Isuzu Panther Samurai / Miyabi

Isuzu Phanter Miyabi

Isuzu Phanter Samurai dan Miyabi adalah sebuah varian Isuzu Phanter yang dibuat oleh perusahaan karoseri. Perusahaan karoseri sendiri adalah sebuah perusahaan yang membuat bodi mobil, bak truk sampai bodi untuk bis. Phanter karoseri ini pertama diperkenalkan pada tahun 1992 atau 1993 dan berhenti diproduksi tahun 1996. Karena rentang produksinya singkat, tidak heran kalau populasi Phanter jenis ini jauh lebih sedikit dibanding Panther body Astra.


Phanter ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Phanter Samurai dan Phanter Miyabi. Keduanya sepintas mirip dengan SUV Mitsubihi Pajero tahun 1990an atau Pajero generasi kedua. Dinamakan Miyabi mungkin karena dalam bahasa Jepang modern, kata Miyabi diterjemahkan sebagai elegan, perbaikan, atau kesopanan. Untuk kata Samurai sendiri adalah julukan untuk anggota dari kasta militer yang kuat di jaman feodal Jepang, terutama anggota dari kelas pengikut militer daimyo. Karoseri Miyabi ini merupakan karya perusahaan karoseri Langgeng Putra yang berbasis di Semarang Jawa Tengah. Perbedaan antara Phanter Miyabi dan Samurai hanyalah pada panjang sasis dimana Phanter Samurai memiliki panjang yang lebih dibanding Phanter Miyabi.

Mobil ini dibekali dengan mesin C223 2300cc direct injection yang terkenal tangguh. Mesin ini sudah digunakan sejak jaman Chevrolet Luv awal 80an sampai Phanter generasi pertama ini. Saking tangguhnya, banyak yang mengatakan mesin ini jauh lebih tangguh dibanding mesin 4JAI 2500cc yang digunakan pada Phanter setelahnya walaupun mesin ini jauh lebih kecil tenaganya dibanding 4JAI. Mesin diesel 2238cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 58Hp dan torsi 126Nm. Ini sudah lumayan besar mengingat konstruksi mesin yang masih memakai teknologi OHV 8 valve per silinder ini merupakan rancangan era akhir 70an dan awal 80an.

Dibandingkan dengan Phanter biasa, pada Panther Miyabi sudah terdapat beragam fitur fitur yang biasanya hanya ditemukan pada sedan di tahun itu seperti  power window untuk setiap jendela, central lock dan sebagainya. Fitur-fitur sedan yang terdapat pada minibus pada saat itu merupakan sebuah kemewahan karena biasanya mobil minibus sangat minim fitur terutama fitur elektronik. Inilah yang biasanya menjadi kelebihan utama minibus versi karoseri non pabrikan. Selain itu mesin mobil ini juga sangat irit bahan bakar dan sangat jarang rewel asal dirawat. Perawatannya pun sederhana.Cukup rajin mengganti filter solar, filter oli dan oli serta jangan lupa isi solar maka mobil bisa terus melaju tanpa ada hambatan.

Body ala karoseri tahun 1990an seperti Phanter Miyabi ini umumnya dibuat manual atau handmade dan cenderung tebal karena menggunakan banyak dempul. Biasanya cat cenderung kusam dan umumnya sudah pernah cat ulang kalau cat masih kinclong. Selain itu, aksesories lampu belakang berbeda dengan Panther standar (total assy) sehingga apabila perlu dilakukan penggantian akan susah mencarinya. Kelemahan Isuzu Phanter lainnya ada dibagian kaki kaki depan yang sedikit manja dan ringkih. Usahakan agar selalu melakukan pengecekan di bagian laher dan balljoint karena mobil ini dibekali dengan body yang berat serta ban yang besar. Solusinya, banyak pengguna phanter yang mengganti kaki kaki depan mobilnya dengan milik Toyota Kijang.

Spesifikasi Isuzu Phanter Samurai / Miyabi ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Isuzu Phanter Miyabi / Samurai
Jenis Minibus
Tipe Samurai (Long), Miyabi (Short)
Mesin C223 Diesel 2300cc
Bore X Stroke 86.0 X 84.0 mm
Sistem Bahan Bakar Direct Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

2 Responses to "Isuzu Panther Samurai / Miyabi"

  1. Saya rencana mau membeli Isuzu Panther, kira-kira benter apa ya yang multifungsi dan elegan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disesuaikan budget juga sih.. kalau mau enak ya beli versi tertingginya macam hi grade atau hi sporty kalau versi kotak atau touring/grand touring buat versi kapsulnya.

      Delete