Volkswagen Mitra

Sekitar pertengahan dasawarsa 1970an, Volkswagen di Indonesia pernah mencoba membuat sebuah proyek mobil nasional. Proyek mobil nasional ini diluncurkan bersama dengan Astra yang membuat Toyota Kijang, Indokaya Nissan yang membuat Datsun Sena dan Java Motors yang membuat Morina. Garuda Mataram Motor yang menggantikan PT. Piola yang kolaps tahun 1970 bekerja sama dengan Pindad membuat KBNS atau Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana dengan nama Volkswagen atau VW Mitra.

mobil antik vw mitra



Sejarahnya, sekitar tahun 1960 didirikan ATPM atau agen tunggal pemegang merk untuk merk Volkswagen di Indonesia. Nama ATPM untuk merk Volkswagen tersebut adalah PT Piola yang merupakan perusahaan milik Maratua Panggabean. PT. Piola ini measukkan dan menjual VW Beetle dan VW Kombi Dakota ke pasar otomotif Indonesia. Pada tahun 1970, PT. Piola kolaps dan pemerintah membentuk perusahaan baru yang diberi nama PT. Garuda Mataram Motor. Karena yang membentuk perusahaan ini adalah presiden Soeharto, petinggi Garuda Mataram Motor ini adalah Kolonel Sofyar dari BKS Kostrad yang menjadi presiden direkturnya dan Panglima Kostrad yang menjadi presiden komisarisnya. Untuk produksinya, VW diproduksi di German Motor Manufacturing yang biasa merakit mobil mobil Eropa. Secara umum VW berhasil diselamatkan oleh Garuda Mataram Motor ini dengan pemasarannya yang cukup berhasil. Sayangnya karena manajemen yang kirang baik, pada tahun 1978 perusahaan ini kolaps dalam tumpukan utang. PT. Indomobil Pemerintah lalu menunjuk Indomobil untuk membenahi dan akhirnya menjadi ATPM VW di Indonesia sampai saat ini.

Ditangan Garuda Matam Motor ini, merk VW mulai menjual berbagai macam tipe seperti VW Safari dan VW Passat. Selain Safari dan Passat ada satu lagi produk VW yang dijual Garuda Mataram yang dikembangkan oleh anak bangsa yaitu VW Mitra. Volkswagen Mitra ini memakai mesin dari VW berkapasitas 1600cc dengan konfigurasi boxer 4 silinder OHV Pushrod seperti yang terpasang pada VW Kombi brasil. Mesin ini hanya mengandalkan pendingin udara dan digabungkan dengan transmisi manual 4 percepatan yang juga diambil dari mobil VW.

Yang unik dari VW Mitra ini adalah peletakan mesinnya yang berada di depan tepatnya dibawah jok depan. Posisinya juga berbeda dengan mobil cab over seperti Suzuki Carry atau Daihatsu Zebra karena mesinnya tidak berada diatas as roda depan melainkan lebih maju lagi. Lebih uniknya lagi, karena bermesin depan dan tidak seperti mobil VW di Indonesia lainnya yang bermesin belakang dan penggerak roda belakang, mobil ini menganut sistem gerak roda depan. Hal ini agak aneh karena biasanya untuk mobil barang memakai sistem gerak roda belakang agar lebih kuat membawa muatan terutama di jalanan yang menanjak. Meski begitu, konon VW Mitra ini merupakan VW Bus pertama didunia dengan penggerak roda depan. Karena bermesin depan, terdapat grill besar didepan diantara kedua lampunya. Grill ini berfungsi untuk mengalirkan udara segar untuk mendinginkan mesin.

Perbedaan VW Combi dengan VW Mitra selain peletakan mesin yang berada didepan adalah pemakaian sasis yang berbeda. Jika pada VW Kombi memakai rangka monokok atau tanpa rangka sasis, VW Mitra ini memakai rangka sasis model ladder frame seperti proyek mobil nasional lainnya pada waktu itu. Sasis ini dibuat oleh Pindad mungkin karena petinggi Garuda Mataram Motor yang berasal dari Kostrad. Untuk bagian body depan dan mesinnya masih didatangkan dari Jerman. Mungkin karena itulah desain VW Mitra cenderung lebih membulat dan mirip mobil asli dibanding proyek mobnas lainnya yang bentuknya hanya seperti lembaran besi yang ditekuk dengan palu.

Di masanya, mobil ini banyak digunakan oleh pihak pemerintahan untuk digunakan sebagai ambulans sampai pemadam kebakaran. Untuk kalangan sipil sepertinya jarang yang punya karena banyak yang bilang produk gagal. Uniknya, sekarang mobil ini mulai banyak yang mencari untuk dijadikan koleksi.

Selepas kolapsnya Garuda Mataram Motor dan berakhirnya proyek VW Mitra ini, dice untuk cetakan pembuatan mobil ini dikirim ke Brazil untuk dilanjutkan. Ada sedikit perbedaan dimana pada proses produksi mobil ini di Indonesia hanya dicetak menggunakan mesin press berkekuatan 300kg sementara di Brazil memakai mesin press berkekuatan 1500kg. Ini menyebabkan kualitas mobil yang diproduksi di Brazil bisa bebas dempul dan setara dengan body Toyota Kijang dengan full pressed body yang muncul tahun 1992. Hasil rakitan Brazil ini dinamakan VW Hormiga dan berkembang ke negara lainnya sebagai VW EA489 Basis Transporter.

