Suzuki FXR150

Suzuki FXR adalah sport bike bermesin 4 tak 1 silinder 150cc buatan Lion Suzuki Malaysia dan dijual ke Asia Tenggara, Oceania, Amerika Latin sampai Afrika. Motor ini pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 dan diplot untuk menggantikan Suzuki RGR150 yang bermesin 2 tak yang sudah malang melintang di jalanan Indonesia sejak akhir 80an. Sebenarnya Suzuki sudah punya Suzuki RGV 150 II yang sudah muncul di Thailand, namun mungkin karena pertimbangan krisis moneter saat itu Suzuki akhirnya mengeluarkan versi 4 tak yang lebih ekonomis dengan nama Suzuki FXR untuk menggantikan RGR.

Suzuki FXR150


Mesin Suzuki FXR ini terasa sangat spesial bahkan hingga kini. Bayangkan saja, sebuah mesin 4 tak DOHC berkubikasi hanya 147cc dengan hanya 1 silinder namun sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 20Hp pada 12500Rpm dan torsi 12,5Nm pada 10000Rpm. Teknologi mesin yang diusung juga sudah terlalu canggih pada masanya, sebut saja pendingin udara dibantu pendinginan oli yang disebut sebagai Suzuki Advanced Cooling System, mesin DOHC 4 valve per cylinder yang pertama untuk motor kecil di Indonesia, sampai teknologi TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber) atau pusaran ganda diruang bakar sehingga menghasilkan api untuk pembakaran yang lebih besar dan efisien. Mesin ini kelak akan didowngrade dan dipasangkan ke motor bebek ayago Suzuki Satria F150.


Tidak hanya bagian mesin, bagian sasis dan rangkanya juga tergolong sangat advance untuk motor kecil. Lihat saja bentuk rangkanya, sudah menganut twinspar atau rangka besi kotak ala motor besar. Swing arm belakangnya juga sudah menganut model banana yang juga mirip dengan motor besar. Shock belakang sudah menganut model monoshock sedang bagian depannya masih berbentuk teleskoptik yang universal karena jaman itu belum populer suspensi up side down. Fitur fitur motor ini lumayan canggih seperti speedometer yang full digital, Gearbox 6 speed close-ratio, tutup tangki sudah rata, stang jepit dsb.

Populasi Suzuki FXR tergolong sangat langka. Ini dikarenakan produksi Suzuki FXR hanya terpusat di Malaysia. Jadi, mau sebanyak apapun permintaan akan Suzuki FXR ini, unit yang dijual tergantung pada Lion Suzuki Malaysia. Selain itu harga jual Suzuki FXR yang mahal juga mungkin menjadi penyebab jarangnya motor ini karena Indonesia masih berusaha bangkit pasca krisis moneter tahun 1998. Suzuki FXR keluaran pertama yang masih CBU dijual seharga 32juta saat barunya. Pada tahun  Pada tahun 2002, Suzuki Indomobil Sales mengeluarkan versi lokal atau CKD dengan harga sekitar 24 juta. Sebagai pembanding, Honda Tiger 2000 pada saat itu dijual dengan harga 16 juta rupiah saja. Konon total unit Suzuki FXR yang terjual di Indonesia hanya sekitar 550 sampai 600 unit saja. Motor ini juga pernah menjadi hadiah undian program sewindu Suzuki Shogun dengan total unit sebanyak 88 unit dijadikan hadiah.

Kelebihan Suzuki FXR ada pada bentuknya yang unik dengan half fairing dan populasinya yang langka sehingga terlihat unik dijalan. Power mesinnya yang bertenaga bahkan sampai sekarang belum ada yang melampaui untuk kelas 150cc 4 tak (20Hp). Fitur fiturnya tergolong sangat lengkap bahkan masih bisa menyamai motor jaman sekarang.

Kelemahan Suzuki FXR ini akibat populasinya yang langka sehingga sparepart apalagi part body menjadi langka. Part mesin masih bisa diakali dengan menggunakan part milik Satria FU namun tentunya karena ada beberapa perbedaan sehingga kurang cocok dipasang di FXR. Sejatinya part mesin paling pas untuk subtitusi Suzuki FXR ada pada Suzuki Raider 125 karena material blok mesinnya sama. Karena kurangnya promosi dan terbatasnya motor ini, kadang banyak orang mengira ini adalah Suzuki Thunder 125 modifikasi. Karenanya walau pasarannya berkisar antara 13 sampai 20 juta tergantung kondisi, kadang ada yang menawar motor ini seharga 6-7 juta saja karena dikira Suzuki Thunder yang memang harga pasarannya hancur.

Spesifikasi Suzuki FXR150 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki FXR150
Jenis Sepeda Motor, Sport
Tipe FXR150
Mesin DOHC 4 valve 150cc air+oil cooled
Bore X Stroke 62 X 48.8 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 6 Speed
Wheelbase 1.325 mm
Panjang 1.985 mm
Lebar 665 mm
Tinggi 1.080 mm

2 Responses to "Suzuki FXR150"

  1. wah ini mbahnya si epyu..powernya ngetril, spido digital, swing arm banana..gak ada yg nyamain lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suzuki... dilawan (niru alm Mamiek Prakoso Srimulat diiklan Smash&Shogun awal 2000an)

      Delete