Toyota Kijang Kapsul KF, LF, RZF, 60/70/80

Kijang Kapsul Krista

Toyota Kijang KF70/80 series pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Model ini dibagi menjadi 2 tipe, yaitu pickup (60 series) dan minibus (70 dan 80 series). Mobil ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai Kijang Kapsul karena bentuknya yang jauh lebih membulat dibandingkan generasi ketiganya yang berbentuk kotak. Walaupun diperkenalkan pada masa badai krisis moneter dan gunjang ganjing politik di Indonesia, mobil ini tetap bisa mempertahankan gelarnya sebagai mobil penumpang paling laris di Indonesia.


Pada Toyota Kijang ini, Toyota mulai memperkenalkan tipe mesin baru untuk menggantikan mesin seri K yang dipakai sejak Kijang generasi pertama. Meskipun begitu Toyota masih menawarkan pilihan mesin 7K 1800cc dengan EFI (Electronic Fuel Injection) dan khusus pada trim SX dan LX masih memakai karburator. Selain mesin jadul yang dimoderenisasi, ada juga pilihan mesin modern 1RZ-E berkapasitas 2000cc yang sering ditemukan di SUV Toyota diluar sana. Selain itu pada generasi ini diperkenalkan juga mesin diesel 2L berkapasitas 2400cc. Kijang dengan mesin diesel ini menjadi mobil minibus favorit karena jauh lebih irit dibanding Kijang bermesin bensin yang terkenal boros dan underpower.

Sama seperti versi sebelumnya, Toyota Kijang ini dibagi kedalam beberapa varian berdasarkan panjang sasis dan kelengkapannya. Ada versi sasis panjang, sasis pendek, dan pickup yang hanya tersedia dalam 1 ukuran panjang sasis. Huruf L pada nama tipe berarti memakai sasis panjang sementara huruf S berarti memakai sasis pendek. Tipe termurah untuk sasis pendek adalah SX sementara sasis panjang adalah LX. Tipe menengahnya untuk sasis pendek adalah SSX sementara untuk sasis panjangnya LSX. Tipe lengkap untuk sasis pendek adalah SGX dan LGX untuk sasis panjang. Terakhir tipe paling lengkap dan mewah adalah Krista yang memakai sasis panjang dan Rangga yang merupakan tipe paling sporty dengan sasis pendek.

Fitur-fitur yang ditawarkan tergantung tipe yang tersedia. Karena merupakan tipe paling murah untuk versi minibusnya, SX dan LX tidak dilengkapi dengan AC, tape, power window, power steering, tachometer dan transmisi otomatis. Khusus untuk tipe SX sebelum facelift tahun 2000, transmisi manual yang digunakan adalah 4 percepatan sementara LX sudah 5 percepatan. Tipe SSX dan LSX sudah dilengkapi dengan AC single blower, radio tape dan tachometer. Fitur lebih lengkap lagi ada pada tipe SGX dan LGX yang sudah dilengkapi dengan ac double blower, radio tape atau cd player, power window, dan garnish belakang untuk tambahan aksesoris. Pada model ini ditawarkan juga transmisi otomatis 4 percepatan. Versi paling mahal dan mewah untuk sasis panjang adalah Kijang Krista. Kijang Krista ini diberi berbagai aksesoris untuk mempercantik tampilan seperti fender dan bodi two tone. Untuk fitur-fiturnya sendiri sebenarnya sama saja dengan Kijang LGX. Versi mewah sasis pendek diberi nama Kijang Rangga yang fiturnya sama dengan Kijang SGX dan diberi aksesoris bodi berupa fender dan bodi two tone. Selain itu Kijang model ini juga memiliki ban cadangan yang ditempel di pintu belakang yang mirip dengan yang ada pada mobil jip atau SUV yang membuat tampilannya sangat sporty dan gagah. Namun sayangnya model ini tidak terjual terlalu banyak mungkin karena dikira versi karoseri seperti Kijang Grand Rover Ace. Karena tidak begitu laku inilah Kijang Rangga populasinya bisa dikatakan langka.

