Toyota Kijang Kapsul KF, LF, RZF, 60/70/80

Kijang Kapsul Krista

Toyota Kijang KF70/80 series pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Model ini dibagi menjadi 2 tipe, yaitu pickup (60 series) dan minibus (70 dan 80 series). Mobil ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai Kijang Kapsul karena bentuknya yang jauh lebih membulat dibandingkan generasi ketiganya yang berbentuk kotak. Walaupun diperkenalkan pada masa badai krisis moneter dan gunjang ganjing politik di Indonesia, mobil ini tetap bisa mempertahankan gelarnya sebagai mobil penumpang paling laris di Indonesia.


Pada Toyota Kijang ini, Toyota mulai memperkenalkan tipe mesin baru untuk menggantikan mesin seri K yang dipakai sejak Kijang generasi pertama. Meskipun begitu Toyota masih menawarkan pilihan mesin 7K 1800cc dengan EFI (Electronic Fuel Injection) dan khusus pada trim SX dan LX masih memakai karburator. Selain mesin jadul yang dimoderenisasi, ada juga pilihan mesin modern 1RZ-E berkapasitas 2000cc yang sering ditemukan di SUV Toyota diluar sana. Selain itu pada generasi ini diperkenalkan juga mesin diesel 2L berkapasitas 2400cc. Kijang dengan mesin diesel ini menjadi mobil minibus favorit karena jauh lebih irit dibanding Kijang bermesin bensin yang terkenal boros dan underpower.

Sama seperti versi sebelumnya, Toyota Kijang ini dibagi kedalam beberapa varian berdasarkan panjang sasis dan kelengkapannya. Ada versi sasis panjang, sasis pendek, dan pickup yang hanya tersedia dalam 1 ukuran panjang sasis. Huruf L pada nama tipe berarti memakai sasis panjang sementara huruf S berarti memakai sasis pendek. Tipe termurah untuk sasis pendek adalah SX sementara sasis panjang adalah LX. Tipe menengahnya untuk sasis pendek adalah SSX sementara untuk sasis panjangnya LSX. Tipe lengkap untuk sasis pendek adalah SGX dan LGX untuk sasis panjang. Terakhir tipe paling lengkap dan mewah adalah Krista yang memakai sasis panjang dan Rangga yang merupakan tipe paling sporty dengan sasis pendek.

Fitur-fitur yang ditawarkan tergantung tipe yang tersedia. Karena merupakan tipe paling murah untuk versi minibusnya, SX dan LX tidak dilengkapi dengan AC, tape, power window, power steering, tachometer dan transmisi otomatis. Khusus untuk tipe SX sebelum facelift tahun 2000, transmisi manual yang digunakan adalah 4 percepatan sementara LX sudah 5 percepatan. Tipe SSX dan LSX sudah dilengkapi dengan AC single blower, radio tape dan tachometer. Fitur lebih lengkap lagi ada pada tipe SGX dan LGX yang sudah dilengkapi dengan ac double blower, radio tape atau cd player, power window, dan garnish belakang untuk tambahan aksesoris. Pada model ini ditawarkan juga transmisi otomatis 4 percepatan. Versi paling mahal dan mewah untuk sasis panjang adalah Kijang Krista. Kijang Krista ini diberi berbagai aksesoris untuk mempercantik tampilan seperti fender dan bodi two tone. Untuk fitur-fiturnya sendiri sebenarnya sama saja dengan Kijang LGX. Versi mewah sasis pendek diberi nama Kijang Rangga yang fiturnya sama dengan Kijang SGX dan diberi aksesoris bodi berupa fender dan bodi two tone. Selain itu Kijang model ini juga memiliki ban cadangan yang ditempel di pintu belakang yang mirip dengan yang ada pada mobil jip atau SUV yang membuat tampilannya sangat sporty dan gagah. Namun sayangnya model ini tidak terjual terlalu banyak mungkin karena dikira versi karoseri seperti Kijang Grand Rover Ace. Karena tidak begitu laku inilah Kijang Rangga populasinya bisa dikatakan langka.

Selain versi minibus, ada juga varian pickup seperti Toyota Kijang generasi sebelumnya. Untuk varian pickup tersedia pilihan varian dek rata (flat deck) atau dek standar. Pilihan mesinnya hanya ada bensin 1800cc dengan mesin 7K atau Diesel 2400 2L dengan transmisi manual. Fitur-fiturnya mirip dengan Kijang SX dan LX dengan absennya AC, tape, power window, power steering, dan tachometer. Khusus untuk varian pickup dan Kijang LX maupun SX lampu utama yang dipakai alah 2 buah lampu kotak tanpa foglamp built in. Lampu seperti ini sering juga disebut lampu celong atau american style. Setelah facelift tahun 2000 semua Toyota ijang memiliki bentuk headlamp yang sama baik untuk tipe termurah, termahal juga pickup.

