Suzuki Aerio RH415

Suzuki Aerio facelift

Suzuki Aerio merupakan hatchback 5 pintu / mini MPV yang diproduksi oleh Suzuki antara 2001 sampai 2006. Di Indonesia mobil ini pertama kali masuk secara CBU dengan nama Suzuki Liana yang merupakan singkatan dari Life In A New Age pada tahun 2001 dan baru dirakit di Indonesia pada tahun 2002 dengan nama Suzuki Aerio. Di Eropa mobil ini dikenal dengan nama Suzuki Liana sementara di belakah dunia lain seperti Amerika Utara dan Indonesia mobil ini diberi nama Suzuki Aerio.


Mesin yang dipakai mobil ini adalah Suzuki M15A yang kelak juga dipakai Suzuki Swift sampai SX4. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve dengan VVT dan kapasitas 1500cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 100Hp pada 5900Rpm dan torsi 133Nm pada 4100Rpm. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda depan digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Konon versi CBU dari Aerio memiliki tenaga yang lebih responsif dibanding versi CKD karena versi CKD mengalami beragai penyesuaian pada ECU seperti agar dapat memakai bahan bakar berkualitas buruk.


Fitur pada Suzuki Aerio ini tergolong lengkap pada masanya. Fitur standar seperti electric mirror, power steering, power window dan central lock sudah pasti ada untuk ukuran mobil milenia ketiga. Untuk keselamatan, sudah tersedia ABS walau belum ada airbag dan ESC. Pada versi awal (2004 kebawah) speedometer yang digunakan berbentuk digital dengan indikator suhu berupa lampu biru untuk dingin dan merah untuk overheat. Sayang untuk versi selanjutnya speedometer digital ini diganti dengan analog biasa.

Suzuki Aerio untuk versi CKD ini mengalami beberapa kali facelift. Perbedaan antara versi pre facelift (2002 - 2004) dengan facelift (2004 - 2006) antara lain bentuk bumper dimana versi facelift lebih lebar dan sporty dengan bodykit add on. Grill depan juga berbeda dimana versi facelift sewarna bodi dengan posisinya yang lebih kebawah sementara pre facelift berwarna abu-abu dan posisinya lebih keatas. Foglamp sebelum facelift berada di bawah headlamp sementara versi facelift lebih ketengah. Wiper belakang versi facelift dibuat lebih sederhana dan modern dibanding versi sebelumnya. Khusus untuk model sebelum facelift tahun 2002, handle pintu dan garnish belakang diberi warna hitam sedangkan setelahnya diberi sewarna bodi. Untuk model facelift tahun 2005 keatas, lampu belakangnya memakai model ala Toyota Altezza.

Perbedaan Suzuki Aerio

Dibagian Interiornya, versi sebelum facelift memakai speedometer digital dengan indikator temperatur berupa lampu biru dan merah serta rumah speedometer yang lebih kecil. Untuk versi facelift memakai speedometer analog dengan rumah speedometer lebar indikator temperatur biasa. Warna interior pre facelift berwarna beige dan hitam dengan jok coklat sementara faceliftnya berwarna hitam dan silver dengan jok hitam. Versi sebelum facelift tombol electric mirror berada di tengah sementara versi facelift di dashbor sementara selanjutnya berada di doortrim jadi satu dengan power window. Versi facelift juga mendapat tambahan colokan listrik 12v didekat rem tangan dan juga tempat kacamata diplafon bagian sopir.

Kelebihan Suzuki Aerio adalah kelegaan ruang penumpang dan pengemudi yang mungkin terbaik dikelasnya karena mengusung atap yang tinggi. Orang dengan tinggi badan 170 tidak merasa ruang kepala sempit seperti pada hatchback kecil lainnya. Ruang bagasi yang tersedia juga tergolong lapang karena mobil ini hanya 5 penumpang. Harga bekasnya juga termasuk murah berkisar antara 50 sampai 80 jutaan tergantung kondisi. Perawatannya juga tergolong mudah dan murah khas mobil Suzuki.

Kelemahan mobil ini ada pada peletakan air intake pada versi pra facelift yang diletakkan dibawah lampu utama sehingga sangat mungkin terjadi water hammer yang merontokkan mesin seperti ketika banjir 2002 di DKI Jakarta sampai Suzuki harus melakukan recall dan kemudian memindahkan air intakenya keatas bumper. Walau ruang kepala terasa sangat luas, namun ternyata ruang kaki tidak seluas ruang kepala apalagi jok baris keduanya tidak bisa diatur posisi dan jaraknya.

Spesifikasi Suzuki Aerio RH415 ini adalah sebagai berikut:

SpesifikasiSuzuki Aerio RH415
Jenis Hatchback
Tipe RH415
Mesin M15A DOHC VVT 1490cc
Bore X Stroke 78.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.480 mm
Panjang 4.230 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.550 mm

6 Responses to "Suzuki Aerio RH415"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Loh..koq spek nya jadi civic wonder mas..? Hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk... kelupaan nulis speknya (maklum tabel buat speknya pake template)
      udah fix kok sekarang

      Delete
    2. Siip..tetep semangat update blognya mas..

      Delete
  3. ad yg jual kah? wilayah jateng.
    085740350177

    ReplyDelete
  4. punya ecu wiring diagram Suzuki Aerio RH415 gak????

    ReplyDelete