Toyota All New Corolla AE111 & AE112

Toyota All New Corolla AE111

Corolla generasi ke delapan di Indonesia dikenal dengan julukan All New Corolla atau biasa disingkat jadi All New atau ANC. Walau namanya All New, tapi ternyata Corolla ini memakai banyak komponen dari platform Corolla sebelumnya (E100) yang di Indonesia dikenal dengan nama Great Corolla. Ini dikarenakan resesi yang melanda Asia pada pertengahan sampai akhir 90an yang berakibat Toyota meminta Takayasu Honda yang menjadi chief development Corolla ini untuk menghemat ongkos pengembangannya. Mobil ini masuk ke Indonesia pada awal 1996 dan sempat mengalami facelift pada tahun 1998 akhir. Produksi mobil ini sendiri dihentikan pada tahun 2001 sebelum akhirnya digantikan oleh Corolla Altis.


Pertama kali masuk, Corolla dengan kode AE111 ini memakai mesin 4A-FE DOHC 16 valve 1600cc yang masih sama persis dengan Great Corolla. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 115Hp pada 6000Rpm dan torsi 147Nm pada 4800Rpm. Pada akhir 1998 terjadi facelift yang juga mengubah mesin Corolla ini. Mesin versi facelift ini memakai mesin 7A-FE DOHC 16 valve dengan EFI dimana mesin 7A ini menjadi mesin A seriesnya Toyota dengan kapasitas terbesar dengan 1800cc. Mesin 7A ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 120Hp pada 6000Rpm dan torsi 157Nm pada 4400Rpm. Kedua mesin ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan untuk menggerakkan roda depannya.

Sedan yang dirakit di Karawang oleh Toyota Astra Motor mulai tahun 1996 ini sepintas memiliki bentuk yang mirip dengan pendahulunya. Sepintas, ukuran Corolla ini mengecil dibanding Great Corolla yang tingginya kurang dibanding All New Corolla. Lampu depannya belum diamond cut dan ukurannya sedikit lebih pendek dibanding lampu depan Great Corolla. Lampu sein depannya berwarna bening sementara dibagian belakangnya, lampu sein mobil ini berwarna oranye. Bagian belakangnya tidak lagi terdapat garnish panjang karena tempat garnish ini digantikan oleh tempat plat nomor. Bentuk lampu belakangnya juga sedikit mengotak mirip bangun trapesium.

Trim level yang tersedia pada All New Corolla AE111 ini terbagi menjadi 3. Paling rendah sekaligus paling murah harga barunya saat itu adalah XLi. Tipe menengahnya ada tipe SE-G sementara tipe teratasnya ada S-Cruise. Varian XLi sudah dilengkapi dengan power steering, power window, central lock. Pada tipe SE-G, diberi tambahan berupa AC digital, airbag, ABS dan antenna radionya otomatis dibelakang yang muncul setiap radio/tape dinyalakan. Tipe S-Cruise ini sebenarnya sama saja dengan SEG, hanya saja diberi tambahan berupa wood panel, tempat sampah, spoiler belakang, dan emblem Toyota berwarna Emas.

Toyota All New Corolla AE112

Pada akhir 1998, Toyota menghadirkan All New Corolla 1800cc dengan kode AE112 yang merupakan facelift dari versi 1600cc. Perbedaan selain mesin yang lebih besar juga pada tempilannya ada perubahan berupa fascia depan dengan lampu model diamond cut yang lebih membulat dan bagian belakang yang juga ikut membulat dengan lampu yang lebih lebar. Grill juga berubah dimana pada versi 1800cc ini grill terdapat garis vertikal ditengahnya mirip seperti grill Mitsubishi.

Sedikit berbeda dengan AE111, AE112 ini hanya tersedia dalam 2 varian yaitu XLi dan SEG. Tipe SEG ini merupakan tipe paling lengkap karena sudah dilengkapi dengan Airbag, ABS, AC digital dan antena radio otomatis. Pada tipe XLi tidak tersedia semua itu tapi untungnya power window, electric mirror, power steering, dan central lock yang juga terpasang di tipe SEG ada. Selain itu pada tipe XLi side moulding, handle pintu dan list bagasi berwarna hitam sementara tipe SEG sewarna bodi.

Kelebihan All New Corolla ada pada harganya yang biasanya lebih murah dibanding Great Corolla walau tahunnya lebih muda dan dengan kondisi yang sepadan. Sparepartnya tergolong murah dan bertebaran karena mesinnya sudah digunakan sejak jaman Corolla Twincam (E90). Untuk All New Corolla 1800cc, tarikannya lebih nendang karena karakter mesin dengan kode belakang FE milik Toyota berarti memiliki torsi yang lebih ditambah kapasitas mesinnya yang 1800cc membuat torsi lebih besar di Rpm lebih rendah. Bodi mobil ini yang kecil dan enteng (1095Kg) membuat mobil ini lincah dan irit bahan bakar karena dipadu mesin bertorsi lumayan besar untuk sedan sekelasnya.

Kelemahan mobil ini biasanya ada pada handling yang kurang karena dibuat terlalu empuk dan konstruksinya sangat sederhana dibanding mobil sekelasnya. Desainnya yang cenderung kalem biasa saja membuatnya kurang disukai dibanding pesaingnya. Fitur keselamatannya memang lengkap, namun kadang menjadi seperti buah simalakama karena menurut beberapa lembaga keselamatan kendaraan, airbag rata-rata hanya dapat berkembang dengan sempurna kala terjadi kecelakaan sebelum 12 tahunan. Jadi untuk mobil setua ANC yang sudah hampir 20 tahun, rasanya airbag sudah agak kurang berguna karena selain perbaikannya juga lumayan mahal.

Spesifikasi Toyota All New Corolla AE111 & AE112 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota All New Corolla AE111 & AE112
Jenis Sedan
Tipe AE111 (1600cc)
AE112 (1800cc)
Mesin 4A-FE DOHC 1600cc
7A-FE DOHC 1800cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.0 mm (4A-FE)
81.0 X 85.5 mm (7A-FE)
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.465 mm
Panjang 4.315 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.380 mm

5 Responses to "Toyota All New Corolla AE111 & AE112"

  1. kayanya bandel dan mantep ya dibanding soluna..cuma model masih cakepan Greco

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo manteb ya jelas mantap corolla...
      tpi kalo bandel mungkin menang soluna soalnya fitur yg bisa rusaknya lebih minim dibanding corolla

      Delete
  2. Replies
    1. kalo saya pribadi, pilih anc 1.8
      mesin lebih torqy, model anti mainstream, beberapa kasus, harga bisa setara greco standar...

      Delete