Hyundai Getz TB

Hyundai Getz

Hyundai Getz merupakan hatchback Hyundai yang dijual ke seluruh penjuru dunia selain Kanada, China dan Amerika Serikat. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 di Tokyo Motor Show Jepang dengan konsep Hyundai TB dan baru versi produksi massalnya diperkenalkan di Geneva Motor Show 2002. Karena dijual ke berbagai negara, mobil ini dikenal dalam beberapa nama seperti Hyundai Click di Korea Selatan, Hyundai Getz Prime di India, Hyundai TB di Jepang, Inokom Getz di Malaysia sampai Dodge Brisa di Venezuela.


Di Indonesia, Hyundai memasarkan Getz dengan 2 pilihan mesin. Mesin pertama memakai mesin Hyundai G4EH 4 silinder SOHC 12 valve yang sepertinya masih mirip dengan mesin 4G17 Mitsubishi Colt T120ss secara jaman dulu Hyundai bekerja sama dengan Mitsubishi. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 81Hp pada 5500Rpm dan torsi 117Nm pada 3000Rpm. Pada tahun 2007, Hundai mengganti mesin Getz dengan mesin Hyundai G4FA 4 silinder DOHC 16 valve. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 109Hp pada 6300Rpm dan torsi 137Nm pada 4700Rpm. Untuk menggerakkan roda depan, terdapat pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Terhitung sebagai pemain baru membuat Hyundai menyematkan berbagai fitur menarik pada Getz. Hyundai memberikan berbagai fitur yang membuatnya menjadi salah satu citycar paling praktis dimasanya seperti gantungan barang di balik bangku depan, spion elektrik, power window sampai mekanisme pelipatan bangku belakang untuk memperbesar kapasitas bagasi. Pada versi facelift yang terjadi pada tahun 2007, dimana perbedaanya terdapat pada lampu yang lebih membulat, grill, bumper dan beberapa pernik interior selain mesinnya, Hyundai memberikan berbagai fitur tambahan untuk Getz. Fitur-fitur ini antara lain rem cakram dengan ABS di keempat roda, spion elektrik, sensor parkir sampai head unit baru yang lebih baik.

Ada beberapa tipe Hyundai Getz yang hadir di Indonesia. Pertama kali hadir, Getz hanya dijual dalam 2 tipe yaitu GL dengan transmisi otomatis dan GL dengan transmisi manual. Kedua tipe ini merupakan Hyundai Getz dengan populasi terbanyak. Bersamaan dengan facelift kedua pada tahun 2007, muncul varian beru dengan tipe GL, SG dan LS 2 pintu. Perbedaan antar tipenya bisa dilihat pada fitur tambahannya seperti pada tipe GL yang memakai transmisi manual dan otomatis. Pada tipe SG, selain pilihan transmisi manual dan otomatis juga disediakan sunroof. Terakhir, tipe paling langka dan mahal ada pada Getz tipe LS yang diberi sunroof, handrest, dan sebagainya. Tipe LS ini hadir dalam bodi hatchack 3 pintu (orang biasa juga menyebutnya dengan 2 pintu) dan transmisi yang hanya ada pilihan otomatis.

Kelebihan Hyundai Getz ada pada ukurannya yang kecil sehingga lincah dan mudah dikendarai bahkan untuk wanita. Mesinnya cukup responsif dipadukan dengan bodi city car membuat konsumsi bbm cukup irit bisa mencapai 1:14 untuk rute kombinasi. Walau didesain sebagai city car, namun handling mobil ini cukup bagus dengan suspensi macpherson strut didepan dan torsion beam di belakang dengan stabilizer.

Kelemaham Hyundai Getz ada pada ukurannya yang bagaikan buah simalakama dimana ukuran mobil ini membuatnya lincah bermanuver namun berimbas pada ruang kabin yang cukup sempit. Untuk dibawa keluar kota masih cukupan namun terasa kurang tangguh melewati jalanan berlubang sana sini. Pada dasarnya, Hyundai Getz merupakan mobil yang tidak rewel dan jarang dikeluhakan pemiliknya. Kalaupun ada keluhan biasanya karena sudah waktunya ganti beberapa part.

Spesifikasi Hyundai Getz TB ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Hyundai Getz TB
Jenis Hatchback
Tipe TB
Mesin G4EH SOHC 1345cc
G4FA DOHC 1399cc
Bore X Stroke 71.5 X 83.5 mm (SOHC)
77.0 X 75.0 mm (DOHC)
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.455 mm
Panjang 3.810 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.490 mm

0 Response to "Hyundai Getz TB"

Post a Comment