Cherolet Impala (1960 - 1965)

Chevrolet Impala

Tahun 1963 sampai 1965, Indonesia mengalami hiperinflasi mencapai 600% yang pada akhirnya membuat pemerintah melakukan redominasi rupiah dari 1000 menjadi 1. Akibat hiperinflasi ini, banyak akhirnya orang Indonesia yang jatuh miskin sampai membeli makan untuk malam harinya saja tidak sanggup. Ditengah situasi yang serba sulit, hanya sedikit mobil yang terjual diera itu karena mobil kelas bawahpun bisa dibilang jadi mobil mewah. Namun begitu, masih saja ada orang Indonesia yang sanggup membeli mobil mewah ditengah masa sulit itu. Salah satu mobil termewah yang hanya bisa dibeli orang berkantong sangat tebal pada masa itu adalah Chevrolet Impala generasi ketiga yang saat itu dijual seharga 5 juta rupiah.


Chevrolet Impala pada awalnya merupakan varian termewah dari Chevrolet Bell Air yang kemudian dijual secara terpisah dengan Bell Air. Generasi ketiga dari Impala ini muncul pada tahun 1960 sebagai model tahun 1961. Sebagai sedan full size Amerika tahun 60an, mobil ini punya ciri khas berupa ruang bagasi yang terlihat sangat panjang. Mobil ini dibangun dengan platform GM B yang pertama muncul tahun 1920an sampai 1990an. Ciri khas dari platform ini adalah penggunaan sasis perimeter, suspensi coil spring, serta lubang pengisian bensin dibalik plat nomor.

Sama seperti mobil Amerika lainnya, Impala di Indonesia kebanyakan hanya dipersenjatai mesin 6 silinder segaris. Mesin 6 silinder banyak digunakan karena mesin jenis ini terkenal lebih mudah dirawat serta lebih irit bensin dibanding mesin V8. Mesin yang dipakai Impala ini adalah mesin Chevrolet yang diberi nama Turbo Trift dengan konfigurasi OHV 6 silinder segaris berkapasitas 230cu in atau sekitar 3800cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 140Hp yang cukup besar dijamannya. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 4 percepatan Powerglide dengan tuas transmisi dikolom setir.

Kini Chevrolet Impala sudah menjadi salah satu koleksi mobil antik bernilai tinggi. Populasinya di tahun 1990 sampai sekitar awal 2000 masih lumayan banyak walau banyak yang teronggok dibiarkan begitu saja. Dulu sebuah Impala kondisi standar harganya hanya sekitar 10 jutaan atau setara dengan Honda Tiger baru dan itupun cukup susah lakunya. Mungkin karena bersamaan dengan krisis moneter tahun 1998 yang membuat banyak orang kepepet butuh uang, akhirnya banyak Impala yang dijual perkilo ketukang rosok. Kini dengan makin banyaknya permintaan sementara populasi Impala sudah berkurang, mobil ini kini harganya mahal sekali bahkan untuk bangkai mobilnya.

Spesifikasi Chevrolet Impala ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet Impala
Jenis Sedan
Tipe Impala (3rd gen)
Mesin GM turbo thrift i6 3800cc
Bore X Stroke 98.43 X 82.55 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 3.025 mm
Panjang 5.315 mm
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Cherolet Impala (1960 - 1965)"

Post a Comment