Timor S515 S515i (Kia Sephia)


Timor S515i sedan Kia Sephia

Nama Timor sebenarnya merupakan singkatan dari Teknologi Industri MObil Rakyat. Merk mobil ini dimaksudkan untuk menjadi mobil nasional Indonesia yang kurang lebih memiliki konsep yang hampir mirip dengan konsep Proton dari Malaysia. Mobil pertama yang dibuat oleh Timor ini adalah Timor S515 dan Timor S515i yang mengambil rancang bangun Kia Sephia dimana Kia Sephia sendiri bisa dibilang mengambil rancang bangun Mazda Interplay dengan kode sasis BG.



Diluncurkan sekitar tahun 1996, mobil ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia kala itu. Hal ini disebabkan karena harganya yang sangat murah mulai dari 36 juta rupiah dimana mobil minibus pasaran seperti Toyota Kijang saat itu dijual dengan harga 52 juta rupiah. Harga murah ini juga tidak meninggalkan fitur-fitur kemewahan yang sudah terpasang pada mobil Kia Sephia karena adanya insentif pajak. Timor sendiri adalah sebuah brand mobil nasional yang perusahaannya (PT Timor Putra Nasional) diketuai oleh Hutomo Mandala Putra atau yang lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto. Lahir dijaman orde baru membuatnya tidak mengherankan kalau bisa dijual murah seharga mobil kelas dibawahnya lengkap dengan payung hukum Inpres no 2 tahun 1996. Padahal pada waktu itu mobil ini masih diimpor utuh dari Korea Selatan dan baru produksi Indonesianya dilakukan setelah pabriknya di Cikampek, Jawa Barat berdiri setahun setelahnya.

Timor dijual dalam 2 varian yaitu Timor S515i atau Timor DOHC dan Timor S515 atau Timor SOHC dimana keduanya berbentuk sedan 4 pintu. Perbedaan paling utama dari kedua mobil tersebut adalah Timor S515i memakai mesin injeksi sementara Timor S515 memakai mesin karburator serta beberapa aksesoris lainnya. Timor S515i tidak dilengkapi dengan tilt steering, power windows terutama spek taksi, lampu bagasi dan electric mirror yang semuanya tersedia pada Timor S515i injeksi. Selain itu, bentuk doortrim pada keduanya juga berbeda. Meski begitu, fitur keselamatan pada keduanya tidak ada perbedaan seperti side impact beam serta bel yang berbunyi ketika sabuk pengaman tidak dipakai

Seperti yang disebutkan diatas, pada dasarnya baik Timor S515 maupun Timor S515i memakai mesin yang sama hanya saja beda head dan sistem pemasok bahan bakarnya saja. Mesin yang digunakan Timor S515i adalah B5-ME dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1500cc. Untuk Timor S515 memakai mesin dengan kode B5 yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 16 valve berkapasitas 1500cc. Kedua mesin Kia ini pada dasarnya adalah turunan mesin B series milik Mazda yang juga terpasang pada Ford Laser. Untuk menggerakkan roda depan, tenaga mesin mobil ini dihubungkan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Selain sedan 4 pintu, Timor S515 juga dibuat dalam beberapa varian bodi khusus yang semuanya tidak ada varian dari Kia Sephia dan hampir semuanya dibuat oleh perusahaan karoseri lokal. Beberapa varian bodi tersebut antara lain Timor SW515i station wagon dari New Armada, Timor stretchted sedan atau limosin, bahkan Timor WRC yang merupakan proyek WRC Timor dimana mobil Timor didandani oleh Prodrive Inggris dengan ciri spek Group A dan 2 pintu yang konon unitnya masih berada di Inggris sebagai mainan David Richard sang pemilik Prodrive. Varian spesial dari Timor S515i adalah Timor S515i LE dimana LE konon merupakan singkatan dari Limited Edition meski beberapa sumber mengatakan kalau namanya adalah S515i SE yang bermakna Special Edition. Timor S515i LE ini memakai mesin yang sudah dioprek, suspensi dengan tuning khusus, velg Compomotive lokal yang bentuknya mirip OZ 16 inch serta bodykit yang dibuat oleh bengkel bodikit Itech, Bandung. Tidak lupa, terdapat plakat yang menandakan kalau Timor S515i LE ini adalah asli lengkap dengan tanda tangan Tommy Suharto.

