Honda BeAT Karbu

Honda Beat Karbu standar

Honda Beat adalah varian sepeda motor bertransmisi otomatis (CVT) yang diperkenalkan oleh Astra Honda Motor pada tahun 2008. Diposisikan dengan harga yang lebih terjangkau dari Honda Vario tanpa melupakan fitur fitur khas matic Honda, Honda Beat ini sukses menggeser Yamaha Mio sebagai market leader. Beat sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya irama. Lucunya, Beat dalam bahasa inggris juga bermakna mengalahkan dimana mengalahkan disini adalah mengalahkan kompetitor Honda Beat dalam hal market share.

Honda Beat dilengkapi dengan mesin 4 langkah SOHC 110cc silinder tunggal yang hampir mirip dengan mesin Honda Vario. Perbedaan mesin Honda Beat dengan Honda Vario adalah tidak adanya radiator pada Honda Beat. Peranan radiator digantikan oleh pendingin udara dengan bantuan kipas sama seperti motor matic umumnya. Dengan perbandingan kompresi yang lebih rendah, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 8,2Hp pada 8000Rpm dan torsi maksimum 8,3Nm pada 5500Rpm. Tenaga sebesar ini sudah cukup untuk kebutuhan transportasi perkotaan. Untuk transmisinya, digunakan transmisi otomatis CVT.

Pertama kali diperkenalkan, Honda Beat hadir dengan bentuk spakbor depan yang menempel dengan ban depan mirip dengan yang ada pada motor sport.  Karena banyak yang menganggapnya aneh dan membuat tampilan motor menjadi cungkring, Honda menggantinya dengan bentuk yang sama seperti motor bebek pada umumnya pada tahun 2010 bersamaan dengan ubahan lain seperti stripping. Fitur fitur dari Vario yang disediakan Honda Beat ini tidak berbeda dari versi awal hingga faceliftnya. Semua Honda Beat dibekali dengan brake lock (pengunci rem), side stand switch (membuat mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun), secure key shutter (Sistem penguncian bermagnet), Ez-rack (bagasi depan), hingga auto choke.

Selain fitur fitur diatas, Honda Beat juga memiliki kelebihan lain seperti bentuknya yang fashionable. Bentuk yang fashionable ini membuatnya mudah untuk dimodifikasi. Cukup dengan mengganti velg ori dengan velg aftermarket saja sudah membuat tampilan Honda Beat menjadi lebih keren. Selain itu ukurannya yang ramping membuatnya mudah dikendarai wanita maupun abg yang baru mendapatkan SIM. Tidak heran Honda Beat menjadi idola bagi kalangan abg maupun wanita yang menginginkan motor matic ringan yang lincah di perkotaan.

Ukurannya yang ramping ternyata bisa menjadi kelemahan tersendiri dari Honda Beat. Bagi yang memiliki tinggi serta berat badan berlebih, posisi duduk terasa kurang nyaman karena lutut sudah menyentuh rak depan. Selain itu kapasitas bagasi kurang memadai karena ukurannya kecil. Honda Beat karburator ini masih mengeluarkan suara yang keras ketika starter elektrik dinyalakan.

Spesifikasi Honda Beat ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Beat Karbu
Jenis Skuter
Tipe Beat
Mesin SOHC 108cc
Bore X Stroke 50.0 X 55.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Otomatis CVT
Wheelbase 1.240 mm
Panjang 1.859 mm
Lebar 676 mm
Tinggi 1.053 mm

6 Responses to "Honda BeAT Karbu"

  1. Saya juga pake Honda Beat karbu Om ... emang agak lebih boros dibanding yg injeksi, tapi tarikannya lebih mantap ...

    Ini ada koleksi foto motor jadul Om
    Memotret Honda (Biji Nangka) S90

    ReplyDelete
  2. udah deh jangan nglawan yg namanya tekhnologi , masa kembali ke jadul alias karbu , yg jelas injeksi lebih dan lebih dibandingkan karbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. kalau dikomparasi teknologi memang jauh semakin efisien dan memudahkan penggunanya dibanding teknologi jadul. tapi kalo bicara perbaikan, teknologi jadul masih punya poin plus. contohnya 2012 kemarin overhaul avanza rental habis 12juta sedang agustus kemarin overhaul kijang pickup yg perawatannya jauh lebih sadis cuma habis 3 juta dibengkel yang sama

      Delete