Honda Accord Executive SZ / SY

Honda Accord Executive

Di Indonesia generasi kedua dari Honda Accord adalah Honda Accord Executive. Dibandingkan dengan generasi pertamanya, Honda Accord Executive ini memiliki wheelbase yang lebih panjang 70mm dibanding pendahulunya. Mobil ini diperkenalkan tahun 1981 dan sejak saat itu (1982) menjadi mobil Jepang dengan penjualan terbaik di Amerika Serikat selama 15 tahun.

Untuk pasar Indonesia, mesin yang digunakan adalah versi 1600cc. Mesin E series ini masih menggunakan teknologi SOHC 8 Valve dengan pengabut bahan bakar karburator. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 78 hp pada 5000Rpm dan torsi 125Nm pada 3000Rpm. Pada awalnya, Honda Indonesia hanya memberikan pilihan mesin 1600cc dengan transmisi manual 5 percepatan saja pada model pra facelift atau dikenal dengan kode SZ. Pada model Facelift atau dikenal dengan kode sasis SY, Honda mulai memperkenalkan varian transmisi otomatis 4 percepatan walau mesinnya masih tetap menggunakan mesin 1600cc.

Honda Accord Executive ini mengalami facelift pada tahun 1985. Perbedaan di eksterior ada pada moncong depan yang sedikit agak maju pada Accord Executive sampai tahun 1984 sedang untuk tahun 1985 bentuknya rata hampir mirip Accord Prestige. Pada bagian belakang, lampu belakang Accord Executive sebelum facelift sedikit diberi smoke atau gelap sedangkan Accord Executive facelift lampu belakang lebih cerah. Selain itu terdapat perbedaan berupa penambahan fitur terutama fitur elektronik.

Selain kosmetik minor, Honda juga menambahkan beberapa fitur canggih pada generasi Accord Executive facelift ini. Sesuai dengan namanya yang Executive class. Honda Accord Executive dilengkapi beberapa fitur ala kelas eksekutif  sebut saja AC, power window, power steering, central door lock, electric mirror. Interior berwarna coklat khas mobil 80annya sudah lumayan mewah dijamannya. Untuk kenyamanan, rasanya mobil ini lebih nyaman dibanding pesaingnya seperti Toyota Corona dan bahkan dari Honda Accord Prestige yang merupakan penerus generasi Accord Executive ini.

Kelebihan Honda Accord Executive ini ada pada mesinnya yang lumayan kencang dan irit bahan bakar. Memang tidak terlalu kencang dan irit karena mobil ini peruntukannya bukan untuk berlari kencang atau irit seperti kelas dibawahnya. Namun untuk ukuran mobil sekelasnya, performa mesinnya rata rata. Konsumsi bahan bakarnya kala kondisi mesin sehat bisa mencapai 1:10 untuk dalam kota dan 1:12 untuk rute luar kota tergantung cara mengemudi. Untuk kenyamanannya juga baik karena suspensinya lembut dan jok yang empuk dan terasa pas.

Kelemahan untuk mobil yang kini usianya lebih dari 30 tahun ini adalah karat yang sering menyerang sudut sudut mobil. Perhatikan dibalik lis kaca sampai kolong karena rawan. Kaki kakinya walaupun termasuk kategori mobil Honda yang paling bandel, namun perlu waspada apalagi jika sering melibas jalan rusak. Sparepartnya sendiri memang agak murah apalagi yang KW, namun kalau sering sering rusak juga akan memakan biaya yang mahal.

Spesifikasi Honda Accord Executive SY ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Accord Executive SY
Jenis Sedan
Tipe SZ / SY
Mesin EL SOHC 1602cc
Bore X Stroke 74.0 X 93.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 speed
Wheelbase 2.450 mm
Panjang 4.410 mm
Lebar 1.650 mm
Tinggi 1.375 mm

0 Response to "Honda Accord Executive SZ / SY"

Post a Comment