Selain versi minibus, ada juga varian pickup seperti Toyota Kijang generasi sebelumnya. Untuk varian pickup tersedia pilihan varian dek rata (flat deck) atau dek standar. Pilihan mesinnya hanya ada bensin 1800cc dengan mesin 7K atau Diesel 2400 2L dengan transmisi manual. Fitur-fiturnya mirip dengan Kijang SX dan LX dengan absennya AC, tape, power window, power steering, dan tachometer. Khusus untuk varian pickup dan Kijang LX maupun SX lampu utama yang dipakai alah 2 buah lampu kotak tanpa foglamp built in. Lampu seperti ini sering juga disebut lampu celong atau american style. Setelah facelift tahun 2000 semua Toyota ijang memiliki bentuk headlamp yang sama baik untuk tipe termurah, termahal juga pickup.

Lampu celong kotak, panjang, kijang kapsul

Pada tahun 2000 Kijang Kapsul mengalami facelift. Perubahan paling mencolok adalah hilangnya foglamp built in di headlamp utama menjadi sebuah headlamp one piece. Pada facelift ini pula diperkenalkan mesin bensin 2000cc seri 1RZ-E. Memasuki tahun 2002 Toyota Kijang Kapsul ini kembali mengalami facelift. Perubahannya meliputi penggantian headlamp utama menjadi agak lengkung dibagian bawahnya. Selain itu pada tipe LSX, LGX, SSX dan SGX warna interior berubah dari yang sebelumnya hitam keabuan menjadi beige.

Murah dan mudah dalam perawatan serta tangguh untuk keperluan sehari hari merupakan kelebihan utama Toyota Kijang dari masa kemasa. Untuk keperluan angkutan keluarga 7 orang, sebuah Kijang sasis panjang sudah lebih dari cukup untuk membawa semuanya tanpa harus terlalu berdesakan karena ukuran kabinnya sangat lapang. Kaki-kakinya yang sederhana cukup tangguh menghadapi jalanan Indonesia yang tidak terlalu mulus. Harga jual mobil ini juga tergolong stabil dan tinggi sampai saat ini. Kelemahan utama mobil ini ada pada minimnya fitur termasuk fitur keselamatan. Sasis mobil ini masih sama dengan sasis mobil pikap sehingga untuk kestabilan terasa sangat kurang. Selain itu image boros tidak pernah bisa lepas dari versi mesin bensin mobil ini walaupun versi mesin dieselnya sangat irit bahan bakar.

Kini diberbagai daerah di pelosok Indonesia mobil ini masih menjadi primadona untuk angkutan keluarga. Harga jualnya untuk Kijang Krista keluaran terakhir malah harganya bisa lebih mahal dibanding Kijang Innova keluaran pertama. Beberapa alasan mengapa Kijang Kapsul lebih laris dibanding Innova mungkin ada pada kesederhanaanya dimana mobil ini sebenarnya termasuk tertinggal secara inovasi dan fitur elektrisnya pada saat diperkenalkan. Karena minim fitur elektik inilah yang mengakibatkan Kijang Kapsul jauh lebih mudah diperbaiki oleh bengkel-bengkel kecil yang tersebar dipelosok nusantara dibanding Kijang Innova.

Spesifikasi Kijang Kapsul ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Kijang Kapsul
Jenis Minibus / Pick Up
Tipe KF60, KF70, KF80, RZF70, RZF80, LF60, LF70, LF80
Mesin 7K OHV EFi 1800cc
RZ-E SOHC 2000cc
2L SOHC 2400cc Diesel.
Bore X Stroke 80.5 X 73 mm (7K)
86 X 86 mm (1RZ-E)
92 X 92 mm (2L)
Sistem Bahan Bakar Karburator (7K)
Electronic Fuel Injection (EFi)
Transmisi Manual 4 Speed
Manual 5 Speed
Automatic 4 Speed
Wheelbase 2.650 mm (long)
Panjang 4.535 mm (long)
Lebar 1.719 mm (long)
Tinggi 1.815 mm (long)


