Chrysler Neon PL

Chrysler Neon Indonesia

Chrysler Neon merupakan sedan kompak yang pada awalnya dirancang untuk bersaing dengan sedan kompak asal Jepang seperti Honda Civic dan Toyota Corolla yang memimpin pasar sedan kompak di Amerika Serikat sana. Karena pada saat itu Chrysler membawahi Dodge dan Plymouth, maka Chrysler Neon ini juga dijual dengan kedua merk tadi tetap dengan nama Neon untuk pasar Amerika Utara.


Mesin yang digunakan Chrysler Neon ini adalah mesin Chrysler A588 yang merupakan mesin bensin 4 silinder SOHC 16 valve 2000cc. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 132Hp pada 5600Rpm dan torsi 177Nm pada 4600Rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 3 percepatan. Ada yang bilang mesin dengan sequential multi port injection dan rasio kompresi 9,6:1 ini mirip dengan mesin 4G63 Mitsubishi. Walau begitu pendapat ini sepertinya agak kurang meyakinkan secara bore stroke mesin ini 87,5 X 83 mm dengan kapasitas murni 1996cc sementara 4G63 dari Mitsubishi 85 X 88 mm dan kapasitas murni 1997cc.

Walau dibuat di Amerika Serikat yang merupakan negara setir kiri, Neon ini juga dijual di Jepang dan Australia yang menganut setir kanan seperti Indonesia. Fitur Neon ini cukup lengkap dengan airbag, power steering, central lock, AC, radio AM/FM, dan electric mirror. Model yang ditawarkan Neon ini juga tidak pasaran dengan desain serba membulat khas pertengahan 90an. Desain mobil ini dibuat oleh Thomas Gale pada 1991 dimana ia membuat desain mobil konsep Dodge ditahun yang sama. Paling unik sekaligus menjadi kelebihan desain Neon ini adalah jendela pintunya yang frameless khas Amerika. Sayang kelemahannya ada pada lampu depannya yang berbentuk bulat sangat sering mudah menguning.

Di Indonesia, Chrysler Neon hanya masuk versi generasi pertamanya saja. Generasi pertama ini aslinya diproduksi antara Januari 1994 sampai 1999. Sekitar tahun 1995 sampai 1996, Chrysler Neon ini akhirnya didatangkan di Indonesia secara CBU dari Amerika Serikat melalui Singapura. Kurang lebih ada sekitar 1500 unit Neon yang masuk ke Indonesia. Semua unit yang masuk menggunakan mesin 2000cc SOHC dengan bodi sedan 4 pintu dan coupe 2 pintu yang jumlahnya lebih sedikit. Importir mobil ini sendiri setelah ditelusuri adalah Indonesian republic motor company yang menjadi ATPM Ford saat itu.

Sayangnya, import mobil ini dilakukan dengan cara pembayaran menggunakan modal mata uang dollar pinjaman dimana saat itu terjadi krisis ekonomi yang mengakibatkan kurs dollar dari 2600 rupiah menjadi 17000 rupiah. Karena tidak sanggup membayar berbagai biaya kepabean, jadilah ratusan unit Neon yang baru masuk disita oleh negara. Sebagian unit yang masuk ini akhirnya digunakan oleh kepolisian Republik Indonesia untuk digunakan sebagai kendaraan operasionalnya. Sisa Neon yang belum pernah digunakan ini kemudian dilelang bahkan sampai tahun 2010 masih ada lelang untuk menjual Chrysler Neon tidak bertuan ini.

Spesifikasi Chrysler Neon PL ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chrysler Neon PL
Jenis Sedan
Coupe
Tipe PL
Mesin A588 SOHC 1996cc
Bore X Stroke 87.5 X 83.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 3 Speed
Wheelbase 2.640 mm
Panjang 4.360 mm
Lebar 1.710 mm
Tinggi 1.390 mm

2 Responses to "Chrysler Neon PL"

  1. Replies
    1. jahatnya padahal yang muncul duluan si Neon ini... dijaman pertama munculnya Neon ini di Amrik sana merk Korea macam Hyundai dan Kia levelnya mirip mocin di Indonesia... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete