Perbedaan Antar Suzuki GSX Series

Suzuki GSX series family

Sedikit keluar jalur, setelah sekian lama Suzuki Indonesia akhirnya kembali berjualan motor sport yang benar-benar sport. Motor yang dijual Suzuki ini adalah Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Singkatnya, motor ini cukup bagus dan sesuai dengan namanya dan tidak melupakan tradisi dan ciri khas dari klan GSX. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang mengerti mengenai tradisi dan ciri khas dari sebuah Suzuki GSX R dan S sehingga tidak sedikit yang akhirnya komplain kenapa GSX-S150 tidak lebih dari GSX-R150 lepas fairing. Oleh karena itu, Mobilmotorlama akan coba menjabarkan seperti apa ciri khas dari sebuah Suzuki GSX dan varian turunannya sebagai berikut.


Nama GSX merupakan singkatan dari Grand Sport eXperiment dimana motor ini sebelumnya merupakan motor percobaan Suzuki yang jaman dulu lebih dikenal sebagai pebuat motor dengan mesin 2 tak. Ciri khas dari Suzuki GSX adalah penggunaan 4 katup persilinder. Berbeda dengan Suzuki GS yang merupakan pendahulu GSX yang memakai 2 katup persilinder. Secara umum, motor GSX dibagi menjadi 3 varian yaitu R untuk sport, S untuk street, dan F untuk sport touring. Dibeberapa varian seperti misalnya GSX-S1000F, Suzuki menggabungkan 2 ciri dari GSX-S dengan GSX-F.


GSX-R

GSX-R (contoh : GSX-R600) merupakan model flagship dimana huruf R merupakan singkatan dari Racing yang maksudnya adalah race replica model. Sebagai race replica model, bisa dibilang kalau Suzuki GSX-R adalah motor balap beneran yang bisa langsung dipakai di track atau sirkuit yang ditempeli perlengkapan untuk kebutuhan jalan raya. Ciri khas dari Suzuki GSX-R adalah penggunaan fairing serta jok model terpisah antara pengendara dengan penumpang.

Varian sedikit lebih santai dari GSX-R ini adalah GSXxxxR (contoh : GSX-250R) dimana hufur R berada dibelakang angka kubikasi. Santai disini maksudnya ada di posisi berkendaranya yang sedikit lebih rileks dibanding GSX-R dengan R didepan angka kubikasi dan biasanya memiliki jok yang walau modelnya sama-sama terpisah seperti GSX-R dengan R didepan kubikasi, namun ketinggiannya dibuat sedikit lebih tinggi dan terkesan terlihat seperti tandem dari jauh. Walau sedikit lebih santai, bukan berarti mesinnya juga lebih santai dibanding GSX-R dengan R didepan (walaupun memang ada yang mesinnya lebih kurang bertenaga dibanding varian GSX-R didepan seperti GSX-250R) seperti Suzuki GSX-1300R Hayabusa yang sempat menjadi motor produksi massal paling kencang didunia.

GSX-S

Karena Suzuki GSX-R terkesan terlalu buas untuk digunakan dijalanan karena semua aspeknya lebih diutamakan untuk balap, Suzuki akhirnya membuat versi beneran jalan rayanya yang dinamakan Suzuki GSX-S (contoh : GSX-S750). Singkatnya, GSX-S adalah GSX-R yang dibuat agar lebih cocok dipakai sehari-hari dimana posisi duduknya dibuat lebih santai dengan tampilan yang tidak mengintimidasi namun bagian mesinnya masih sama saja dengan GSX-R yang race replica.

GSX-F

Suzuki GSX-F (contoh : GSX-F600) dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan motor yang bisa digunakan untuk jarak jauh karena genre motor ini adalah sport touring. Ciri khas dari GSX-F adalah penggunaan stang yang tinggi dan lebar seperti halnya GSX-S, fairing seperti halnya GSX-R dan jok tandem atau menyatu antara penumpang dan pengendara. Walaupun mesinnya sama seperti GSX-R, namun mesin untuk GSX-F ditune lebih kecil tenaganya untuk mengejar torsi serta bobot motor yang lebih berat. Untuk versi lama, motor ini dikenal juga dengan nama Suzuki GSX tanpa tambahan huruf apapun.

GSF Bandit

Suzuki Bandit sebenarnya masuk kedalam keluarga Suzuki GS. Namun karena didesain sebagai motor street fighter yang tentunya butuh tenaga yang besar, Suzuki membekali Suzuki Bandit dengan mesin DOHC yang sama dengan yang dipakai Suzuki GSX-R. Ada 2 tipe Suzuki Bandit yaitu S (contoh : GSF250S) dan N (contoh : GSF250N). Perbedaan antara keduanya ada di bagian kosmetik depan dimana Suzuki Bandit S memakai half fairing dengan dual headlight sementara Suzuki Bandit N memakai lampu bulat 1 buah. Bagian jok dari Suzuki Bandit memakai model tandem sama seperti GSX-F.

GSX Katana

Suzuki Katana pada dasarnya merupakan GSX-F atau sport tourer dengan body yang stylish. Sedikit beda dengan Suzuki GSX-F pada umumnya, Suzuki Katana memiliki mesin yang cukup beringas karena Suzuki tidak melakukan detune pada Katana dimana akhirnya Katana menjadi motor sport touring paling kencang. Tidak heran kalau kemudian diawal kemunculan Suzuki Katana pada 1981 sampai sekitar akhir 1980an, Suzuki mengklaim kalau Suzuki GSX Katana adalah motor produksi massal paling kencang didunia walau dijaman itu kedudukan motor produksi massal paling kencang jatuh ketangan Laverda Jota, Honda VF1000R, Kawasaki GPZ900R Ninja sampai Kawasaki Tomcat ZX-10.

0 Response to "Perbedaan Antar Suzuki GSX Series"

Post a Comment