Ford Thunderbird (1955 - 1957)

Ford Thunderbird 1956

Mobil sport Amerika, kalau mendengar kata itu yang terlintas dipikiran adalah sebuah Chevrolet Corvette atau malah Dodge Viper. Kala General Motor dan Chrysler punya wakilnya di pasar mobil sport non muscle, Ford dianggap tidak punya wakil dikelas ini. Sebenarnya, Ford pernah menjual mobil yang menjadi pesaing Corvette pada awal kemunculannya. Mobil Ford ini adalah Ford Thunderbird generasi pertama yang dijual antara 1955 sampai 1957. Nama Thunderbird sendiri berasal dari nama makhluk mitologi suku Indian di Amerika sana.


Menurut Ford, Thunderbird bukanlah sebuah mobil sport karena mobil ini adalah personal car. Personal car ini kurang lebih berarti mobil mewah dengan gaya yang mengorbankan kepraktisan. Mobil seperti ini biasanya diproduksi massal sehingga bukan merupakan hasil custom karoseri dan biasanya memiliki bodi berbentuk convertible 2 pintu. Mobil seperti ini biasanya populer digunakan untuk sekedar cruising dijalanan California dengan nyaman sambil menikmati sinar matahari yang berlimpah. Namun karena beratnya yang cukup ringan dan mesin yang digunakan memakai konfigurasi V8 yang cukup bertenaga, mobil ini cukup untuk sekedar mengimbangi atau bahkan mempermalukan mobil sport asal Eropa dan Amerika jaman itu di lintasan drag.

Mesin yang digunakan mobil ini sama seperti mesin Ford Mercury dengan kode nama Y-block. Pada awalnya, mesin yang digunakan memiliki konfigurasi V8 OHV 292 cu in (4800cc) dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 193Hp pada 4400Rpm. Pada tahun 1956, mulai diperkenalkan opsi mesin V8 OHV 321 cu in (5100cc) dengan karburator four barrel yang menghasilkan tenaga mencapai 210Hp. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan atau pilihan otomatis yang diberi nama Fordomatic (Ford-O-Matic).

Selama 3 tahun masa edarnya, mobil ini mengalami beberapa kali perubahan. Pertama kalinya muncul, atap mobil ini tersedia dalam pilihan fiberglass atau atap kanvas. Pada tahun 1956, pillar b mobil ini diberi kaca berbentuk bulat untuk menambah visibilitas. Ban cadangannya dipindah kebagian luar yang terlihat seperti mobil jip untuk menambah kapasitas bagasi. Pada tahun 1957, ban cadangannya kembali ditaruh didalam dan terjadi ubahan dibagian bumper, grill dan buntut (sayap) belakangnya.

Pada saat pertama kali diperkenalkan tahun 1954, Ford menerima sekitar 3500 unit pesanan dimana awalnya Ford berencana hanya menjual 10000 unit saja. Sepanjang masa edarnya, ada sekitar 53.166 unit Ford Thunderbird terjual dan semuanya dengan stir kiri. Di Indonesia berhubung dulu belum ada aturan bermacam-macam dalam urusan perdagangan dan permobilan, beberapa unit mobil ini sempat masuk walau jumlahnya langka sekali.

Spesifikasi Ford Thunderbird ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Thunderbird
Jenis Sedan Convertible
Tipe Thunderbird
Mesin Y-block V8 OHV 4800cc
Y-block V8 OHV 5100cc
Bore X Stroke 95.25 X 83.82 mm (4800cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manua
Otomatis
Wheelbase 2.591 mm
Panjang 4.453 mm
Lebar 1.786 mm
Tinggi N/A

0 Response to "Ford Thunderbird (1955 - 1957)"

Post a Comment