Daihatsu Charade Classy G102

Daihatsu Charade Classy G102

Daihatsu Charade Classy G102 adalah varian sedan Daihatsu terakhir yang diperkenalkan di Indonesia. Daihatsu Charade Classy G102 ini merupakan varian sedan dari Daihatsu Charade CX Winner G100 yang berbentuk hatchback. Mobil yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1990 ini didesain oleh  Hiroshi Aoki dan rekannya, Hideyuki Ueda yang bekerja sebagai chief stylist di Daihatsu.

Dilahirkan sebagai Daihatsu CX Winner G100 sedan, Daihatsu Classy ini juga mempunyai kesamaan dengan model hatchbacknya terutama Charade Winner. Berbekal mesin 1300cc Daihatsu seri HC-C 4 silinder 16 valve yang sama dengan yang dipakai angkot Daihatsu Zebra. Karena mesinnya juga dipasang ke mobil barang yang sering dijadikan kuda beban, tidak heran kalau Daihatsu Classy lumayan kencang dijalan karena mesinnya hanya perlu membawa body Classy yang lebih ringan. Dibandingkan dengan kompetitornya seperti Suzuki Esteem, mesin Daihatsu Classy lebih kencang karena sudah menganut 16 valve walaupun sama sama masih SOHC dan karburator. Mesin HC-C ini menghasilkan tenaga maximum sebesar 89 Hp pada 6500rpm dan torsi 105Nm pada 4000rpm. Tidak buruk untuk mobil sedan kecil tahun 1990an awal.


Terdapat beberapa perbedaan Daihatsu Classy dari pertama kali muncul pada tahun 1990 sampai stop produksi tahun 1998. Semua Daihatsu Classy terdapat tulisan SG Saloon di bagian belakang. Pertama kali muncul, Daihatsu Classy dilengkapi dengan velg racing 13inch 5 palang namun ada juga yang hanya dilengkapi dengan velg kaleng. Pada tahun 1994 sampai 1996 Daihatsu melakukan facelift terhadap Classy dengan nama Classy Pro. Perbedaanya terdapat pada penambahan spoiler belakang. Pada facelift ini grill depan juga berbeda bentuknya dengan Classy tahun 1990 sampai 1993. Jika pada Classy pertama grill depan berbentuk palang di Classy Pro bentuk grill berubah menjadi model jaring. Facelift terakhir Daihatsu Classy terjadi pada tahun 1996 dimana facelift ini disebut juga dengan nama Classy Royal. Perbedaanya dengan Classy Pro tidak banyak hanya saja pada Classy Royal ada penambahan jok kulit dan warna body 2 tone.

Daihatsu Charade Classy pro G102

Secara fitur, Daihatsu Classy ini sangat lengkap jika dibandingkan kompetitor dan harga jualnya (asal tidak dibandingkan dengan mid size sedan tentunya). Rata rata Daihatsu Classy dijual antara 25juta hingga 40juta tergantung kondisi dan kelengkapannya. Fitur fitur yang ada di Daihatsu Classy ini antara lain power steering, power window dan central lock yang sudah ada dari pabriknya. Selain itu, spion Daihatsu Classy juga sudah dilengkapi dengan electrick mirror atau spion elektrik sehingga memudahkan pengaturan spion. Urusan pengereman, bagian depan dipercayakan pada disk brake atau rem cakram sedangkan bagian belakang masih teromol.

Kelebihan Daihatsu Classy adalah harganya lumayan murah. Kadang untuk keluaran 1991 kondisi lumayan siap pakai cukup ditebus dengan harga 30 juta rupiah saja. Selain itu sparepart mesin lumayan murah dan banyak bertebaran karena mesinnya sama dengan Daihatsu Zebra. Perawatannya juga lumayan mudah. Tenaga Daihatsu Classy juga lumayan untuk ukuran 1300cc keluaran 1990an karena mesinnya sudah 16 katup walau masih SOHC karburator. Walau tenaganya besar, konsumsi BBM mobil ini juga masih bisa dibilang irit. Tercatat sekitar 1:12 untuk dalam kota dan 1:16 untuk luar kota dengan catatan mesin sehat.

Untuk kelemahannya, Daihatsu Classy ini entah mengapa sering rusak pada daerah kaki kaki terutama tie rod, bushing arm, as stir dan shockbreaker. Kaki kaki juga tergolong kurang nyaman dan keras apabila sudah ada part yang minta ganti. Bagi sebagian orang, bentuk fender belakang mobil ini aneh karena bentuknya bukan setengah lingkaran sempurna, sehingga harus berfikir ulang jika ingin mengganti ban dengan tapak yang lebih lebar.

Spesifikasi Daihatsu Charade Classy G102 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Charade Classy G102
Jenis Sedan
Tipe G102
Mesin HC-C SOHC 1295cc
Bore X Stroke 76 X 71.4 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.339,3 mm
Panjang 4.053,8 mm
Lebar 1.615,4 mm
Tinggi 1.384,3 mm

7 Responses to "Daihatsu Charade Classy G102"

  1. Gue m cari spion daehatsu classy sblh kanan dikota semarang,tempat jualnya dimana ya.... Mhn konfirmasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau toko fisik kurang tau... coba cari2 di group atau komunitas pengguna charade

      Delete
    2. Saya punya spion kanan kiri classy 93 warna putih gan. Thx

      Delete