Volkswagen Golf MK1 Typ 17

VW Golf MK1

Volkswagen (VW) Golf merupakan hatchback front wheel drive yang pertama kali diperkenalkan di Jerman Barat pada tahun 1974. Volkswagen membuat VW Golf ini untuk menggantikan VW Beetle atau yang populer di Indonesia sebagai VW Kodok yang dirasa sudah terlalu ketinggalan jaman dan kurang cocok dengan kondisi perekonomian Jerman yang mulai bangkit setelah kalah perang dunia kedua. Selain hatchback, VW Golf MK1 ini juga ada versi pickup sampai cabriolet di luar sana. Namun untuk pasar Indonesia, sepertinya hanya hadir versi hatchback 4 pintu saja. Desain mobil ini dibuat oleh Giorgetto Giugiaro dari rumah desain Italdesain Giugiaro. Diluar sana, mobil ini juga dikenal dengan nama VW Rabbit (Amerika Serikat) sampai VW Caribie (Meksiko).


VW Golf dengan kode internal Typ 17 dan dibangun diatas platform Volkswagen Group A1 platform ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1978 melalui ATPM VW saat itu, Garuda Mataram Motor. Menurut info yang beredar, ada sekitar 2000 unit VW Golf generasi pertama yang masuk ke Indonesia. Mobil ini hadir dalam 2 tipe, yaitu Golf S dan Golf LS. Tipe paling mahal Golf ini adalah LS dengan perbedaan ada pada aksesori yang digunakan seperti list bodi, interior dan lis kaca. Selain Golf S dan LS, kemungkinan juga ada VW Golf GTi 2 pintu dan cabrio yang terdampar di Indonesia walau unitnya jauh lebih sedikit dibanding varian 4 pintu yang dijual resmi di Indonesia.


Mobil ini memakai mesin 4 silinder SOHC 2 valve per silinder dengan pendingin cairan berkapasitas 1600cc. Berbeda jauh dengan VW Beetle yang menjadi pendahulunya. Untuk pengabut bahan bakarnya, digunakan karburator. Mesin dari Volkswagen EA827 engine family ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 84Hp pada 5600Rpm dan torsi 125Nm pada 2800Rpm. Dengan berat kosong hanya sekitar 790Kg membuat mobil ini termasuk mobil kencang dijamannya walau belum seberapa jika dibandingkan versi GTi nya. Untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Bicara tentang VW Golf generasi pertama atau MK1 memang tidak bisa lepas dari Golf GTi. Golf GTi ini merupakan versi sport dari VW Golf yang diperkenalkan di Frankfurt Motor Show pada tahun 1975. Golf GTi ini terasa begitu spesial karena menghadirkan suasana baru dalam dunia mobil sport. Mesin yang digunakan Golf GTi ini hampir mirip dengan Golf yang masuk ke Indonesia, yaitu Volkswagen EA827 engine family SOHC 8 valve dengan kapasitas mesin 1600cc juga. Bedanya, Golf GTi ini memakai injeksi K-Jetronic yang membuatnya mampu menghasilkan tenaga sampai 109Hp. Tenaga sebesar itu didapat hanya dari mesin dengan kapasitas murni 1588cc tentunya sudah sangat besar pada waktu itu. Dipadukan dengan beratnya yang tidak sampai 1 ton membuat mobil ini cukup disegani di Eropa sebagai salah satu mobil dengan performa yang besar. Resep dari VW Golf GTi yang berupa mesin bertenaga besar dengan bodi hatchback mungil yang ringan ini kemudian nantinya dikenal dengan sebutan Hot Hatch yang sangat populer di daratan Eropa dan Inggris Raya khususnya.

Kini mobil ini sudah termasuk barang koleksi atau hobi. Harga bekasnya sudah sangat gelap dan tergantung rasa suka si penjualnya. Mobil ini hanya hadir antara tahun 1978 sampai akhir 1978 atau awal 1979 sebelum akhirnya ATPM Volkswagen di Indonesia saat itu, Garuda Mataram Motor kolaps menjelang dasawarsa 80an. Harga barunya pada waktu itu sekitar 6,5 sampai 7 juta rupiah. Cukup mahal pada waktu itu karena sedan sekelas Corolla saja harganya hanya 4 juta. Karena harganya yang mahal inilah membuat VW Golf menjadi mobil hatchback eksklusif pada masanya.

Spesifikasi Volkswagen Golf MK1 Typ 17 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Volkswagen Golf MK1 Typ 17
Jenis Hatchback
Tipe Typ 17
Mesin EA827 SOHC 1588cc
Bore X Stroke 79.5 X 80.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 3.705 mm
Lebar 1.610 mm
Tinggi 1.395 mm

0 Response to "Volkswagen Golf MK1 Typ 17"

Post a Comment