Honda CS1 (City Sport 1)

Honda CS1 adalah sepeda motor crossover yang diperkenalkan oleh Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 2008. Motor ini konon merupakan desain asli Indonesia karena tidak ada Honda CS1 dibelahan bumi manapun. Motor ini berbasis Honda CBR125 dari Eropa dan Honda Sonic 125 dari Thailand. Nama CS1 sendiri merupakan singkatan dari City Sport One.

Honda City Sport One



Berbasis Honda CBR membuat Honda CS1 menjadi motor produksi AHM paling canggih saat itu. Maklum saja, pada saat itu motor paling canggih AHM hanyalah Honda Supra PGM-Fi.  Mesin 4 tak overbore SOHC single cylinder 2 valve dengan pendingin cairan yang terpasang pada CS1 ini memang sama persis dengan mesin Honda CBR125 di Eropa. Hanya saja sebagai pembeda, kualitasnya diturunkan agar harganya sesuai dengan keadaan orang Asia Tenggara dan memakai gearbox 5 speed. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 12,9 Hp pada 10000rpm dan torsi maksimal 10,1Nm pada 7500rpm. Tenaga sebesar itu hanya diwajibkan membawa berat kosong Honda CS1 yang hanya 114kg. Entah kebetulan atau tidak, spesifikasinya mirip dengan Honda CBR125 di eropa bahkan berat kosongnya. Karenanya, Honda CS1 bila diadu dengan motor 150cc sekalipun performanya tidak kalah karena performanya mirip dengan sports bike entry level di Eropa sana.

Desain Honda CS1 memang unik dan berbeda dengan desain motor lainnya. Dari belakang terlihat seperti motor bebek sporty pada umumnya. Tinggi stang juga sama persis dengan motor bebek konvensional karena juga menggunakan shockbeker depan yang sama dengan motor bebek pada umumnya. Yang membedakannya dengan motor bebek adalah bagian depan yang seperti motor bebek yang dipasang half fairing motor sport tourer. Kelebihan desain ini adalah posisi riding untuk ukuran motor kencang menjadi sangat nyaman. Selain itu desain "punuk" depan membuat motor ini memiliki bagasi depan walaupun ukurannya kecil. Sayangnya desain out of the box seperti ini belum bisa diterima masyarakat Indonesia pada saat itu. Karenanya tidak heran motor ini terus turun penjualannya hingga discontinue tahun 2013.

Sebagai motor tercanggih AHM saat itu, Honda CS1 dibekali dengan beberapa fitur ala motor modern. Beberapa fitur Honda CS1 antara lain speedometer digital dengan tachometer, gear position, dsb yang menjadi satu, secure magnetic key, pendingin cairan (liquid cooled), suspensi monoshock hingga Adjustable Headlight atau pengatur headlamp secara manual.

Kelebihan Honda CS1 adalah desain yang tidak umum dan tidak pasaran. Tenaga mesinnya yang mulai keluar pada putaran atas juga tidak bisa dilupakan begitu saja. Untuk handlingnya lincah karena masih mirip motor bebek. Bahkan pada saat awal munculnya Honda CS1, muncul 2 Wheel Slalom menggunakan Honda CS1 yang digagas oleh AHM. Untuk kelemahannya sparepart agak sedikit sulit dicari karena motornya jarang. Kalaupun harus indent di AHASS biasanya memakan waktu sampai 2 bulan.

Spesifikasi CS1 (City Sport 1) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi CS1 (City Sport 1)
Jenis Sepeda Motor
Tipe CS1
Mesin single cyl SOHC 124cc
Bore X Stroke 58.0 X 47.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.251 mm
Panjang 1.932 mm
Lebar 682 mm
Tinggi 1.042 mm

0 Response to "Honda CS1 (City Sport 1)"

Post a Comment