Nissan Infiniti I30 (Cefiro A32)

Nissan Cefiro A32 Infiniti I30

Di akhir 1980an menjelang 1990an, pabrikan Jepang berlomba-lomba membuat divisi mewah yang menjual mobil varian mewahnya untuk pasar Amerika Serikat. Honda membuat Acura, Toyota membuat Lexus dan Nissan membuat Infiniti. Walau Toyota dan Honda lebih dahulu membuat Lexus dan Acura, namun di Indonesia Nissan bergerak lebih cepat dengan menghadirkan Infiniti terlebih dahulu ke Indonesia. Mobil Infiniti pertama di Indonesia masuk pada akhir 1996 dengan model Infiniti I30 atau yang sebelumnya sempat dijual dengan merk Nissan Cefiro A32.


Cefiro A31 dijual sebagai sport sedan dengan penggerak roda belakang diubah menjadi sedan yang lebih mewah dengan penggerak depan pada generasi A32. Di Indonesia karena Infiniti termasuk merk baru dan pastinya ATPMnya belum bisa merakit sendiri mobilnya yang pada akhirnya membuat pajaknya mahal dan harga jualnya tidak kompetitif membuat Nissan menggabungkan Infiniti dengan Nissan dan akhirnya terbentuklah Nissan Infiniti. Diluar sana mobil ini diberi nama Nissan Maxima. Di Indonesia juga seluruh dunia, penamaan Infiniti i30 sedikit membingungkan karena penggunaan huruf I pada I30 terlihat seperti huruf L yang mengakibatkan ada yang menyebut mobil ini sebagai Infiniti L30 sampai Infiniti 130. Dilahirkan sebagai brand mewah, Infiniti I30 sendiri pada saat diperkenalkan tahun 1996 akhir dijual sekitar 130 juta rupiah saja. Sedikit lebih mahal dibanding Mercedes C class W202 namun jauh lebih murah dibanding E class W124 yang ukurannya mirip dan sedikit lebih murah dibanding Toyota Crown Royal Saloon.


Desain dari I30 masih mencirikan sedan Jepang era 90an yang serba membulat dengan lampu depan sipit memanjang serta lampu belakangnya disatukan oleh garnish. Sedikit berbeda dengan Cefiro A31 yang sporty, I30 atau Cefiro A32 memiliki bentuk elegan. Sayangnya, lampu depan Cefiro A31 yang sudah projector dihilangkan pada generasi ini dan diganti dengan lampu depan model diamond cut biasa. Sebagai gantinya, Nissan memberikan lampu bumper yang menyala kala setir dibelokkan selama lampu utamanya hidup. Ada 2 versi dari Cefiro A32 ini dimana versi prefacelift memiliki garnish belakang hitam sementara versi aceliftnya garnish sewarna body. Selain itu, hampir tidak ada perbedaan antara Infiniti I30 facelift.

Mesin yang digunakan Infiniti I30 adalah mesin Nissan VQ30DE. Mesin dengan konfigurasi V6 DOHC berkapasitas 3000cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 192Hp pada 6400Rpm dan torsi 278Nm pada 4000Rpm. Tenaga ini sudah jauh lebih dari cukup untuk membawa mobil dengan berat kosong 1340Kg ini. Untuk menggerakkan roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Di pasaran, lebih banyak I30 bertransmisi otomatis dibanding transmisi manual. Pada tahun 2002, mesin ini oleh Nismo dipasang 2 buah turbo (dan modifikasi part internalnya tentunya) menjadi VQ30DETT yang terpasang pada Skyline GTR R34 serta 350Z JGTC musim 2002. Hasilnya, Nissan begitu mendominasi dan memenangkan kejuaraan JGTC tahun 2002 menggunakan mesin ini.

Kelebihan mobil ini adalah kenyamanannya yang cukup memadai sesuai kelasnya. Interiornya bisa dibilang cukup lega baik didepan maupun dibelakang. Dengan mesin 3000cc, tenaga yang dihasilkan mobil ini jelas jempolan dengan torsi yang juga cukup besar. Fitur-fitur yang disediakan juga cukup seperti ABS dan airbag depan untuk keselamatan, fitur standar lainnya, sampai ornamen mewah seperti wood panel. Untuk konsumsi BBM sendiri standar untuk kelas 3000cc dengan catatan mencapai 1:6 asal mesin sehat dan memakai bensin oktan 92.

Kelemahan mobil ini ada pada perawatannya yang cukup sulit dan mahal. Sparepartnya cukup sulit dan tidak semua bengkel bisa menangani mobil ini. Gengsi yang didapat mobil ini juga kurang jika dibanding Mercedes atau BMW yang kelasnya sama. Kadang bagi sebagian orang berdasarkan selera dan feeling, kenyamanan, fitur dan sebagainya yang ditawarkan mobil ini masih kalah dengan sebuah BMW E38 atau Mercedes W124 yang lebih tua. Harga mobil ini begitu murah bahkan kadang 20 juta sudah dapat yang membuat banyak orang tergiur. Sayangnya, setelah tau kalau perawatannya mahal orang akan menyerah dan membiarkan I30 ini teronggok begitu saja. Tidak heran kalau mencari unit Nissan Infiniti yang masih bagus cukup sulit.

Spesifikasi Nissan Infiniti I30 (Cefiro A32) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Infiniti I30 (Cefiro A32)
Jenis Sedan
Tipe A32
Mesin VQ30DE V6 DOHC 2987cc
Bore X Stroke 93.0 X 73.3 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Otomatis 4 Speed
Manual 5 Speed
Wheelbase 2.700 mm
Panjang 4.815 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.415 mm

0 Response to "Nissan Infiniti I30 (Cefiro A32)"

Post a Comment