Comments

  1. Dijual Kijang kapsul LG/KF80. Th 1998 warna hijau. Rp 80 juta.

    ReplyDelete
  2. Kalau mobil kijang tipe ini harga bekasnya sampai berapa iya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jogja antara 60 sampai 120 tergantung kondisi. paling murah biasanya karoseri dan pikap paling mahal krista 2004. innova 2004 aja 110 lebih dikit padahal

      Delete
  3. trims gan, menambah melek wawasan saya..pengennya sihau ambil Krista aja..tp bingung pilih mesin atau diesel ya enaknya?? pemakaian cuma dlm kota aja buat keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sih mending diesel. irit, solar murah, perawatan cuma filter oli, solar, udara, bawa penumpang penuh tenaganya nggak berasa kurang.
      tapi berhubung bakal dipakai didalam kota terus, versi bensin 2000cc matic bisa dipertimbangkan tuh. konsumsi bensin nggak beda jauh sama 1800cc tapi tenaganya lebih besar.

      Delete
  4. maaf kang koreksi sedikit, untuk kijang STD (SX-LX-Pick up) , engine yang dipakai 7K dengan karburator sampai akhir produksi di 2004. lalu penggunaaan lampu celong di kijang STD sampai 2002 , dimana pada facelift terakhir kijang kapsul 2002 baru semua type sama semua model lampunya..

    ReplyDelete
  5. mohon pencerahan, saya lagi butuh metal jalan untuk kijang lf80 saya, ada yang tahu tempat yang jual sparepart tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya berhubung tinggalnya di jogja/magelang kalau nyari sparepart nyarinya ke prabu motor (jogja)/pahlawan motor (magelang)...
      kalau mau part toyota yg pastinya asli dan tipe seaneh apapun ada, bisa ke auto 2000 tunjukkin vin number ke bagian sparepart. lampu belakang toyota celica ta22 tetangga saya aja dicariin... cuma jeleknya lumayan mahal. buat mika lampu sepasang lengkap (karena nggak bisa beli sebelah kiri aja) habis 4 juta...

      Delete
  6. Mau tanya nih karbu bawaan kijang kapsul kf60 tipenya apa dan merk + 7k/5k mohon bantuannya...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin seri K toyota mulai 3K (atau 4K ya? lupa) pakai karbu merk Aisan

      Delete
  7. Ijin bertanya gan. Saya punya kijang krista tahun 1999, tapi di BPKB tertulis type KF 52 / 80 SPR, di Nomor Rangka juga tertera idenrifikasi KF80 dgn kide tahun pembuatan 1999. Apakah BENAR Type Krista di BPKB saya, mengingat KF52 itu setahu saya adalah kijang kotak tahun 1996

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya trim level (LX, LGX, KRISTA) tidak dibedakan melalui kode sasisnya karena yang tertulis pada kode sasis hanya sebagai informasi mesin, generasi dan panjang sasisnya. Biasalah petugas yang nulis info di BPKB sering salah tulis.

      Delete
  8. Gan mau nanya... Saya beli kijang solar long 97 duesel.
    Di bpkb nya tertera kijang LF80..
    Itu apa ya gan..? LX kah? Atau LSX!? Mohon pencerhan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya trim level (LX, LGX, KRISTA) tidak dibedakan melalui kode sasisnya karena yang tertulis pada kode sasis hanya sebagai informasi mesin, generasi dan panjang sasisnya.

      Delete
    2. Lf80 harga pasaran skrg brp ya gan?

      Delete
  9. Replies
    1. l = mesin seri L (2L)
      f = mobil kijang
      60 = kode bodi (pikep)

      Delete
  10. Punya saya LSX thn 97 di stnk & bpkb tertulis type kf 80 spr. Apakah itu sudah benar gan?

    ReplyDelete
  11. Kijang lsx tahun 2003 apakah masih menggunakan karburator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, sejak facelift tahun 2000, hanya varian SX, LX, dan pickup yang masih pakai karburator. Untuk varian-varian di atasnya (SSX, LSX, SGX, LGX, Krista), sudah pakai EFI semuanya sejak tahun 2000.

