Browse

Pencarian jenis mobil dan sepeda motor berdasarkan kategori yang tersedia. Bisa juga dengan menggunakan kolom pencarian yang ada di sebelah kanan atas. Namun jika sedang malas mengetik, klik salah satu tombol kategori yang tersedia dibawah ini.

Berdasarkan Tahun Pembuatan

1960 s/d 1969
Jaman dimana mobil-mobil negara barat masih berkuasa. Ciri khasnya ada pada ukurannya yang besar dan dibuat senyaman mungkin. Kalau nggak besar banget, ya dibuat sekecil mungkin karena waktu itu Indonesia mengalami krisis pangan yang mebuat mobil dan motor bukan hal yang penting untuk dibeli sehingga hanya orang kaya saja yang punya.

1970 s/d 1979
Karena keterlibatan Amerika di perang Yom Kippur, negara-negara Arab yang menguasai perdagangan minyak dunia mengembargo perdagangan minyak di negara-negara barat yang mengakibatkan mobil-mobil yang tadinya boros bensin menjadi irit. Diera 70an ini juga mobil Jepang di Indonesia mulai bersaing melawan dominasi mobil Amerika dan Eropa (juga Australia). Eh, sejarah mobil nasional Indonesia juga dimulai dari era ini.

1980 s/d 1989
Era keemasan pembangunan di Indonesia berkat swasembada pangan yang berhasil. Desain mobil dan motor yang serba kotak dan perangkat-perangkat elektronik canggih mulai diaplikasikan dimobil dan motor era 80an ini. Dasawarsa 80an ini juga mulai banyak bermunculan mobil gerak roda depan meninggalkan layout lama yang memakai gerak roda belakang.

1990 s/d 1999
Masa yang indah dimana mobil-mobil kencang terutama dengan embel-embel GTi bermunculan. Perekonomian saat itu sudah cukup bagus sehingga industri otomotif nasional mulai tumbuh pesat dengan berbagai kekurangan yang ada. Di jaman ini juga muncul mobnas yang fenomenal dengan nama Timor. Sayang dipenghujung era ini terjadi krisis moneter yang mengakibatkan perekonomian runtuh dan industri otomotif nasional jalan ditempat bahkan sampai ambruk.

2000 keatas
Jaman sekarang dimana impor mobil baru sudah diperbolehkan sehingga muncul banyak mobil-mobil aneh dari merk asing yang sebelumnya mungkin belum pernah terdengar. Di jaman ini elektronik pada kendaraan begitu canggih sampai ada yang bilang mobil jaman sekarang ibarat komputer beroda.

Berdasarkan Tipe


Coupe
Sedan dengan hanya 2 pint.

Cub
Di Indonesia terkenal dengan julukan motor bebek. Semacam gabungan skuter dengan sepeda motor. Terkenal irit bahan bakar dan mudah dikendarai.

Hatchback
Sedan tanpa ruang bagasi yang memanjang. Dalam konfigurasi box, memakai model 2 box dengan ruang mesin didepan dan ruang penumpang dibelakang.

Jip
Kendaraan yang didesain tangguh disegala medan. Tidak harus 4X4 namun tetap saja kurang greget kalau tidak 4WD. Jaman sekarang, Jip lebih dikenal dengan sebutan SUV.

Kei Car
Kendaraan yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat masuk kedalam aturan Keijidosha di Jepang sana. Biasanya memiliki ukuran yang sangat kecil baik secara dimensi ataupun ukuran mesin.

Limosin
Sedan yang dibuat lebih panjang dari biasanya. Biasanya dilengkapi dengan perlengkapa serba mewah.

Minibus
Kendaraan yang dirancang untuk mengangkut orang dan barang. Singkatnya ini adalah kendaraan serbaguna. Sangat populer di Indonesia. Jaman sekrang sering juga disebut MPV.

Pick Up
Kendaraan yang dirancang untuk mengangkut barang. Biasanya memiliki bak terbuka dibagian belakangnya untuk mengangkut sesuatu yang seharusnya selain orang.

Moped
Singkatan dari motor pedal atau cara mudahnya sepeda motor yang memiliki pedal seperti sepeda onthel sehingga kala bensinnya habis, masih ada kayuhan manual untuk melanjutkan perjalanan.

Sedan
Dalam konfigurasi box, sedan ini memiliki 3 box dimana bagian depan berupa ruang mesin, tengah berupa ruang penumpang dan belakang merupakan ruang bagasi.

Sepeda Motor
Kendaraan roda 2 yang memakai mesin bensin.

Skuter
Sepeda motor yang dirancang memiliki ruang pijakan kaki khusus yang lebar sehingga nyaman digunakan. Biasanya sudah memakai transmisi otomatis (walau tidak semua) sehingga sangat mudah dikendarai.

Sport
Kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang dirancang mampu menghasilkan tenaga mesin yang besar sehingga mampu diajak berlari.

Station wagon
Sedan yag dibuat memiliki ruang atap ketiga sehingga menyerupai minibus hanya saja maksmal dapat mengangkut 5 penumpang.

Trail
Kendaraan roda 2 yang dirancang agar dapat melalu jalan yang rusak dan medan offroad. Kira-kira inlah Jipnya roda 2.

Ute
Coupe Utility atau mudahnya sedan yang dibuat pickup. Sangat populer di Australlia karena dari sanalah jenis ini muncul.

Berdasarkan Merk


Alfa Romeo
Pabrikan mobil asal Italia. Berdiri sejak 1910 dan terkenal sebagai salah satu penghasil mobil kencang di dunia. Sempat masuk ke Indonsia dan bikin pabrik pada era 70an namun meghilang begitu saja.

Audi
Pertama muncul pada tahun 1910 di Jerman dan sudah berkali-kali berganti pemilik. Dibeli oleh DKW dan menjadi bagin dari Auto Union. Masuk ke Indoneisa sekitar akhir 90an dibawah bendera Indomobil.

BMW
Pabrikan asal Jerman ini didirikan pada tahun 1922 setelah sebelumnya dikenal sebagai pembuat pesawat terbang. Sayang setelah Jerman kalah perang BMW dilarang membuat pesawat karena isi dari perjanjian perdamaian. BMW merupakan singkatan dari Bayerische Mottren Werke atu pembuat mesin dari Bavaria. Selain mobil, BMW juga membuat motor yang bahkan mereka terlebih dulu membuat motor sebelum mobil.

Chevrolet
Didirikan tahun 1911 dan menjadi bagian dari GM (general motor) pada tahun 1917. Sudah ada di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda yang membuat merk Chevrolet lebih dikenal di Indonesia dibanding GM yang merupakan induknya.

Citroen
Pabrikan asal Perancis yang mulai membuat mobil sejak 1919. Terkenal akan pengembangan mobil FWD dan suspensi hydro-pneumatic yang sangat nyaman dan stabil. Kini merk ini tergabung dalam PSA Peugeot Citroen Group bersama Peugeot.

Daewoo
Kolongmerat terbesar kedua asal Korea Selatan. Sudah membuat mobil sejak 1937 dengan nama National Motor dan baru memakai nama Daewoo pada 1983. Sempat bangkrut karena krisis moneter Asia pada awal 2000 dan kini menjadi bagian GM dan berubah menjadi GM Korea.

Daihatsu
Pabrikan otomotif pertama asal Jepang dengan nama Hatsudoki Seizo pada 1907. Berganti menjadi Daihatsu pada tahun 1951 dan menjadi pabrikan independen saat itu. Berada dibawah Toyota sejak 1967 dan kini terkenal sebagai pabrikan mobil kecil.

Datsun
Merk mobil asal Jepang yang dimiliki oleh Nissan dan mulai membuat mobil sejak 1931. Pada era 80an sempat dimatikan oleh Nissan yang akhirnya ikutan menjual mobil dan dihidupkan lagi pada 2013 sebagai merk mobil murah.

Fiat
Fabbrica Italiana Automobili Torino atau bahasa Indonesianya pabrikan mobil Italia di Turin. Mulai membuat mobil sejak 1899 dan kini sudah membawahi banyak brand besar seperti Alfa Romeo, Lancia, Ferrari, Maserati sampai Chrysler.

Ford
Didirikan pada 1903 di Amerika Serikat dan membuat sukses besar dengan Model T pada tahun 1908. Jatuh bangun di Indonesia sejak era 60an yang pada saat itu lebih condong ke Ford Australlia dan Inggris daripada Ford Amerika.

Holden
Pembuat mobil asal Australia yang mulai membuat mobil sejak 1908. Holden berada dibawah kendali GM sehingga ada banyak kesamaan antara Holden dengan mobil-mobil GM. Di Indonesia populer pada era 50 sampai 70an. Sayang ATPMnya sudah hengkang sejak awal 90an.

Honda
Startup asal Jepang yang membuat sepeda motor sejak 1945 dan mulai membuat mobil pada 1962 setelah sukses dengan Super Cub nya. Kini menjadi pembuat sepeda motor terbesar didunia dan berekspansi ke bidang pesawat terbang sampai robotik.

Hyundai
Kolongmerat terbesar di Korea Selatan dan mulai membuat mobil sejak 1967. Pertama kali masuk ke Indonesia lewat proyek mobil nasional era 90an dengan merk Bimantara yang menjual Cakra dan Neggala.

Isuzu
Mulai menjadi pembuat mobil asal Jepang pada tahun 1934. Mulai berada dibawah kendali GM dengan menjual LUV pada 1972. Kini terkenal sebagai pembuat mobil diesel walau juga pernah membuat mesin bensin.

Jeep
Awalnya membuat kendaraan tempur untuk pasukan Amerika Serikat pada 1941 dibawah Willys Overland. Kini menjadi perusahaan sendiri setelah berganti kepemilikian dari Willys, Kaiser, AMC sampai Chrysler. Kini berada dibawah Fiat dan tetap konsisten membuat kendaraan segala medan yang tangguh.

Kawasaki
Divisi dari Kawasaki Heavy Industries yang mulai membuat motor dengan nama Meguro. Pada tahun 1962 berganti nama menjadi Kawasaki seperti yang kita kenal sekarang.

