Timor S515 S515i

Timor S515 Kia Sephia


Timor adalah sebuah brand mobil nasional yang perusahaannya (PT Timor Putra Nasional) diketuai oleh Hutomo Mandala Putra atau yang lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto. Nama Timor sebenarnya merupakan singkatan dari Teknologi Industri MObil Rakyat. Mobil ini dimaksudkan untuk menjadi mobil nasional Indonesia. Konsep mobil nasional ini sendiri hampir mirip dengan konsep Proton Malaysia yang mengambil basis dari Mitsubishi Lancer Fiore.


Diluncurkan sekitar tahun 1996, mobil ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia kala itu. Hal ini disebabkan karena harganya yang murah karena intensif pajak namun tidak meninggalkan fitur yang ada seperti side impact beam atau bel yang berbunyi ketika sabuk pengaman dipakai. Yang lucu adalah perkataan SPG yang mengatakan bahwa mobil Timor ini adalah mobil asli karya putra bangsa yang sudah menginjak generasi ke 5 (generasi 1 sampai 4 nya mana?). Padahal kenyataannya mobil ini masuk secara CBU (Completely Built Up) dari Korea Selatan.

Mobil ini diluncurkan dalam beberapa varian antara lain versi termurah S515 bermesin B5 SOHC Karburator, S515i bermesin B5-ME DOHC Injeksi, S516i DOHC Injeksi (untuk rally hanya 2 unit) dan SW515i Station Wagon yang bodynya dibuat karoseri New Armada Magelang. Harga yang ditawarkan pada saat itu hanya 36 juta rupiah. Harga yang cukup murah untuk sebuah sedan dimana mobil minibus pasaran seperti Toyota Kijang saat itu dibandrol seharga 52 jutaan.

Karena Timor sendiri bisa dibilang adalah turunan Mazda atau Mazda versi Korea Selatan, maka part mesin dari mobil ini bisa saling bertukar. Selain itu karena Mazda juga berkerja sama dengan Ford maka antara Timor S515, Mazda 323, dan Ford Laser mempunyai banyak kesamaan part diantara mereka terutama part mesin. Untuk kaki-kakinya ada perbedaan walaupun persamaanya juga ada.

Kebanyakan mobil timor yang tersisa saat ini pada bagian grill depan dan buritan sudah hilang emblem Timornya. Hal ini dikarenakan pada saat terjadinya peristiwa 1998, dealer dan mobil Timor menjadi sasaran amukan masyarakat yang menginginkan lengsernya presiden Soeharto karena dianggap salah satu produk Orde Baru. Emblem Timor dihilangkan karena sebagian pemilik mobil ini enggan mati konyol diamuk massa hanya karena mengendarai mobil ini. Emblem dihilangkan dengan harapan agar pemilik mobil ini selamat dari amukan massa. Karena itu sangat jarang ada mobil Timor dengan emblem yang masih utuh. Kebanyakan kalau tidak tampil polosan (tampa emblem) ya memakai emblem KIA yang memang menjual Sephia dengan logo Kia setelah tutupnya Timor.

Harga mobil yang pada tahun 1996 dijual hanya 36 juta ini cukup stabil dipasaran. Harganya berkisar 30 juta untuk yang kondisinya biasa saja dan bisa mencapai 40an juta jika memang kondisinya istimewa. Harga tersebut tidak berlaku untuk varian Station Wagon SW515 yang memang merupakan mobil yang jarang dijalan dimana harga jualnya tergantung penjualnya. Dengan berbagai fitur seperti side impact beam sampai buzzer yang berbunyi kala sabuk pengaman belum terpasang yang lumayan canggih dimasanya membuat mobil ini terasa begitu lebih dibandingkan sedan asal Jepang dengan harga yang lebih mahal.

Sayangnya, proyek mobil nasional Timor ini harus terhenti total karena berbagai perkara. Selain krisis moneter dan kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998 yang mengakibatkan lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan, hukuman dari WTO (Organisasi dagang dunia) juga mengakibatkan ditutupnya Timor Putra Nasional. Hak istimewa atas pajak dan bea terhadap PT Timor Putra Nasional inilah yang mengakibatkan produsen asal Jepang dan Amerika untuk menggungat Timor dan akhirnya pemberhentian Mobil Timor.

Spesifikasi Timor S515, S515i atau Kia Sephia ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Timor S515/S515i/Kia Sephia
Jenis Sedan
Tipe S515 / S515i
Mesin B5 SOHC(S515), B5-ME DOHC(S515i)
Bore X Stroke 78.0 X 78.4 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator (S515), Injeksi (S515i)
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.360 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.390 mm

0 Response to "Timor S515 S515i"

Post a Comment