Suzuki Jimny Jangkrik LJ80V

Suzuki Jimny Jangkrik modif offroad

Kecil kompak ringan namun handal di jalanan yang tidak layak disebut jalan itulah inti dari Suzuki Jimny. Suzuki Jimny pada awalnya merupakan mobil merk HopeStar yang kebanyakan mekanikanya berasal dari Mitsubishi yang lisensinya dibeli oleh Suzuki pada tahun 1968. Di Indonesia mobil ini menjadi mobil pertama produksi Suzuki Indonesia selain Suzuki Carry ST20 setelah pabrik Suzuki di Bekasi dibuka pada tahun 1978. Di beberapa daerah, jip kecil ini memiliki julukan Jimny Kotrik atau Jimny Jangkrik.


Suzuki Jimny pertama kali muncul di Jepang pada bulan April tahun 1970 dan menjadi kei car dengan penggerak roda pertama yang diproduksi masal di Jepang. Beda dengan HopeStar yang merupakan moyangnya ada pada desain bodi dan grill vertikal yang diganti oleh Suzuki. Mesinnya sendiri juga sudah memakai mesin buatan Suzuki. Model pertama Suzuki Jimny ini memiliki kode LJ10. Pada tahun 1972 muncul facelift dengan grill horizontal dan tambahan lampu senja diatas lampu sein seperti yang kita kenal selama ini. Mesin yang dipakai sudah memakai pendingin air walau masih tetap 360cc. Versi facelift ini memiliki kode LJ20 dan menjadi model Jimny pertama yang dijual diluar Jepang walau melalui importir umum.


Tahun 1976 bersamaan dengan berubahnya regulasi kei car, Suzuki Jimny mendapatkan update berupa mesin 3 silinder berkapasitas 660cc. Di Jepang sendiri versi ini dijual dengan nama Jimny 55 dengan kode SJ10. Baru pada 1978 Suzuki akhirnya menjual Jimny ke penjuru dunia seperti Indonesia secara CKD. Versi ekspor ini memakai mesin Suzuki F8 4 silinder 800cc dan memiliki kode SJ20 walau lebih dikenal dengan kode LJ80 karena merupakan perubahan ke 8 Suzuki Jimny. Versi ekspor ini bisa dibilang selangkah lebih maju dibandingkan versi JDM karena pada versi JDM mesin yang digunakan seluruhnya masih 2 tak. Selain itu versi JDM meletakkan ban cadangannya didalam kabin sehingga Jimny JDM hanya muat 3 orang penumpang. Ini dikarenakan Suzuki Jimny masuk kedalam kategori kei car dimana dalam regulasinya menyaratkan panjang keseluruhan maksimum.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Suzuki Jimny versi ekspor seperti yang masuk ke Indonesia ini memakai mesin Suzuki F8 4 silinder segaris SOHC berkapasitas 800cc. Mesin ini menjadi mesin mobil 4 tak pertama Suzuki dengan tenaga maksimum yang bisa dihasilkan hanya 41Hp pada 5500Rpm dan torsi 60Nm pada 3500Rpm. Untuk pengabutan bahan bakar masih diandalkan sebuah karburator. Untuk menggerakkan keempat rodanya, digunakan transmisi manual 4 percepatan. Kelak, mesin ini dikembangkan lagi menjadi F10A yang banyak dipasang ke berbagai mobil Suzuki dan menjadi mesin legendaris karena reliabilitasnya.

Suzuki Jimny ini sebenarnya hadir dalam berbagai macam tipe. Vesi hardtop seperti yang dirakit Suzuki di Indonesia memiliki kode LJ80V. Versi kanvas atau soft top memiliki kode LJ80Q. Kemudian ada versi tanpa atap atau cab chassis dengan windshield yang bisa dimiringkan memiliki kode LJ80. Terakhir ada versi pick up dengan kode LJ81. Semua selain versi hardtop tidak dirakit dan dijual di Indonesia. Namun memang karena orang Indonesia itu kreatif, banyak yang memodifikasinya dengan memotong bodinya. Fitur semua variannya sama dengan tanpa adanya power steering, Ac dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Kelebihan utama mobil ini ada pada sistem gerak 4WD yang dimilikinya. Selain itu mesin yang diusung walau memiliki kelemahan terbesar berupa kurangnya tenaga, namun mesin ini terkenal bandel jarang rusak. Harga spare partnya juga lumayan murah dan masih lumayan banyak begitu juga dengan aksesorisnya. Konsumsi bahan bakarnya bisa sangat irit jika masih serba standar karena hanya 800cc. Selain tenaga kurang, kelemahan lain mobil ini ada pada suspensinya yang terkenal keras dari jaman Jimny pertama sampai Jimny terbaru. Ini kemungkinan disebabkan oleh kaki kaki yang dibuat rigid agar mampu melewati jalanan rusak. Kemampuan offroadnya masih cukup oke namun perlu sering stel karburator dan sering banjir kala parkir miring.

Sekitar 10 tahun yang lalu, harga mobil ini cukup murah karena 8 juta saja sudah dapat. Namun mungkin karena trend retro dan off road membuat harga mobil ini menjadi gelap dan tidak jelas. Kebanyakan yang masih beredar di jalanan paling tidak sudah diganti bannya dengan ban ukuran besar yang sayangnya membuat kemampuan larinya semakin terseok-seok. Walau begitu, mobil ini masih mendapat tempat tersendiri di hati para off roader dan Jimny enthusiast karena ukurannya yang kecil namun tangguh dipakai untuk offroad.

Spesifikasi Suzuki Jimny Jangkrik LJ80V ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Jimny Jangkrik LJ80V
Jenis Jip
Tipe LJ80V
Mesin F8A SOHC 797cc
Bore X Stroke 62.0 X 66.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.930 mm
Panjang 3.170 mm
Lebar 1.395 mm
Tinggi 1.685 mm

7 Responses to "Suzuki Jimny Jangkrik LJ80V"

  1. Keren ni..request bahasan jip jip lain seperti Jeep CJ7 atau Toyota Hardtop yg lagi trend lg skg

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. jip lainnya bisa dibaca lewat tag jip di samping kanan atas (kalo pakai smartphone ada dibawah kolom komentar)

      Delete
  2. ada yg mau...?😁 saya ada 2 jangkrik semua, lg mau jual salah satu
    kontak wa saya ya..😍
    081225566078

    ReplyDelete
  3. ada yg mau...?😁 saya ada 2 jangkrik semua, lg mau jual salah satu
    kontak wa saya ya..😍
    081225566078

    ReplyDelete
  4. Numpang Nanya Gan suzuki jimny jangkrik 1981saya mau gsnti dg karbu milik futura.apkh cocok ?dan mohon penjelasan.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung setting karburatornya.toh banyak mobil eropa atau amerika mogokan karbunya dibuang ganti karbu punya kijang yg lebih gampang didapat langsung jalan lagi...

      Delete