Kia Carens & Carens II RS

Kia Carens RS

Kia Carens merupakan MPV yang pertama kali diproduksi oleh Kia sekitar tahun 1999. Di negara asalnya Korea Selatan dan Indonesia, mobil ini diberi nama Kia Carens II untuk versi facelift sementara di Taiwan diberi nama Kia Euro Carens. Di Malaysia, Naza yang merupakan merk mobil Malaysia membuat Carens versi mereka sendiri yang diberi nama Naza Citra.


Mesin yang digunakan Kia Carens ini cukup berpotensi karena mesin Mazda FP dengan konfigurasi 4 silinder DOHC 16 valve berkapasitas 1800cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 122Hp pada 6000Rpm dan torsi 163Nm pada 4500Rpm. Kia bisa memakai mesin Mazda karena pada waktu itu Kia masih menjalin kerja sama dengan Mazda. Walau memakai mesin seri FP, namun banyak kesamaan part antara mesin seri FP dengan mesin Mazda seri BP seperti yang dipakai Mazda Lantis. Untuk meggerakkan roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Generasi pertama Carens ini diberi kode sasis RS dimana Carens ini merupakan rancangan Kia yang sama sekali tidak ada jejak mobil Mazda didalamnya. Berbeda dengan Kia sebelumnya yang masih terdapat jejak Mazda didalamnya seperti misalnya Kia Sephia yang memakai platform Mazda Interplay. Mobil ini dibuat untuk menemani Kia Carnival yang ukurannya lebih besar. Walau dirancang sebagai MPV, namun rancangan sasis dan kaki-kaki Kia Carens yang sudah full independen ini dibuat mirip dengan sedan yang mengakibatkan kenyamanan dan handling yang baik.

Pertama kali muncul pada tahun 2000, Kia memasarkan Carens secara CBU langsung dari Korea Selatan dengan hanya tipe LS. Kia Carens pertama ini dikenal juga dengan nama Carens 1. Versi CBU ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Pada varian transmisi otomatis sudah dilengkapi dengan power steering, power window, ABS, dual airbag, double disk brake, roof rack, safety belt di semua posisi duduk penumpang, tilt steering dan catalytic converter. Sedangkan pada varian transmisi manualnya terdapat pengurangan fitur dengan tidak adanya ABS, doble disk brake, roof rack dan tilt steering. Pada tahun 2003 Kia menambahkan tipe EX pada Carens.

Pada akhir 2003, Kia akhirnya menjual Carens dan merakitnya di Indonesia secara CKD. Kia Carens CKD ini selain dirakit di Indonesia juga mengalami perubahan (facelift). Versi facelift ini kemudian diberi nama Carens II karena mengalami perubahan yang cukup signifikan dibanding Carens I. Perbedaan yang paling besar pada Carens II ini ada pada ukuran bodinya yang semakin membesar. Panjang keseluruhan Carens II bertambah 40mm lebih panjang dibanding Carens I begitu juga dengan lebar, tinggi dan beratnya yang bertambah 20mm, 10mm dan 40Kg. Selain itu pada versi CKD ini terdapat tambahan varian SE dimana bedanya hanya ada pada warna stoplamp dan hand rest di jok depan.

Ada sekitar 5000 unit Kia Carens yang digunakan untuk keperluan dinas kepolisian. Sebagai mobil yang kurang populer, mungkin hanya inilah sarana untuk melihat reliability Kia Carens. Kebanyakan Kia Carens bekas polisi ini hancur dan berakhir menjadi bangkai karena ulah oknum polisi yang suka mengambil part mobil ini, jorok tidak merawat dan salah memakai bahan bakar karena memakai bensin berkualitas rendah. Akibatnya, banyak Kia Carens ini yang harus dibesituakan karena berbagai masalah seperti transmisi jebol, rangka patah, mesin jebol, steering bar patah dan sebagainya.

Kelebihan Kia Carens ada pada kenyamanan yang baik di kelasnya. Handling mobil ini juga tidak terasa seperti minibus di jamannya seperti Kijang karena mobil ini lebih mendekati kearah sedan daripada van. Fitur-fitur mobil ini juga sangat lengkap dan terasa apa yang didapat lebih dari apa yang dibayarkan karena harga mobil ini juga jatuh.

Kelemahan Kia Carens biasanya ada pada perawatannya yang berbeda antara standar Korea Selatan dengan standar Indonesia yang pada akhirnya malah hanya memperparah keadaan. Sparepart mobil ini cukup langka bahkan Kia Indonesia sendiri sepertinya sudah lupa pernah menjual mobil ini. Terakhir, ruang belakang mobil ini terasa bukan dirancang sebagai ruang penumpang melainkan ruang barang karena terasa sempit terutama untuk ukuran orang dewasa.

Spesifikasi Kia Carens & Carens II RS ini adalah sebagai berikut:

Kia Carens & Carens II RS
Jenis Minibus
Tipe RS
Mesin Mazda FP DOHC 1800cc
Bore X Stroke 83.0 X 85.0 mm
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.570 mm
Panjang 4.450 mm (CBU)
4.490 mm (CKD)
Lebar 1.730 mm (CBU)
1.750 mm (CKD)
Tinggi 1.600 mm (CBU)
1.610 mm (CKD)

3 Responses to "Kia Carens & Carens II RS"

  1. pernah pake dulu, biarpun tua tapi handling dan metik nya lebih enak drpd avanza baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar-benar mobil untuk keluarga yang butuh nyaman

      Delete
  2. Saya juga pake kia carens 1 matic. Mantap dan nyaman. Masih kekinian.

    ReplyDelete