Kia
Pabrikan otomotif terbesar kedua di Korea Selatan dibawah Hyundai yang menjadi induknya. Mulai membuat mobil sejak tahun 1944. Kia pertama masuk ke Indonesia pada era 90an dengan program mobnas Timor.

Marvia
Pembuat kit car atau replika asal Indonesia yang dikepalai oleh Marvi Affandi. Muncul sekitar era 90an dibawah bendera Indomobil yang membuatnya dapat membuat kit car dengan basis Suzuki dan Mazda.

Mazda
Pertama membuat kendaraan pada 1927 dengan nama Toyo Cork Kogyo. Mulai memakai nama Mazda dengan Mazda-go pada 1930an dan mulai membuat mobil sedan sejak 1960an. Terkenal karena membuat mobil bermesin Wankel Rotary setelah terinspirasi oleh NSU.

Mercedes Benz
Gabungan dari Daimler dan Benz pada 1926. Terkenal sebagai pembuat mobil mewah dan salah satu pembuat mobil terbesar di dunia. Karena kemewahannya, hampir semua kepala negara memakai mobil asal Jerman ini.

Mitsubishi
Kolongmerat asal Jepang yang mulai membuat mobil sejak 1917. Terkenal karena prestasinya di ajang reli internasional. Di Indonesia terkenal sebagai salah satu pembuat sedan kencang juga truk.

Nissan
Zaibatsu (Kolongmerat Jepang) yang memiliki Datsun dan mulai menjual merk Nissan pada 1934. Baru muncul menggunakan nama Nissan setelah mengganti merk Datsun yang sudah lebih dulu terkenal diluar Jepang.

Opel
Pembuat sepeda dan mesin jahit di Jerman yang mulai membuat mobil sejak 1898. Kini berada dibawah kendali GM Eropa bersama dengan Vauxhall yang khusus untuk menjual mobil GM di Inggris.

Peugeot
Pertama kali membuat mobil uap di Perancis pada tahun 1889 dan kemudian mulai membuat mobil modern setelahnya. Bersama dengan Citroen menjadi perusahaan otomotif terbesar di Perancis sana.

Renault
Mobil nasionalnya orang Perancis yang didirikan pada tahun 1898 oleh Louis Renault. Dinasionalisasi oleh pemerintah Perancis setelah perang dunia kedua. Kini menjadi salah satu merk yang terkenal di dunia motorsport karena menjadi pionir mobil berturbo.

Ssang Yong
Awalnya merupakan gabungan dari Ha Dong-hwan dan Dongbang Motor pada 1963. mulai membuat mobil sejak saat itu. Di Indonesia terkenal dengan julukan Mercy rasa Korea Selatan karena kerjasamanya dengan Mercedes-Benz pada awal masuknya kemari.

Subaru
Bagian dari Fuji Heavy Industries dan kini menjadi bagian dari Toyota. Mulai membuat mobil pada 1958 dengan Subaru 360nya. Kini terkenal sebagai pembuat mobil 4WD dengan mesin Boxer.

Suzuki
Awalnya didirikan sebagai pembuat mesin pemintal benang oleh Michio Suzuki namun kemudian mulai membuat sepeda motor setelah perang dunia ke 2. Mulai membuat mobil sejak 1955 dan terkenal sebagai pembuat mobil berukuran kompak.

Timor
Proyek mobil nasional putra presiden Soeharto dengan Timor S515. Aslinya merupakan rebrand dari Kia Sephia namun kemudian mulai mengembangkan beberapa mobil seperti Timor SW516i, supercar Vector M12 sampai Lamborghini LM003. Sayang harus tutup duluan karena Reformasi dan krisis moneter 1997.

Toyota
Awalnya sebagai perusahaan tekstil dan mulai membuat mobil pada tahun 1936. Kini menjadi perusahaan otomotif terbesar didunia dengan membawahi Daihatsu, Subaru, Lexus sampai Hino. Selain itu juga menjadi raja di Indonesia karena Toyota Kijang dan akan terasa aneh jika dijalan tidak melihat mobil Toyota.

Volkswagen
Didirikan oeh Dr. Ferdinand Porsche atas permintaan Hittler untuk membuat proyek mobil rakyat Jerman. Mobil rakyat ini kemudian kita kenal dengan julukan VW kodok. Kini menjadi perusahaan mobil terbesar di Jerman membawahi Audi, SEAT, Skoda, Bentley sampai Lamborghini.

Volvo
Perusahaan mobil asal Swedia yang terkenal sangat peduli akan keselamatan pengendara dan penumpang mobilnya. Menjadi pioner keselamatan dengan aplikasi sabuk keselamatan pada 1955 dan di Indonesia sempat menjadi mobil menteri jaman orde baru dulu.

Yamaha
Pembuat alat musik yang terkenal dan mulai membuat motor sejak 1955. Di Indonesia terkenal akan motor-motor bermesin 2 tak yang kencang akselerasinya seperti RX-King.

0 Response to "Browse"

Post a Comment