dulunya dijual dengan nama Daihatsu 55 dan varian penyempurnaanya diberi nama Daihatsu 55 Wide. Nama 55 pada mobil ini menunjukkan kapasitas mesin yang mencapai 550cc sesuai dengan batas maksimal aturan mengenai kei car di Jepang sana yang mulai berlaku tahun 1976.


Mobil ini pertama kali muncul menggantikan Hijet S38 alias Hijet cetol atau Hijet tuyul pada tahun 1978. Model Hijet 55 sangat berbeda dengan Hijet generasi 4 di Jepang karena desain bodi mobil ini dibuat khusus untuk pasar Indonesia. Lekukan bodinya terlihat sederhana mirip seperti mobil KBNS (Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana) lainnya seperti Morina, Toyota Kijang atau Datsun Sena. Ini dilakukan agar mobil ini memiliki kandungan dalam negeri yang banyak sehingga pajaknya bisa diturunkan yang membuat harga jualnya murah sekitar 850.000 rupiah pada saat itu.


Bodi depan mobil ini berbentuk hampir kotak kecuali lengkungan sisi kanan dan kiri di depan yang melengkung serta bagian jendela yang miring. Lampu depannya dibuat ketengah menempel pada bidang datar didepan sementara lampu seinnya berbentuk kotak kecil dibawah lampu utamanya. Dibawah emblem Daihatsu pada "grill" depan, terdapat lubang ventilasi untuk saluran udara kedalam kabin. Karena bentuknya, tidak sedikit orang yang menyebut mobil ini dengan julukan Hijet Bagong.

Mesin yang dipakai mobil ini adalah mesin Daihatsu AB20 yang memakai konfigurasi 2 silinder segaris OHC 4 valve berpendingin air dengan kapasitas murni mesin ini hanya 547cc. Tenaga mesin yang diklaim Daihatsu untuk mesin ini adalah 30Hp pada 3500Rpm dan torsi 41Nm pada 4000Rpm. Transmisi yang digunakan untuk menyalurkan tenaga mesin yang terletak dibawah jok depan ke roda belakang ini menggunakan transmisi manual 4 percepatan. Tuas transmisinya sendiri berada ditengah dengan tongkat yang menjulang dari lantai depan.

Daihatsu Hijet 55 Wide S60 Indonesian version


Pada akhir tahun 1979, muncul varian yang lebih disempurnakan lagi dengan nama 55 Wide. Sesuai dengan namanya, lebar mobil ini bertambah lebih lebar yang otomatis membuat kapasitas muatnya bertambah. Sasis yang digunakan sebenarnya masih cukup mirip walau konon ada ubahan agar mampu mengangkut beban berlebih. Mobil ini aslinya merupakan Hijet versi ekspor yang sudah tidak masuk kategori kei car karena ukurannya dan lagi-lagi bodinya diganti oleh Astra Daihatsu Indonesia. Untuk bagian mesin dan transmisinya, mobil ini masih sama dengan Hijet 55 sebelumnya.

Model mobil ini sepintas masih sama dengan grill depan yang berbeda dan menutupi lubang ventilasi udara. Lampu seinnya berpindah ke samping lampu depan. Selain itu, sepertinya tidak ada perbedaan dengan Hijet 55 sebelumnya. Model Hijet 55 Wide ini bertahan sampai sekitar akhir 1982 atau awal 1983 dimana Hijet 55 Wide ini kemudian digantikan oleh Hijet 1000 yang sepintas memiliki bentuk yang sama dengan Hijet 55 Wide namun memakai mesin 3 silinder 1000cc milik Hijet S65 yang dipanggil juga sebagai Hijet peralihan.

Sebagai mobil yang harga barunya lebih murah dibanding mobil KBNS yang sudah dibuat sesederhana mungkin agar lebih murah, jangan harap ada fitur mewah pada mobil ini. Rem depan dan belakang mobil ini masih teromol, semua peralatan seperti kemudi dan buka tutup jendela masih manual. Tidak ada AC walau ada lubang ventilasi udara. Pada awalnya, mobil ini hanya dijual dengan bentuk pickup saja namun karena lahir dimasa jayanya industri karoseri Indonesia, ada beberapa varian minibusnya yang punya tambahan fitur tergantung karoserinya walau secara keseluruhan tetap saja masih serba sederhana.

Walau tenaganya kecil, namun jaman awal 80an dulu mobil ini sudah cukup layak untuk mengangkut banyak orang karena mobil ini digunakan sebagai angkutan umum seperti angkot yang dibeberapa daerah akhirnya lebih dikenal disebut dayatsu (Daihatsu) atau sudako. Kini populasi mobil ini sudah cukup jarang. Kebanyakan sudah dimodifikasi menjadi mobil mesin gilingan padi karena harganya yang murah antara 5 sampai 15 juta saja untuk kondisi apa adanya.

Spesifikasi Daihatsu Hijet 55 Wide S60 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Hijet 55 Wide S60
Jenis Pickup
Minibus
Tipe S60
Mesin AB20 SOHC 550cc
Bore X Stroke 71.6 X 68.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.780 mm
Panjang 3.195 mm
Lebar 1.395 mm
Tinggi 1.625 mm

0 Response to "Daihatsu Hijet 55 & Hijet 55 Wide S60"

Post a Comment