SSangYong Chairman H

SSang Yong Chairman H

Jaman 90an dulu, pemerintah Korea Selatan menerapkan kebijakan "kalau mau jualan mobil disini, harus pake merk Korea Selatan". Oleh karena itu tidak heran kalau kemudian Mazda melakukan kerjasama dengan Kia, Mitsubishi dengan Hyundai, Renault dengan Samsung, GM dengan Daewoo sampai tidak mau ketinggalan, Mercedes-Benz dengan SSangYong melakukan kerjasama membuat mobil mewah. Mobil termewah hasil dari kolaborasi Mercedes-Benz dengan SSangYong ini adalah SSangYong Chairman yang untungnya sempat masuk ke Indonesia.


Walau dibuat sebagai model termewah SSangYong, mobil ini tidak mengambil sepenuhnya rancangan dari S-Class yang merupakan model termewah Mercedes-Benz. Mobil yang pertama kali muncul sesaat sebelum krisis moneter Asia tahun 1997 ini memakai platform dari Mercedes-Benz E class W124 yang sedikit diperbesar. Beberapa partnya ada yang memakai milik Mercedes-Benz S Class W140 walau jumlahnya sedikit sekali. Karena pada dasarnya merupakan Mercy yang dibuat Korea, bentuk mobil ini terlihat sangat mirip dengan Mercedes-Benz jaman itu.

Mesin yang diusung mobil ini sama seperti Mercedes Benz dengan mesin terkecil memakai mesin 4 silinder 2300cc M102 sementara yang terbesar memakai mesin Mercedes-Benz M104 6 silinder 3200cc dan setelahnya baru muncul varian 3600ccnya. Di Indonesia, sepertinya hanya ada 2 tipe mesin itu saja yang dijual. Untuk menggerakkan roda belakangnya, tenaga mesin disalurkan menggunakan transmisi otomatis 5 percepatan yang lagi-lagi diambil dari Mercedes-Benz.

Sebagai mobil mewah, tidak lucu kalau fitur yang disediakan mobil ini minim. Untuk keselamatan, mobil ini sudah dibekali dengan 2 airbag. Power steering elektrik, electric driver seat, electric tilt steering, sampai electric side mirror ditambah power window dan central lock tentunya sudah menjadi fitur standarnya. Sebagai mobil yang didesain untuk bos yang hobi duduk dibelakang karena disupirin, AC mobil ini dapat dikontrol dari baris kedua dengan panel kontrol serta berbagai ornamennya memakai wood panel mengkilap. Dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari E class, duduk dibelakang jok kulit mobil ini terasa lebih lapang.

Desain dan rancangan mobil ini sudah dibuat sejak 1992 dimana pada saat itu pertumbuhan ekonomi Korea Selatan sedang menguat. Setelah pengembangan yang panjang, mobil ini kemudian diluncurkan pada tahun 1997 dan menjadi cukup populer di Korea Selatan bisa dilihat dari banyaknya pengusaha, pejabat sampai hotel berbintang di Seoul yang menggunakan mobil ini untuk keperluan antar jemput tamu misalnya. SSangYong kemudian opitimis akan penjualan mobil ini di pasar internasional. Sialnya, tidak lama kemudian terjadi krisis finansial Asia yang memperparah keadaan ekonomi Korea Selatan dimana nilai tukar Won Korea turun drastis yang akhirnya membuat mobil ini kurang kompetitif disegi harga. Lebih parahnya lagi, diluar Korea mobil yang kalau diIndonesia malah terdengar seperti merk pompa air ini kurang laku karena orang belum percaya Korea bisa membuat mobil setara mobil Jepang atau Jerman. Untuk mencegah kebangkrutan, manajemen SSangYong akhirnya dialihkan ke Daewoo dan sialnya lagi, Daewoo akhirnya bangkrut tak lama kemudian. Karena Daewoo bangkrut, penjualan mobil ini dipasar internasional kemudian dihentikan. Oleh karena itu populasi mobil ini di Indonesia mejadi cukup langka walau produksi mobil ini sendiri baru dihentikan pada tahun 2014 kemarin.

Spesifikasi SSangYong Chairman H ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi SSangYong Chairman H
Jenis Sedan
Tipe Chairman H
Mesin Mercedes-Benz M102.980 2300cc
Mercedes-Benz M104.990 3200cc
Bore X Stroke 95.5 X 80.25 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Otomatis 5 Speed
Wheelbase 2.900 mm
Panjang 5.055 mm
Lebar 1.825 mm
Tinggi 1.465 mm

0 Response to "SSangYong Chairman H"

Post a Comment