Spesifikasi Volkswagen Mitra ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Volkswagen Mitra
Jenis Pickup
Minibus
Tipe Mitra
Mesin VW air cooled OHV 1600cc
Bore X Stroke 85.5 X 69.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.395 mm
Panjang 4.064 mm
Lebar 1.684 mm
Tinggi 1.988 mm

10 Responses to "Volkswagen Mitra"

  1. Min mau tanya deh ada informasi tentang kapan Mitra mulai diproduksi?

    Sama tentang klaim bahwa dies Mitra dikirim ke brazil. Bukannya mitra itu berdasarkan Basistransporter bukan sebaliknya?

    Terima kasih banyak min

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya diantara kbns lain seangkatannya, Mitra ini keluar belakangan. sekitar 1976 atau 1977 sampai 1978 pas garuda mataram motor tutup.
      soal ke Brazil itu, kata teman yg senang vw begitu. setau saya memang berbasis basistransporter cuma Mitra ini udah beda total dibanding versi luar. dari bodinya saja Mitra malah lebih mirip T2 . siapa tau di Brazil cetakan Mitra ini bukannya jadi basistranporter tapi malah jadi T2 yang tetap mesin belakang dan terus keluar sampai tahun 2013

      Delete
    2. Terima kasih sebanyak-banyaknya min atas informasinya. Sayang sejarah KBNS jarang ditulis orang. Dan memang berarti Mitra ini dari basistransporter ya. Yang dimaksud pembuatan itu bodi Mitra ya.

      Teman saya ada dari Jerman dan penasaran dengan Mitra ini. Tapi cukup sulit mencari informasi atau sejarahnya di internet kecuali disini

      Terus menulis ya min. Setiap hari saya pantengin webnya. Karenay saya senang dengan sejarah mobil2 di Indonesia. Saya baeru tahu disini pernah dijual Suburban dan Ford Falcon.

      Delete
    3. wah sama-sama. memang jarang banget yang bahas kbns. padahal kbns ini bisa jadi awal mulanya Indonesia bikin mobil. mungkin karena kejadiannya sudah 40 tahunan makanya orang sudah pada lupa. nah krena minim info ini jadi kesulitan waktu cari-cari refrensinya jadi mohon maaf kalau ada yg salah. toh beberapa infonya hasil tanya orang yg lebih tua yg walau hobi tapi bisa saja sudah agak lupa.

      siap. saya juga suka sejarah otomotif di Indonesia kok. apalagi sebelum tahun 1973 merk-merk aneh macam GAZ, Skoda, Moskvitch, Sunbeam dll sempat ada di Indonesia yang bikin penasaran.

      Delete
    4. Saya malah terima kasih min. Disini cerita jarang yang didokumentasikan jadi satu2nya cara ya memang lisan walaupun terkadang kita tidak bisa verifikasi cerita tersebut. Tapi buat saya masukin saja min. Mungkin ada pembaca yang lebih tahu dan menambahkan.

      Wah saya malah tidak tahu kalau mobil blok Timur masuk disini kecuali lewat militer. Skoda dan Moskvitch tipe apa ya min? Kebetulan saya suka mobil eropa timur.

      Kalau GAZ ini yang 66 tipe militer itu ya min? Mungkin admin udah tau cerita tentang tes GAZ oleh TNI melawan Land Rover, DKW dan Austin?

      Delete
    5. saya sendiri malah senang kalau ada yang mau nambahin. jadi monggo buat yang mau nambahin.

      buat mobil eropa timur atau soviet macam GAZ mungkin kapan-kapan ya. kami masih nyari2 infonya karena kesannya blok timur jaman perang dingin dulu tertutup banget sampai nyari info mobil2nya agak susah.

      Delete
    6. Selain itu memang di luar negeri memang tidak populer kecuali dinegara mereka berasal. Kalau admin mau saya ada buku berjudul "Cars of Eastern Europe". Disitu ada sejarah singkat dan spesifikasi mobil2 eropa timur (sayangnya untuk rusia itu dipisah kebuku lain dan saya belum punya) nanti bisa saya bantu untuk sejarah singkat dan spesifikasi. Tapi untuk sejarah di Indonesianya saya nol min.

      Untuk cerita mobil timur saya ada cerita bagaimana GAZ 66 yg tipe jipmengalahkan mobil jip2 eropa barat disuatu tes yang diselenggarakan TNI. Atau pabrik mobil Jerman Barat yg sudah tutup di Surabaya yang bernama Borgward. Ada juga terkait KBNS dimana TNI mengopi Land Rover Lightweight dan dinamakan banteng.

      Delete
    7. boleh tuh, tapi mungkin baru terealisasi 2017 soalnya sibuk.. maklum pengacara (pengangguran banyak acara).

      saya sendiri malah baru tau soal tes jip dari TNI juga mobil Borgward. Soal Banteng pernah saya singgung sedikit di Sejarah Perkembangan Mobil Nasional Indonesia

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Sip min tinggal dikontak saja. Tapi kalau bisa sebelum februari ya min.

    Nah itu min mungkin nanti saya bisa share ke admin. Hitung2 saling bertukar informasi.

    Atau malah jadi guest author atau co-author hehehe

    ReplyDelete