Lampu celong kotak, panjang, kijang kapsul

Pada tahun 2000 Kijang Kapsul mengalami facelift. Perubahan paling mencolok adalah hilangnya foglamp built in di headlamp utama menjadi sebuah headlamp one piece. Pada facelift ini pula diperkenalkan mesin bensin 2000cc seri 1RZ-E. Memasuki tahun 2002 Toyota Kijang Kapsul ini kembali mengalami facelift. Perubahannya meliputi penggantian headlamp utama menjadi agak lengkung dibagian bawahnya. Selain itu pada tipe LSX, LGX, SSX dan SGX warna interior berubah dari yang sebelumnya hitam keabuan menjadi beige.

Murah dan mudah dalam perawatan serta tangguh untuk keperluan sehari hari merupakan kelebihan utama Toyota Kijang dari masa kemasa. Untuk keperluan angkutan keluarga 7 orang, sebuah Kijang sasis panjang sudah lebih dari cukup untuk membawa semuanya tanpa harus terlalu berdesakan karena ukuran kabinnya sangat lapang. Kaki-kakinya yang sederhana cukup tangguh menghadapi jalanan Indonesia yang tidak terlalu mulus. Harga jual mobil ini juga tergolong stabil dan tinggi sampai saat ini. Kelemahan utama mobil ini ada pada minimnya fitur termasuk fitur keselamatan. Sasis mobil ini masih sama dengan sasis mobil pikap sehingga untuk kestabilan terasa sangat kurang. Selain itu image boros tidak pernah bisa lepas dari versi mesin bensin mobil ini walaupun versi mesin dieselnya sangat irit bahan bakar.

Kini diberbagai daerah di pelosok Indonesia mobil ini masih menjadi primadona untuk angkutan keluarga. Harga jualnya untuk Kijang Krista keluaran terakhir malah harganya bisa lebih mahal dibanding Kijang Innova keluaran pertama. Beberapa alasan mengapa Kijang Kapsul lebih laris dibanding Innova mungkin ada pada kesederhanaanya dimana mobil ini sebenarnya termasuk tertinggal secara inovasi dan fitur elektrisnya pada saat diperkenalkan. Karena minim fitur elektik inilah yang mengakibatkan Kijang Kapsul jauh lebih mudah diperbaiki oleh bengkel-bengkel kecil yang tersebar dipelosok nusantara dibanding Kijang Innova.

Spesifikasi Kijang Kapsul ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Kijang Kapsul
Jenis Minibus / Pick Up
Tipe KF60, KF70, KF80, RZF70, RZF80, LF60, LF70, LF80
Mesin 7K OHV EFi 1800cc
RZ-E SOHC 2000cc
2L SOHC 2400cc Diesel.
Bore X Stroke 80.5 X 73 mm (7K)
86 X 86 mm (1RZ-E)
92 X 92 mm (2L)
Sistem Bahan Bakar Karburator (7K)
Electronic Fuel Injection (EFi)
Transmisi Manual 4 Speed
Manual 5 Speed
Automatic 4 Speed
Wheelbase 2.650 mm (long)
Panjang 4.535 mm (long)
Lebar 1.719 mm (long)
Tinggi 1.815 mm (long)

7 Responses to "Toyota Kijang Kapsul KF, LF, RZF, 60/70/80"

  1. Dijual Kijang kapsul LG/KF80. Th 1998 warna hijau. Rp 80 juta.

    ReplyDelete
  2. Kalau mobil kijang tipe ini harga bekasnya sampai berapa iya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jogja antara 60 sampai 120 tergantung kondisi. paling murah biasanya karoseri dan pikap paling mahal krista 2004. innova 2004 aja 110 lebih dikit padahal

      Delete
  3. trims gan, menambah melek wawasan saya..pengennya sihau ambil Krista aja..tp bingung pilih mesin atau diesel ya enaknya?? pemakaian cuma dlm kota aja buat keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sih mending diesel. irit, solar murah, perawatan cuma filter oli, solar, udara, bawa penumpang penuh tenaganya nggak berasa kurang.
      tapi berhubung bakal dipakai didalam kota terus, versi bensin 2000cc matic bisa dipertimbangkan tuh. konsumsi bensin nggak beda jauh sama 1800cc tapi tenaganya lebih besar.

      Delete
  4. maaf kang koreksi sedikit, untuk kijang STD (SX-LX-Pick up) , engine yang dipakai 7K dengan karburator sampai akhir produksi di 2004. lalu penggunaaan lampu celong di kijang STD sampai 2002 , dimana pada facelift terakhir kijang kapsul 2002 baru semua type sama semua model lampunya..

    ReplyDelete