Timor S515i LE special Limited Edition




Karena murah, tidak heran kalau kemudian mobil Timor juga cukup populer digunakan untuk balapan. Pembalap senior, Fitra Eri misalnya mengawali karir balapnya menggunakan sebuah Timor S515i. Tidak hanya pembalap professional, pembalap amatir bahkan kelas selebritis sampai pejabat-pejabat orde baru juga sering ikut serta dalam balap OMR Timor disirkuit Sentul. Untuk membantu pembalap dalam menyiapkan mobil balap Timornya, Timor juga mendirikan divisi racing yang bernama Timor Sport Division atau TSD yang bermarkas dibawah tribun C sirkuit Sentul. TSD juga menjual Timor yang siap balap seperti Timor S515i Rally GR2 dengan harga 70 juta rupiah pada tahun 1997. Modifikasi yang dilakukan TSD pada Timor ini antara lain stroke up 1600cc, kruk as 8 bandul, piston CR, gearbox dengan final gear 4.7, roll cage, shockbreaker reli, reinforcement sasis, ban rally, jok racing bucket beserta dengan seatbelt standar rally. Timor GR2 ini diracik oleh tuner tanah air seperti alm. Johny Pramono dan direktur teknik Timor alm. Suparto Sujatmo yang kelak juga mendesain Timor S213i.


Meskipun cukup dicintai karena terjangkau bagi sebagian rakyat Indonesia, namun mobil ini juga mengalami kejadian pahit terutama ketika kerusuhan Mei 1998 berkecamuk. Dealer Timor dan mobil-mobil Timor banyak dijadikan sasaran amukan warga yang memprotes untuk menurunkan presiden Soeharto karena dianggap kental dengan nuansa orde baru meskipun pemilik mobil Timor tersebut bukanlah pendukung orde baru. Emblem Timor dihilangkan karena sebagian pemilik mobil ini enggan mati konyol diamuk massa hanya karena mengendarai mobil ini. Emblem dihilangkan dengan harapan agar pemilik mobil ini selamat dari amukan massa. Karena itu kalau tidak tampil polosan tanpa emblem, mobil-mobil Timor ditengah kerusuhan tersebut juga memakai emblem KIA yang memang menjual Sephia dengan logo Kia setelah tutupnya Timor.

Sayangnya, proyek mobil nasional Timor termasuk Timor S515 ini harus terhenti total karena berbagai perkara. Selain krisis moneter dan kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998 yang mengakibatkan lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan, hukuman dari WTO (Organisasi dagang dunia) juga mengakibatkan ditutupnya Timor Putra Nasional. Hak istimewa atas pajak dan bea terhadap PT Timor Putra Nasional inilah yang mengakibatkan produsen asal Jepang dan Amerika untuk menggungat Timor dan akhirnya pemberhentian Mobil Timor. Meski begitu, Timor tidak mati dan masih bertahan sampai sekitar 2002 dan akhirnya menghilang sampai sekarang.

Spesifikasi Timor S515 dan Timor S515i ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Timor S515/S515i/Kia Sephia
Jenis Sedan
Tipe S515 / S515i
Mesin B5 SOHC(S515)
B5-ME DOHC(S515i)
Bore X Stroke 78.0 X 78.4 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator (S515)
Injeksi (S515i)
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.360 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.390 mm

Comments

  1. Sebelum membeli, anda tidak boleh mengabaikan maklumat mengenai harga proton x50 price!

    ReplyDelete

Post a Comment