Chrysler PT Cruiser

chrysler pt cruiser

Semua orang mungkin senang dengan mobil-mobil antik dengan desain serba membulat aerodinamis yang terinspirasi dari desain pesawat terbang era 1930an. Sayangnya, tidak semua orang sanggup merawat mobil-mobil tadi. Maklum saja namanya juga barang bekanik berusia lebih dari setengah abad. Mungkin melihat peluang ini, antara tahun 1990 sampai awal 2000an berbagai pabrikan otomotif didunia kemudian mengeluarkan mobil mobil baru bertampang retro miliknya. Salah satu pabrikan besar yang ikutan trend ini adalah Chrysler yang memperkenalkan Chrysler PT Cruiser.


PT Cruiser pada awalnya dibuat oleh Chrysler untuk Plymouth. Namun sayangnya, Plymouth sendiri harus tutup pada tahun 2001 walau beberapa tahun sebelumnya juga sempat mengeluarkan mobil konsep bernama PT Spyder. Nama PT pada PT Cruiser merupakan singkatan dari Personal Transport. Berbeda dengan PT Spyder yang merupakan singkatan dari Pronto. Desain PT Cruiser ini terinspirasi dari desain mobil-mobil Amerika era 1930an sampai sekitar 1940an yang serba membulat dan dibuat aerodinamis. Desain mobil yang dibuat oleh Bryan Nesbitt ini tergolong memiliki atap yang tinggi dengan ruang kabin yang dimaksimalkan sesuai dengan jiwa hatchback 5 pintu yang praktis untuk dipakai sehari-hari.

Mesin yang disediakan untuk sebenarnya cukup beragam mulai dari 4 silinder 1600cc sampai 2400cc turbo. Namun untuk PT Cruiser yang masuk ke Indonesia rasanya kebanyakan memakai mesin 4 silinder 2000cc dengan konfigurasi DOHC 16 valve dan sistem bahan bakar injeksi. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 150Hp pada 6500Rpm dan torsi 180Nm pada 4800Rpm. Tenaga mobil ini mungkin terlihat besar namun kala dikemudikan, mesin ini terasa biasa saja mungkin karena berat PT Cruiser yang cukup berat. Untuk menggerakkan roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan walau sepertinya lebih banyak varian otomatisnya di Indonesia.

Walau bertampang mobil klasik, namun fitur yang disediakan mobil ini tentunya sudah memenuhi kriteria mobil modern. AC, power steering, power window, central lock, audio, sabuk pengaman di semua jok, rem cakram dikeempat roda, sampai airbag dan ABS sudah tersedia pada mobil ini. Kapasitas muat mobil ini hanya 5 penumpang saja sementara bagian belakang digunakan sebagai bagasi. Namun berkat atap yang dibuat tinggi serta desain Amerika membuat mobil ini terasa sangat lapang untuk ukuran tubuh orang Asia.

Kelebihan mobil ini ada pada desainnya yang unik dengan model retro (klasik). Ruang kabinnya juga dibuat lega sehingga orang bertubuh lebih bisa nyaman didalam mobil ini. Kelemahan mobil ini ada pada desainnya. Kalau bisa diibaratkan, desain mobil ini ibarat buah durian dimana kalau suka orang akan sangat suka namun kalau benci orang akan benci sebenci-bencinya. Ditambah dengan tidak adanya APTM Chrysler membuat sparepart mobil ini lumayan jarang. Memang ini sudah bisa diatasi di jaman internet dan adanya perusahaan ekspedisi seperti ini dimana beli barang tinggal klik. Namun tentunya kedua hal ini membuat jarang orang mau melirik mobil ini. Oleh karena itu, mobil yang harganya berkisar antara 180 juta sampai 50 juta tergantung kondisi dan kelayakan serta kelengkapannya ini cukup sulit dijual ataupun ditemui di pasar mobil bekas.

Spesifikasi Chrysler PT Cruiser ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chrysler PT Cruiser
Jenis Hatchback
Tipe PT Cruiser
Mesin Chrysler ECC DOHC 2000cc
Bore X Stroke 87.5 X 83.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.616 mm
Panjang 4.288 mm
Lebar 1.704 mm
Tinggi 1.600 mm

2 Responses to "Chrysler PT Cruiser"

  1. Mobil yg tampangnya paling aneh menurut gw 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. diblang modern aneh dibilang klasik rasanya kurang ya?

      Delete