Chevrolet Suburban C/K

Chevrolet Suburban travel 4848

Chevrolet Suburban merupakan full size SUV yang produksi pertamanya sudah dilakukan sejak 1935 dan masih berjalan sampai sekarang. Ini menjadikan Chevrolet Suburban sebagai nama mobil paling tua yang masih diproduksi sampai sekarang. Nama Suburban sendiri konon berasal dari kata sub-urban yang berarti antar kota. Kali ini kita akan membahas mengenai Chevrolet Suburban era 60an yang berarti sudah masuk ke generasi keenamnya. Generasi keenam ini muncul pada tahun 1960 di Amerika Serikat dan produksinya dihentikan pada tahun 1966.


Desain mobil ini cukup unik dimasanya. Berbeda dengan Suburban sebelumnya yang memakai desain menggembung, Suburban era 60an ini lebih ramping bentuknya. Ciri khas mobil ini ada pada lubang hawa besar diatas headlamp yang menjadi satu dengan kap mesinnya. Lampu sein mobil ini jadi satu dengan lubang hawa tadi sementara lampu depannya berjumlah 2 buah. Dibandingkan pendahulunya, mobil ini memiliki kaca depan yang lebih luas dan pilar atap yang lebih kecil sehingga memberikan visibilitas kepada pengemudi yang lebih baik.


Mobil ini memakai platform yang disebut dengan GM platform C/K. Platform ini digunakan diberbagai mobil yang perusahaanya berada dibawah General Motor. Beberapa mobil yang menggunakan platform ini antara lain GMC Carryall dan Chevrolet Suburban yang masuk ke Indonesia tentunya. Penamaan C/K ini punya makna tersendiri karena pada waktu itu, GM mengubah nomenclature mobil-mobilnya. Platform C berarti conventional yang maksudnya adalah penggunaan mesin depan dan gerak roda belakang atau 2WD sementara K dipakai untuk versi 4WD nya. Di Indonesia sepertinya hanya ada Suburban platform C.

Ada beberapa pilihan mesin yang tersedia untuk mobil ini mulai dari mesin inline 6, V6 sampai V8 walau semuanya memakai mesin bensin. Untuk Suburban yang hadir di Indonesia sepertinya hanya ada varian mesin inline 6. Mesin-mesin inline 6 silinder ini punya kapasitas mesin mulai dari 230 cu in (3800cc) antara tahun 1963 sampai 1965, 235 cu in (3900cc) antra 1960 1962, 250 cu in (4100cc) pada 1966 dan 292 cu in (4800cc) antara 1963 sampai 1966. Untuk transmisi manualnya digunakan transmisi manual 3 percepatan syncromesh. Di Amerika Serikat sendiri, mobil ini sudah tersedia pilihan transmisi otomatis 4 percepatan syncromesh yang diberi label powerglide.

Mungkin karena inilah Chevrolet Suburban jamak dipakai untuk armada travel antar kota pada era 60an. Salah satu travel yang terkenal memakai mobil ini adalah travel door to door 4848. Ukurannya yang cukup besar sehingga mampu mengangkut banyak orang serta kelebihannya yang terkenal jago di jalan pegungunan membuat Suburban menjadi basis moda transportasi yang populer di era 60an. Pamor mobil ini mulai kalah diera 70an setelah munculnya berbagai pesaing seperti Holden sampai Mitsubishi dengan Colt.

Spesifikasi Chevrolet Suburban C/K ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet Suburban C/K
Jenis Minibus
Tipe GM C/K
Mesin 230 cu
235 cu
250 cu
292 cu
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.921 mm
Panjang 5.067 mm
Lebar 2.019 mm
Tinggi N/A

0 Response to "Chevrolet Suburban C/K"

Post a Comment