Suzuki TRS 118 dan TRZ Katana 125

Suzuki TRS Katana

Suzuki TRS dan TRZ Katana merupakan motor sport (motor laki) dari Suzuki yang muncul pada era 1980an. Motor ini merupakan penerus dari Suzuki GP100 dan GP125. Berbeda jauh dengan Suzuki GP series yang masih terdapat bentuk membulat, pada generasi Suzuki TRS ini bentuk keseluruhannya mengkotak. Sekitar tahun 1990an, motor ini menjadi sepeda motor dinas untuk PNS yang bekerja di lingkup kecamatan. Selain Indonesia, motor ini juga dijual di Malaysia sampai negara Amerika Latin seperti Kolombia.


Sekitar tahun 1983, Suzuki menghadirkan Suzuki TRS dengan mesin yang lebih besar 18cc dibanding Suzuki GP100 yang merupakan pendahulunya. Tak lama berselang, pada tahun 1984 Suzuki juga menghadirkan Suzuki TRZ Katana yang merupakan varian sporty dari Suzuki TRS dengan kapasitas mesin yang lebih besar juga. Suzuki TRZ ini diposisikan untuk menggantikan posisi Suzuki GP125. Perbedaan paling mencolok antara Suzuki TRS dengan TRZ selain kapasitas mesinnya, ada pada cover lampu depannya dimana Suzuki TRS tidak diberi cover sementara TRZ diberi cover yang membuatnya nampak ada kemiripan dengan moge Suzuki Katana yang saat itu juga baru hadir di Jepang walau tentun bentuknya tidak sama persis. Selain itu, sepertinya bentuk tangki bensin Suzuki TRS sedikit lebih besar dan lebar dibandingkan Suzuki TRZ Katana.


Mesin kedua motor ini hampir sama dengan mesin 1 silinder 2 tak pendingin udara dengan suplai BBM dari karburator. Suzuki TRS didesain untuk lebih irit dengan menggunakan mesin dengan kapasitas 118cc. Untuk Suzuki TRZ Katana, karena didesain untuk lebih sporty dengan tenaga yang lebih maka motor ini menggunakan mesin berkapasitas murni 123cc. Transmisi yang digunakan untuk menyalurkan tenaga kedua motor ini sama-sama manual 5 percepatan tipe wet clutch. Suzuki TRZ Katana sanggup menghasilkan tenaga sebesar 15Hp pada 8500Rpm dan torsi sebesar 12,7Nm pada 7500Rpm.

Fitur keduanya tergolong lumayan lengkap untuk ukuran motor laki jaman era 80an. Motor ini sudah dilengkapi dengan indikator gigi yang kini umum dipasang pada motor bebek. Bisa jadi motor ini merupakan motor pertama di Indonesia yang memakai indikator gigi transmisi. Selain itu pada speedometernya sudah ada tachometer dan indikator lainnya walau belum ada indikator bensin. Starternya masih hanya mengandalkan kick starter. Peletakan karburator motor ini agak berbeda dengan pesaing beratnya saat itu, Yamaha RX series yang karburatornya tepat dibelakang mesin. Motor ini memakai sistem katup rotary sehingga membuat Suzuki meletakkan karburatornya tersembunyi didalam bak mesin. Ini membuat karburator motor ini aman dari pencurian namun terasa kurang aman kala harus menembus genangan air maupun banjir. Untuk keselamatan, Suzuki TRS dan TRZ ini sudah dilengkapi dengan rem cakram dibagian depan sementara untuk bagian belakangnya masih menggunakan rem teromol.

Selain untuk pegawai negeri, sepertinya agak jarang masyarakat umum yang memiliki motor ini. Kebanyakan masyarakat Indonesia saat itu lebih memilih Yamaha RX series yang sama-sama bermesin 2 tak atau Honda GL series yang bermesin 4 tak dibanding motor ini. Suzuki TRZ Katana hanya dijual sampai sekitar tahun 1986 saja sementara untuk Suzuki TRS dijual sampai tahun 1994. Kini agak jarang mendapati motor ini dalam kondisi yang masih original karena kebanyakan sudah dimodifikasi sedemikian rupa atau part bodinya hilang. Motor ini kadang masih didapati dijual di daerah-daerah dengan harga sekitar 1 sampai 2 juta saja tergantung kondisi.

Spesifikasi Suzuki TRS 118 dan TRZ Katana 125 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki TRS 118 dan TRZ Katana 125
Jenis Sepeda Motor
Tipe TRS dan TRZ
Mesin 2 tak rotary valve 1 silinder 118cc
2 tak rotary valve 1 silinder 123cc
Bore X Stroke 56.0 X 50.0 mm (TRZ)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.235 mm
Panjang 1.895 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1.055 mm

0 Response to "Suzuki TRS 118 dan TRZ Katana 125"

Post a Comment