Mitsubishi Jetstar

Mitsubishi Jetstar adalah varian pickup dan minibus yang diperkenalkan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor antara tahun 1986 hingga 1989. Di Jepang mobil ini dikenal dengan nama Mitsubishi Minicab yang sudah memasuki generasi keempat. Konon nama Mitsubishi Jetstar diambil dari gabungan kata Hijet (Daihatsu Hijet) dan Star (logo 3 berlian Mitsubishi yang mirip bintang). Mobil ini menjadi lineup pickup ringan Mitsubishi sampai diperkenalkannya Mitsubishi Colt T120ss pada 1991.

Mitsubishi Jetstar permorin minibus


Walaupun memakai bodi dan merk Mitsubishi, mobil ini ternyata menggunakan mesin Daihatsu CB series 3 silinder berkapasitas 1000cc yang juga digunakan oleh Daihatsu Hijet 1000 dan Hijet Zebra. Mesin yang diklaim bertenaga 56ps ini terkenal jago di tanjakan. Karenanya mobil ini masih populer di wilayah pegunungan seperti daewah eks karesidenan Kedu (Magelang, Temanggung, Wonosobo). Oleh karena itu tidak sedikit pedagang mobil bekas yang mencari unit Mitsubishi Jetstar sampai ke daerah pantura untuk dijual di daerah pegunungan.


Mitsubishi Jetstar hadir dalam bentuk minibus dan pickup. Ada banyak perusahaan karoseri lokal yang membuat bodi minibus Jetstar ini dan yang paling populer adalah karoseri pabrikan yang disebut Mitsubishi Jetstar Permorin yang dibekali dengan pintu sliding door (pintu geser). Dari pabriknya sebenarnya Mitsubishi Jetstar dibagi menjadi 3 tipe. Tipe tertinggi adalah versi minibus yang diberi nama Mitsubishi Jetstar Royal. Pada tipe ini bisa dilihat kelengkapannya seperti adanya spoiler belakang, headrest, velg racing, dan batang besi pelindung bemper depan hingga tape merk Panasonic. Tipe kedua adalah Mitsubishi Jetstar Diplomat versi minibus. Tipe Diplomat ini lebih minim fitur dibanding tipe Royal karena absennya spoiler belakang, headrest, velg racing dsb. Tipe terakhir adalah Mitsubishi Jetstar Pick up.

Kelebihan Mitsubishi Jetstar ini adalah tenaganya yang kuat menanjak dan bbm yang irit sehingga menjadi primadona diwilayah seperti pegunungan. Selain itu urusan sparepart mesin tergolong mudah tidak seperti Mitsubishi lainnya karena menggunakan mesin dari Daihatsu. Untuk tipe minibus Permorin adanya pintu geser yang pertama kalinya dikelasnya membuat akses keluar masuk penumpang menjadi mudah. Belum lagi jok tengah yang bisa di putar yang memudahkan akses keluar masuk dan menambah ruang kosong. Kemiringan setirnya sudah mirip dengan truk truk eropa seperti Scania yang membuatnya lebih nyaman dibanding minibus lain sekelasnya.

Untuk Kelemahan Mitsubishi Jetstar adalah kecuali untuk hobi atau benar benar fanatik, harganya yang gelap bisa menjadi kurang worth it. Selain itu karena keempat remnya masih drum brake (teromol) sehingga pengereman dirasa kurang pakem. Untuk part body satu dua sudah mulai susah tidak seperti part mesin yang melimpah dan murah.


Spesifikasi Mitsubishi Jetstar ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Jetstar
Jenis Pick up, Minibus
Tipe L100
Mesin CB20 OHV 993cc
Bore X Stroke 76 X 73 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.010 mm
Panjang 3.265 mm
Lebar 1.395 mm
Tinggi 1.865 mm

0 Response to "Mitsubishi Jetstar"

Post a Comment