Modifikasi Corolla DX Retro Rally Style

Modifikasi Corolla DX Retro Rally Style depan

Pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2016 kemarin, ada sebuah event yang bernama Parjo atau Pasar Jongkok yang diadakan di stadion Kridosono, Yogyakarta. Dari namanya bisa ditebak kalau menu utama dari event ini tentunya adalah jualan barang-barang yang berbau otomotif. Selain jual beli, ada juga pameran atau show off mobil-mobil retro baik dalam kondisi standar seperti saat baru keluar dari pabriknya atau yang sudah dimodifikasi. Salah satu mobil yang sangat saya sukai pada event ini adalah Toyota Corolla DX dengan modifikasi rally style berikut ini.

Toyota Corolla generasi ke empat dengan kode KE70 atau yang sering disebut oleh orang Indonesia sebagai Corolla DX ini memang termasuk mobil dengan sejuta gaya dimasanya. Dimodifikasi dengan gaya street yang memakai ban tapak lebar dan over fender cocok. Dimodifikasi dengan gaya rally yang populer di era 80an juga sangat cocok. Disini Mobilmotorlama akan mencoba mendokumentasikan Corolla DX yang membuat saya pribadi betah memandanginya berlama-lama. Memandangi disini bukan berarti sedang menyusun rencana jahat untuk mengambil alih kepemilikannya dengan paksa atau berencana membeli dan merombak Corolla DX untuk dibuat rally look seperti ini. Anggap saja cinta tak sampai.


Modifikasi Corolla DX Retro Rally Style lampu

Dari bagian depan bisa dikenali kalau mobil ini merupakan Corolla DX produksi tahun 1981 dengan ciri khas berupa lampu kotak kecil didepan. Grill depannya terlihat minimalis dengan logo Toyota Corolla yang menggambarkan mahkota kelopak bunga. Bagian yang paling menonjol dibagian depan ini adalah 4 buah lampu kabut dari IPF SuperRally yang menegaskan gaya mobil rally. Mobil rally biasa memakai lampu tambahan besar dibagian depannya karena tidak jarang perlombaan rally berlangsung hingga malam hari melewati medan yang kadang belum terjamah manusia. Oleh karena itu pencahayaan yang mumpuni sangat diperlukan untuk membantu driver melihat jauh kearah depan. Karena Corolla DX ini masuk kedalam kategori mobil retro, spion tanduk membuat tampilannya makin kental nuansa retro.

Modifikasi Corolla DX Retro Rally Style samping

Dibagian ini terlihat pipa-pipa berwarna biru melintang didalam interiornya. Pipa-pipa ini bukan sembarang pipa besi karena pipa ini merupakan roll cage yang biasa dipakai dimobil balap untuk alasan keamanan. Selain untuk keamanan, roll acge juga bisa berfungsi untuk reinforce atau memperkuat sasis mobil. Dibagian interiornya serba minimalis karena piranti yang tidak penting dalam sebuah mobil balap seperti doortrim dan karpet sudah disingkirkan. Saya sempat mengambil foto interiornya namun sayang karena kamera ponsel yang digunakan tidak bagus, hasilnya hanya gambar ini saja yang layak ditampilkan. Untuk joknya kalau tidak salah ingat, mobil ini hanya memakai sepasang jok Recaro LX dibagian depan untuk driver dan navigator.

velg enkei compe rally

Yang namanya balap reli, tentunya membutuhkan sistem kaki-kaki yang lebih dibandinkan mobil jalanan pada umumnya. Salah satu aspek krusial dalam kaki-kaki mobil reli selain setup suspensi tentunya adalah pemilihan velg dan ban. Toyota Corolla DX ini memakai velg Compe Rally dari Enkei yang berukuran 14 inch yang dibalut dengan ban Spectra Pro Rally berukuran 170/70 R14. Dengan pemilihan ban dan velg khusus rally ini, terlihat mobil ini benar-benar sudah siap terjun diajang rally.

Modifikasi Corolla DX Retro Rally Style belakang

Bagian belakangnya juga terlihat tidak luput dari sentuhan modifikasi. Diujung kap bagasinya diberi ducktail berwarna hitam. Selain ducktail, ada juga mud flap yang berwarna kuning transparan. Penambahan ducktail dan mudflap dibagian belakang membuat tampilannya makin kental nuansa mobil reli jadul. Walau begitu, menurut saya pribadi rasanya lebih bagus andai mudflap yang digunakan berwarna ngejreng seperti merah andai disesuaikan dengan bumper misalnya atau tetap hitam standar dan tidak transparan seperti ini.

Itu tadi sedikit mengenai modifikasi Toyota Corolla DX dengan nuansa rally. Mohon maaf karena kamera yang digunakan hanyalah kamera ponsel jadul, hasil fotonya tidak bisa bagus dan detil. Semoga dapat menginspirasi untuk membangun mobil retro lainnya dengan gaya rally.

2 Responses to "Modifikasi Corolla DX Retro Rally Style"

  1. Ganteng ini..dulu juga liat DX yg modif ala JDM stance, pakai pelek celong..bagus.

    Biarpun secara pribadi masih demenan corola corbet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Corolla yg masih gerak belakang emang nggak ada matinya

      Delete