Honda Civic Excellent

Honda Civic Excellent

Honda Civic Excellent adalah generasi ke 2 dari Honda Civic yang mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1980 menggantikan Honda Civic Hi Deluxe. Mobil ini dinamakan Civic Excellent mungkin karena stiker Excellent yang tertempel di kaca belakang diatas tulisan Honda Civic. Di belahan dunia lain, mobil ini dikenal juga sebagai Triumph Acclaim (Inggris) untuk versi sedannya.


Di Indonesia, hanya model hatchback 5 pintu yang dijual. Padahal diluar sana ada versi sedannya yang diberi nama Honda Ballade dan versi liftback 5 pintu yang dijual dengan nama Honda Quint sampai station wagon dan hatchback 3 pintu. Sepintas, Honda Civic Excellent ini bentuknya hampir mirip dengan Honda Civic generasi pertama. Jika dilihat lebih detail lagi, baru terlihat kalau mobil ini lebih lebar dan besar dibandingkan dengan Civic sebelumnya.

Mesin yang digunakan mobil ini adalah Honda EN SOHC 8 Valve 4 silinder. Mesin berkapasitas 1300cc ini sudah termasuk canggih dijamannya walaupun sama-sama masih memakai karburator seperti kebanyakan mobil saat itu. Konfigurasi cam mobil ini sudah menganut SOHC sementara masih banyak pesaingnya yang memakai teknologi OHV. Walaupun diturunkan menjadi hanya 1300cc dari yang sebelumnya 1500cc, namun tetap saja mesin mobil ini termasuk kencang di kelas dan jamannya. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sekitar 67Hp pada 5000Rpm dan torsi 104Nm pada 3000Rpm. Untuk transmisinya digunakan manual 5 percepatan atau otomatis 3 percepatan yang dinamai Honda dengan nama Hondamatic.

Ukuran mobil ini makin membesar dibandingkan dengan Civic Hi Deluxe. Wheelbasenya memanjang sekitar 120mm sementara panjang keseluruhannya bertambah 100mm. Desain keseluruhan mengikuti garis desain Honda Accord generasi pertama yang memang terlihat sangat antik. Desain hatchback seperti ini juga mempengaruhi hatchback pabrikan jepang lainnya seperti Toyota Starlet KP61. Pertama kali muncul, mobil ini dilengkapi dengan lampu sepasang bulat didepan dan bumper depan berupa besi yang ditambah penutup di samping kanan kirinya. Pada tahun 1982 muncul facelift dengan meninggalkan lampu bulat dan menggantinya dengan lampu kotak dan bumper one piece walaupun bentuknya hampir mirip. Untuk bagian interior, dashboard yang digunakan juga berbeda.

Kelebihan Honda Civic Excellent adalah konsumsi BBM yang lumayan irit. Rata-rata bisa 1:10 lebih asalkan mesin sehat. Selain itu, mesinnya mempunyai tarikan yang ringan berkat teknologi SOHC yang digunakannya. Urusan handling, mobil ini terkenal gesit dan lincah dijalanan. Bahkan konon handling mobil ini malah lebih baik dibandingkan dengan Honda Civic Wonder yang notabene merupakan pengembangan dari Civic Excellent.

Kelemahan Honda Civic Excellent adalah karat yang sepertinya sudah menjadi "fitur" sejak Civic generasi pertama. Untuk sparepartnya masih lumayan walau beberapa sudah mulai langka. Harga mobil ini tergolong sangat murah karena selain umurnya yang sudah tua juga karena model retro yang bukan selera banyak orang. Karena itulah banyak Honda Civic Excellent yang akhirnya berakhir dikampakan karena salah urus atau masih jalan dengan kondisi ala kadarnya. Kini untuk mencari Civic Excellent dengan kondisi yang sesuai dengan namanya menjadi sangat sulit dan kalaupun ada, harganya kadang bisa diatas Civic Wonder.

Spesifikasi Honda Civic Excellent EN1 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic Excellent EN1
Jenis Hatchback
Tipe EN1
Mesin EN SOHC 1355cc
Bore X Stroke 72.0 X 82.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis Hondamatic 3 Speed
Wheelbase 2.320 mm
Panjang 3.830 mm
Lebar 1.580 mm
Tinggi 1.350 mm

18 Responses to "Honda Civic Excellent"

  1. Dari minggu kemaren, tiap hari browsing mobilmotorlama.com melulu. Akhirnya dapet juga referensinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk makasih kunjungannya... jdi nggak enak dri kemarin nggak update gra2 jadi pengacara (penganguran banyak acara)

      Delete
  2. Mesinnya 3 silinder apa 4 silinder yg benar bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Civic ini mesinnya 4 silinder. mesin mobil Honda 3 silinder cuma ada 660cc (E0 series sama P series) dan hanya untuk pasar Jepang (JDM).

      Delete
  3. Yg sudah di up grade ada ga ya buat refrensian gitu....?

    ReplyDelete
  4. Yg sudah di up grade ada ga ya buat refrensian gitu....?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. yang 1500cc civic sebelum ini sama wonder 4 pintu keatas

      Delete
  6. mau beli Honda th82 exelen takut gampang rusak .kira2mahal gak
    onderdilnya.enak corona 85atau civix exelen 82

    ReplyDelete
    Replies
    1. onderdil keduanya sih relatif sama. urusan bodi sama kaki-kaki harus jeli soalnya mobil jepang umur segitu biasanya udah pada keropos. part bodi sama kaki-kaki biasanya udah langka makanya susah dan mahal lain cerita kalau mesin. urusan part mesin rasanya juga lebih banyakan corona (4a series masih banyak yang sama dengan Soluna keluaran 2003) dibanding honda sebelum mesin d series. kalau mau pelihara mobil ini paling nggak gabung sama komunitasnya karena disana biasanya ada yang jualan part2 langka

      Delete
  7. Halo pak Charis terima kasih untuk artikel nya sangat berguna. saya ada pertanyaan civic excellent indonesia berapa percepatan ya transmisi nya? 5 atau 4 speed?

    ReplyDelete
    Replies
    1. manual 5 speed atau kalau matic 3 speed namanya hondamatic

      Delete
  8. Karburator yang cocok buat excellent thn 80 apa ya bos
    Soalnya punyaku udah banjir gak bisa dibenerin

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain karburator aslinya sih, mungkin karbu kijang 5k?

      Delete
  9. mohon info yg tipe hondamatic dong... cari referensinya sudah banget. yang 3 speed. kebetulan miara excellent matic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu ya, saya juga tanya-tanya soal matic pertama honda ini... sejarahnya sih honda minta transmisi matic buat honda N360/N600 ke borg warner cuma karena kekecilan akhirnya ditolak. nggak menyerah akhirnya honda beli transmisi matik borg warner buat disederhanakan dan diperkecil biar bisa pas di honda n360/n600 juga bisa terpasang di motor honda cb750 night hawk

      Delete