      Delete
  12. Replies
    1. K = mesin seri K berarti 7K 1800cc.
      F = mobil Kijang
      60 = pikep

      Delete
  13. Tanya bos: krista diesel yg bukan body two-one (tanpa wrna beda) apakah ada? Soalnya ini body 1wrna (tanpa bamper dpn,blkg,samping) tp bpkb lf80

    ReplyDelete
    Replies
    1. L = mesin diesel
      F80 = Kijang kapsul long

      Mungkin maksudnya LSX/LGX diesel karena LF80 itu kodenya berlaku buat semua Kijang kapsul long diesel

      Delete
  14. Mo nanya gan..sy punya kijang lgx th 97,..kmr temen ngecek harga dan spesifikasi d samsat,..d situ tertera type mobil : kijang kf80 long AT,.kta temen itu berarti auto matic,padahal mobil sy manual...mohon pncerahannya...krn tmn sy berargumen kmungkinan dlu mobil sy matic dan d ganti manual...trimakasih

    ReplyDelete
  15. jadi tau varian mobil toyota kijang, nice info

    ReplyDelete
  16. Apakah krista dgn kode tipe lf 80 dgn 2 warna? (Two one)
    Kijang sya krista, dgn code lf 80.
    Mohon pencerahan, tksh.

    ReplyDelete
  17. Mohon infonya om,type LF80 thn 2000 sdh power steering, ada RPM nya tidak dan bangku baris ketiga apakah sdh menghadap depan semua nya kah om? Terima kasih mohon info nya yak om

    ReplyDelete
  18. KF83 SPR itu tipe apa ya boss?

    ReplyDelete
  19. Apa perbedaan lsx dan lgx disel di stnk

    ReplyDelete
  20. Gan klo kf 60 itu kijang bekas angkot bukan sih gan mohon PENJELASANNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Gresik banyak tuh yg pake KF60 jadi angkot. Pernah lihat ambulan juga

      Delete
    2. Kalau angkot, berhubung seharusnya merupakan hasil konversi dari pickup atau "chassis + cowl", seharusnya kodenya semuanya KF60 ya...

      Delete
  21. Apakah ada kijang kapsul LGX 1997 kf52?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kalau KF52, itu menandakan:
      - Kijang generasi ketiga (belum kapsul)
      - Mesin bisa 5K 1.5 atau 7K 1.8
      - Long wheelbase
      - Produksi tahun 1992 hingga 1996, alias sudah "original body"

      Delete
  22. Replies
    1. Sejauh yang saya pahami, kode yang buntutnya "2" itu menunjukkan Kijang kapsul hasil facelift yang terakhir, yaitu produksi 2002 - 2004. Yang grille depannya berujud vertikal itu. Sehingga "LF82" itu berarti: Mesin diesel 2.4liter, long wheelbase (bisa LX, LSX, LGX, atau Krista), dan facelift 2002.

      Delete
  23. Apakah ada kijang kapsul 2004yg masih 4speed

    ReplyDelete
  24. Apakah ada yang jual spion original kijang rangga

    ReplyDelete
  25. Mau tanya gan, KF52 SDT thn 2002, 1800 cc kapsul masih karbu cdi, mobil ini termasuk jenis apa

    ReplyDelete
  26. Bang mau tanya kalo standart kijang/kf80 itu..masuknya lx,lsx,atau lgx bang

    ReplyDelete
  27. Mau nanya gan.kl kijang STD kf 80 itu LX/ apa?terus apakah sudah AC+ power stering?

    ReplyDelete
  28. Bang mau tanya perbedaan dtd dan spr pada stnk apa ya bang
    kl lf80 std it jenis kijang ap bang,lx atau lsx?

    ReplyDelete
  29. Izin nanya, kode UF 81 artinya apa?

    ReplyDelete
  30. klo kijang UF 81 apaan gan?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Post a Comment