Suzuki Tornado GS & Tornado GX

Suzuki Tornado GS dan Suzuki Tornado GX adalah sepeda motor jenis bebek yang diperkenalkan Suzuki Indonesia pada tahun 1994. Motor ini dikenalkan untuk menggantikan Suzuki Crystal yang sudah dianggap perlu diadakan refreshment terutama di bagian tampilannya. Walaupun dimaksudkan untuk menggantikan Suzuki Crystal, namun motor ini juga dijual bersamaan dengan Suzuki Crystal sampai tahun 1995.

Herdyan Trikuncoro‎ motuba Tornado GS



Masih mengusung mesin yang sama dengan Suzuki Crystal. Suzuki Tornado dilengkapi dengan mesin 2 tak rebah berkapasitas 110cc untuk Tornado GS dan 100cc untuk Tornado GX. Teknologi yang dipakai masih sama dengan Suzuki Crystal dengan pendinginan oli Jet Cooled. Keduanya sama sama menganut transmisi semi otomatis 4 percepatan dengan layout N-1-2-3-4. Mesin Tornado GS diklaim dapat menghasilkan tenaga sekitar 12,5 Hp pada 7500rpm dan torsi 12.2 Nm pada 7500rpm. Untuk Tornado GX yang bermesin 100cc dapat menghasilkan tenaga sebesar 9,5 Hp pada 7500rpm dan torsi sebesar 11,2 Nm pada 5000rpm. Tenaga dan torsi sebesar itu tentunya sudah lebih dari cukup untuk melawan motor bebek 125cc 4 tak pada jaman sekarang.

Perbedaan Suzuki Tornado GS dan Suzuki Tornado GX adalah pada Tornado GS sudah dilengkapi rem cakram dibagian depannya. Untuk knalpot bentuknya juga sudah racing yang sedikit menjulang ke atas ala motor 2 tak. Walaupun sepintas sama, pada Suzuki Tornado GX belum dilengkapi dengan rem cakram dibagian depan dan masih mengandalkan rem teromol (drum brake) untuk mengurangi laju motor. Bagian knalpot juga masih berbentuk bambu yang lurus. Pelindung rantai kedua motor ini juga berbeda. Pada Tornado GS bentuknya hanya pelindung dibagian atas seperti pada motor modern sedangkan pada Tornado GX tutup rantai masih menutupi semua rantai dan gear belakang.

Dengan kapasitas mesin 2 tak 110 cc yang menjadi andalannya kala itu, Suzuki Tornado GS cukup berjaya dan menjadi incaran kaula muda. Salah satu saingan dari Tornado adalah Yamaha F1Z di tahun yang sama. Dengan mesin yang sama-sama mengusung kapasitas 110 cc dan dibekali desain body yang modern, kedua motor ini menjadi raja di era-nya.  Di ajang balap, Tornado juga cukup berjaya. Banyak pembalap-pembalap beken yang lahir lewat motor ini. Salah satunya adalah Asep Hendro yang sangat berjaya menggunakan Tornado GS milik tim balap CMS. Selain itu, pada ajang grasstrack, Suzuki Tornado juga cukup diminati karena rangka Tornado gampang dipasangkan cover body Suzuki RM125. Beberapa part-nya juga banyak yang sama, jadi memudahkan mekanik kala itu. Akhir masa kejayaan Tornado ada di tahun 1997 karena mulai masuknya era motor 4-tak, kehadiran Suzuki Satria 120 ikut menggusur tahta Tornado di Indonesia. Suzuki Tornado sendiri terakhir dijual pada tahun 2004.

Spesifikasi Suzuki Tornado GS dan Tornado GX ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Tornado GS dan Tornado GX
Jenis Cub
Tipe RC110 (GS) & RC100 (GX)
Mesin 2tak single cylinder 100cc (GX)
2tak single cylinder 110cc (GS)
Bore X Stroke 52.5 X 46.0 mm (GX)
54.0 X 48.0 mm (GS)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.225 mm
Panjang 1.889 mm
Lebar 665 mm
Tinggi 1.150 mm

0 Response to "Suzuki Tornado GS & Tornado GX"

Post a Comment