Marvia Porsche 911

marvia mazda porsche 911

Marvia adalah sebuah produsen kit car atau mobil replika asal Indonesia. Pendiri perusahaan mobil ini adalah Marvy Apandi dengan dukungan dari pihak ATPM Indomobil yang memproduksi Mazda dan Suzuki pada saat itu. Karena itulah banyak mobil Suzuki dan Mazda yang dirombak menjadi kit car oleh Marvia. Salah satu mobil replika dari Marvia yang terkenal adalah Marvia Porsche 911 yang berbasis Mazda MR90.


Marvia Porsche 911 adalah kit car atau mobil replika berbasiskan Mazda MR90. Berbeda dengan Porsche 911 asli yang bermesin belakang dengan turbo, mobil Marvia ini masih menggunakan mesin dan layout yang sama dengan Mazda MR90 yaitu mesin UC 1400cc yang berada didepan dengan gerak roda belakang. Sistem suspensi dan pernik kaki kaki sampai velg standar mobil ini juga masih sama persis dengan Mazda MR90. Dashboard dan interior yang digunakan mobil ini juga sama persis dengan Mazda MR90. Seluruh bagian body yang mirip dengan Porsche 911 ini terbuat dari fiberglass sehingga aman dari karat.


Walaupun hanya sebuah replika, namun kenyataanya ada beberapa part yang asli dari Porsche yang menempel pada mobil ini. Part Porsche ini bisa didapatkan dan ditempelkan ke mobil ini karena dulu Porsche sempat akan kerjasama dengan Indomobil untuk merakit 911 disini supaya bisa dijual murah. Saat itu 911 Carrera 2 CKD di Indonesia akan dijual sekitar 400 juta dan sudah muncul iklannya di koran dan majalah. Ini termasuk murah karena mobil mewah seperti  BMW E38 750iL sendiri hanya sekitar 200 jutaan. Part Porsche ini kemudian digabungkan dengan sisa Mazda 323 atau Mazda MR90 yang sedang dikembangkan oleh Indomobil pada saat itu.

Mobil ini dibuat oleh seorang Executive Director Indomobil bernama Marvy Apandi yang juga merupakan seorang pehobi mobil replika. Sebenarnya selain replika 911 ini Marvia juga membuat mobil replika lain seperti Rolls Royce Silver Ghost dan replika Jaguar SS100. Selain itu Marvia juga membuat mobil mobil terbuka lain untuk keperluan wisata berbasis Suzuki Katana. Karena Posrche 911 akan terlihat aneh jika memakai sasis Katana maka dipilihlah Mazda MR90 sebagai basisnya. Lagipula karena bapak Marvy Apandi sendiri adalah petinggi Indomobil jadi sah sah saja menggunakan Suzuki Katana ataupun Mazda MR sebagai basis mobil buatannya.

Marvia 911 ini menurut beberapa sumber hanya diproduksi sekitar 50 unit saja. Merk Marvia sendiri sempat dijual resmi di outlet Indomobil pusat di MT Haryono Jakarta. Logo Marvia terpasang di dinding bangunan bersanding dengan merk jualan yang lain seperti Suzuki dan Mazda. Namun ternyata, merk ini sempat menjadi masalah karena harganya yang murah, membuat orang tertarik membelinya agar surat-suratnya bisa dipakai ke Porsche 911 asli yang masuk secara illegal atau selundupan.

Imbas dari adanya mobil ini, baik Mazda maupun Porsche kecewa pada Indomobil. Porsche akhirnya batal masuk ke Indonesia secara CKD dan baru masuk kembali pada tahun 2000an dengan menggandeng Eurokars Indonesia. Bentuk kekecewaan Mazda dan Porsche ini akhirnya membuat Indomobil harus membayar penalti yang besar jumlahnya. Dan akhirnya sejak saat itu juga PT. Marvia Graha Motor tutup hampir bersamaan dengan krisis moneter tahun 1997 1998 di Indonesia.

Spesifikasi Marvia Porsche 911 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Marvia Porsche 911
Jenis Sports
Tipe Porsche 911
Mesin UC OHC 1415cc
Bore X Stroke 77.0 X 76.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

1 Response to "Marvia Porsche 911"

  1. Sy lagi cari marvia porsche bagi yg sudah bosan mau jual bisa hub w.a sy 081335373778

    ReplyDelete