Macam-macam Karoseri Unik Toyota Kijang Kotak / Doyok

Toyota Kijang Doyok

Toyota Kijang bisa dibilang mobil paling fenomenal di Indonesia mulai dari generasi pertamanya pada tahun 1975 sampai yang terbaru, All New Kijang Innova. Jaman dulu, sebuah keluarga belum bisa dibilang sukses kalau belum punya sebuah Toyota Kijang di garasi rumahnya. Karena berbagai permintaan, Kijang yang awalnya hanya berupa mobil bak terbuka yang khusus untuk mengangkut barang diubah sedemikian rupa hingga menjadi kendaraan pengangkut orang oleh perusahaan karoseri lokal.


Era 80an bisa dibilang era keemasan industri karoseri Indonesia. Di jaman itu, banyak bermunculan pemain baru yang mengerjakan bodi kendaraan mulai dari bus sampai kendaraan ringan. Karena banyaknya persaingan, para pelaku industri ini kemudian menawarkan berbagai keunggulan pada produknya mulai dari material bodi yang lebih baik, fitur yang lebih berlimpah sampai desain yang unik. Beberapa perusahaan karoseri juga menawarkan bodi dengan bentuk pesanan khusus. Ibaratnya sama seperti kita beli kaos di toko suvenir yang desain gambar dan tulisan di kaosnya bisa dipesan sendiri secara khusus.

Salah satu mobil yang memiliki cukup banyak varian karoserinya adalah Toyota Kijang generasi kedua atau yang biasa dipanggil dengan nama Kijang Doyok atau Kijang Kotak. Pada waktu itu Kijang masih sebatas dijual dalam bentuk pickup saja tanpa adanya varian minibus. Dengan menggandeng perusahaan karoseri lokal jadilah Kijang-kijang dibawah ini. Berikut ini beberapa macam karoseri Kijang Doyok yang bisa dibilang bentuknya unik yang mobilmotorlama rangkum.

Kijang Beta

Toyota Kijang Beta

Karena jaman dulu Astra Toyota belum membuat sendiri bodi minibus untuk Kijang, jadilah bodi Toyota Kijang minibus pada waktu itu dibuat oleh perusahaan karoseri lokal. Bentuk varian minibus ini sangat beragam namun bentuk paling generik pada waktu itu adalah seperti Kijang Beta ini. Toyota Kijang Beta dibuat oleh karoseri Langgeng Putra dari PT. Kusuma Motor. Fitur yang ditawarkan standar karoseri yang lebih mewah daripada versi pabrik dengan jok reclining dan sliding ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing serta ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu. Bentuk pintunya juga cukup canggih dimana terdapat 3 pintu disamping dan sebuah pintu belakang model swing door atau membuka keatas.

Kijang Tamara

Toyota Kijang Tamara

Selain berbentuk minibus, Kijang juga dibuat menjadi mobil semi jip. Ada karoseri yang membuat Kijang menjadi mirip mobil lain ada juga yang membuat desain bodinya sendiri secara original. Salah satu bentuk kijang semi jip ini adalah Kijang Tamara yang dibuat oleh karoseri Hobart. Secara bentuk, saya pribadi lebih suka menyebut mobil ini dengan sebutan Kijang Panser karena bentuknya yang serba kotak dengan sudut miring ini mirip dengan mobil tempur tadi. Fitur yang diusung masih relatif sama dengan Kijang Beta dengan jok reclining ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing dengan ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu di panel speedometer.

Kijang Turangga

Toyota Kijang Turangga

Mau punya mobil jip gagah seperti Daihatsu Taft kotak atau yang diluar sana dikenal juga dengan nama Daihatsu Fourtrak alias Rugger atau Toyota Blizzard namun kantong cekak? mungkin Toyota Kijang kotak dengan bodi buatan karoseri Tugas Anda ini bisa jadi jawabannya. Sepintas desain mobil ini mirip seperti Daihatsu Taft generasi kedua dengan bagian belakang yang terlalu panjang. Maklum saja karena Kijang Turangga ini hanya memiliki 3 pintu seperti Taft yang banyak beredar di Indonesia sementara sasis yang digunakan memakai sasis panjang (long wheel base).

Kijang Targa GT

Toyota Kijang Targa

Dalam istilah otomotif, targa memiliki makna semi convertible dimana bagian atapnya bisa dilepas sementara kaca belakangnya tidak dan GT biasanya merupakan singkatan dari Grand Touring. Tidak sesuai dengan namanya, Kijang yang satu ini tidak berbentuk mobil grand touring dengan atap targa. Bentuk kijang dengan bodi buatan karoseri Laksana ini lebih menyerupai sebuah Mercedes-Benz Geladenwagen atau G wagen W460. Mobil yang dijual oleh PT. Astrindo Jaya Mobilindo ini memiliki fitur berupa jok reclining dan sliding ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing serta ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu dan jam. Berbeda dengan Kijang lain yang mampu mengangkut 7, 8 atau 9 penumpang, Kijang Targa GT ini hanya dibuat untuk 5 penumpang saja.

Itu tadi beberapa varian unik dari Kijang buatan karoseri. Sebenarnya masih ada banyak varian yang tak kalah uniknya seperti Kijang dengan bodi Trooper, fascia depan Corona 2000 sampai Jeep wagoneer dan sebagainya. Namun karena keterbatasan, hanya ini yang bisa kami tampilkan. Ada yang punya info lebih lanjut? silahkan komentar dibawah.

4 Responses to "Macam-macam Karoseri Unik Toyota Kijang Kotak / Doyok"

  1. Kalo tdk salah Kijang generasi ini ada karoseri 'resmi'nya yaitu superior coach

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, baru inget sc sudah bikin karoseri mobil ini...

      Delete
  2. wah yang turangga keren ya, sepintas mirip land cruiser..gak ngotak banget kaya yg standar

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma sayang jeroannya masih standar kijang...

      Delete