Toyota Corolla Betawi KE20

Toyota Corolla KE20 adalah versi pertama dari Toyota Corolla di Indonesia yang diedarkan oleh Toyota Astra Motor. Mobil ini dirakit di Jakarta antara tahun 1970 samai dengan 1975. Pada tahun 1974, Toyota Corolla KE20 menjadi mobil paling laris sedunia. Di beberapa daerah, Toyota Corolla KE20 disebut juga sebagai Corolla Betawi, corbet, dan Corolla bungkuk.

Toyota Corolla Betawi KE20



Toyota Corolla Betawi disebut begitu karena pada era 70, kota Jakarta yang kebanyakan penduduknya masyarakat betawi sedang gencar gencarnya membangun. Karena pesatnya pembangunan, banyak investor yang akhirnya membeli tanah dari tuan tanah di Jakarta. Karena baru mendapat uang dalam jumlah yang banyak, para tuan tanah ini akhirnya mampu membeli mobil untuk meningkatkan status sosialnya. Toyota Corolla KE20 ini banyak dipilih oleh para tuan tanah tadi oleh karena itu mobil ini diberi nickname Corbet atau Corolla Betawi.

Mobil ini bermesin Toyota 3K yang terkenal akan ketangguhanya. Mesin 4silinder OHV 8 valve 1200cc ini kelak akan menjadi basis dari Toyota Kijang. Tenaga maksimum mesin K series memang tidak terlalu besar karena masih menganut teknologi OHV dengan pasokan bensin dari karburator. Klaim pabrikan, mesin ini hanya sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 68Hp atau 50Ps. Tenaga mesinnya memang tidak terlalu besar karena yang ditawarkan pada mesin ini ada pada efisiensi konsumsi bahan bakarnya. Pada saat kemunculannya, terjadi krisis minyak dunia tahun 1973 yang mengakibatkan harga minyak melambung tinggi. Mobil ini bersama Datsun 120Y yang juga menawarkan bahan bakar irit akhirnya laku keras di daratan Eropa dan Amerika.

Bermodalkan mesin 3K, tidak sedikit Toyota Corolla KE20 yang diganti mesinnya dengan mesin Kijang yang lebih besar karena basisnya sama. Biasanya yang populer mesin Kijang super yang sudah 5K 1500cc atau 7K 1800cc. Transmisi aslinya yang manual 4 speed jika ingin menggantinya dengan transmisi 5 speed juga bisa diambil dari Kijang karena hampir mirip. Efek penggantian mesin dan transmisi ini bisa membuat Toyota Corolla KE20 semakin asyik menjelajahi tol karena mesinnya bertambah tenaganya dan ditunjang sasis yang memang sudah rigid dari asalnya (asal tidak keropos).

Untuk versi Indonesia, hanya tersedia varian sedan 4 pintu saja. Walau begitu sempat ada beberapa varian Corolla E20 lain yang masuk seperti station wagon, coupe 2 pintu bahkan sampai Levin. Hanya saja memang jumlahnya tidak banyak. Untuk harga, dalam kondisi bahan berkisar antara 3 sampai 10 juta saja tergantung kondisi. Jika sudah rapi bisa mencapai 30 jutaan. Bentuknya yang kecil membulat memiliki penggemar tersendiri. Untuk Corolla langka, harga diatas tidak berlaku karena walau kondisi setengah bangkai harganya bisa mahal karena langka tadi.

Spesifikasi Toyota Corolla Betawi KE20 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corolla Betawi KE20
Jenis Sedan
Tipe KE20
Mesin 3K OHV 1200cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.335 mm
Panjang 3.945 mm
Lebar 1.506 mm
Tinggi 1.346 mm

0 Response to "Toyota Corolla Betawi KE20"

Post a Comment