Nissan Sentra RZ-1 Coupe B12

Nissan Sentra Coupe 2 pintu RZ-1

Platform Nissan Sunny (Sentra) dengan kode B12 pertama kali muncul pada tahun 1985 di Jepang dan terbagi menjadi beberapa bodi seperti sedan 4 pintu sampai sport coupe 3 pintu. Versi sport coupe 3 pintu atau yang lebih sering disebut 2 pintu Nissan Sentra B12 ini pernah masuk ke Indonesia pada tahun 1988. Di luar sana mobil ini lebih dikenal dengan nama Nissan Sunny RZ-1 sementara di Indonesia cukup dengan nama Nissan Sentra Coupe. Nama RZ-1 sendiri merupakan singkatan dari Runabout Zenith One yang dipakai untuk membedakan mobil ini dengan sport car Nissan Fairlady Z. Dalam serial televisi "Tuyul dan Mbak Yul", mobil ini sering dipakai oleh tokoh Mbak Yul.


Mesin yang dipakai mobil ini adalah Nissan CA16DE 4 silinder yang berkapasitas 1600cc DOHC 16 valve multiport injection tanpa turbo. Mesin dengan rasio kompresi 10:1 ini sanggup menghasilkan tenaga sekitar 122Hp pada 6400Rpm dan torsi 138Nm pada 5200Rpm. Di Indonesia, mesin seri CA ini merupakan versi paling kencang yang hadir di Indonesia. Di brosur iklannya saja Nissan berani menuliskan "Dengan mudah mencapai 200 km/jam" dengan ukuran font yang lumayan besar. Meski begitu, diatas kertas tenaga yang dihasilkan dirasa kurang dibanding mesin Corolla GTi dan Lancer GTi. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Untuk menggerakkan roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Secara bentuk, Sentra coupe ini mengikuti bentuk Nissan Sunny B12 yang memiliki bentuk keseluruhan kotak. Bentuk coupe mobil ini sebenarnya tidak berupa coupe 2 pintu murni, melainkan lebih kearah hatchback atau fast back karena pintu bagasinya menyatu dengan kaca belakang dan kaca belakangnya landai. Pilar B mobil ini terlihat tipis namun pilar C terlihat tebal membuat kesan luarnya terlihat seperti mobil dengan pintu frameless jika pilarnya dicat hitam. Kaca belakangnya membentuk bidang melengkung yang membuat penampilan hatchbacknya tersembunyi. Di pinggiran dalam lampu utamanya terdapat foglamp bulilt in seperti yang sering kita jumpai pada Kijang kapsul keluaran pertama. Sepintas dengan bodi serba kotaknya, mobil ini terlihat seperti Toyota AE86 Levin.

Fitur mobil ini cukup lengkap. Dari pabriknya, sudah ada beberapa fitur elektronik yang kini sudah umum dipakai mobil jaman sekarang seperti AC, power steering, power window, radio/tape dengan pemutar kaset dan electric mirror. Untuk keselamatan, keempat rodanya sudah memakai rem cakram. Pada bagian kaki-kakinya sudah menganut suspensi macpherson strut independen dan dilengkapi dengan stabilizer. Dibagian kaca belakangnya, sudah ada wiper belakang. Jok depan mobil ini sudah memakai jok model semi bucket yang dilapisi material fabric. Mobil ini sebenarnya dapat mengangkut 4 orang penumpang. Namun karena jok belakangnya yang terasa sempit dan akses keluar masuknya yang agak susah, jok belakangnya sepertinya lebih pas diduduki anak kecil.

Kelebihan Nissan Sentra Coupe ini ada pada bentuknya yang jarang dan tidak lazim di Indonesia. Walaupun masih serba kotak, namun disitulah letak seni dan pesonanya yang sangat kental aura sport car retro JDM. Tenaga mesinnya walau lebih kecil dibandingkan pesaingnya, namun dengan berat kosong hanya 1080Kg membuatnya lumayan lincah bermanuver dan berakselerasi lebih cepat. Terakhir, entah ini bisa menjadi kelebihan atau bukan, tapi banyak yang bilang ciri mobil Nissan jadul di Indonesia harga barunya mahal kemudian menjadi sangat murah dan kemudian berubah menjadi sangat mahal kala populasinya semakin sedikit.

Kelemahan mobil ini mungkin ada pada sparepart mesin dan bodi yang jarang. Wajar saja karena mobil ini hanya hadir di Indonesia antara tahun 1988 sampai sekitar 1990. Untuk mensiasati mesinnya, ada yang mengganti mesinnya dengan mesin Nissan Sunny B13 atau Sentra yang lebih murah dan ekonomis. Bagi yang tetap mendambakan performa, ada yang mengganti mesinnya dengan SR20DE FWD yang berasal dari Nissan Pulsar sampai Infiniti G20. Lainnya ada pada tempat duduk yang berkonfigurasi 2+2 yang berarti sangat sempit dibelakang untuk ukuran orang dewasa.

Spesifikasi Nissan Sentra RZ-1 Coupe B12 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Sentra RZ-1 Coupe B12
Jenis Hatchback
Tipe B12 RZ-1
Mesin CA16DE DOHC 1598cc
Bore X Stroke 78.0 X 83.6 mm
Sistem Bahan Bakar Multiport Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.430 mm
Panjang 4.230 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.325 mm

1 Response to "Nissan Sentra RZ-1 Coupe B12"