Toyota Corolla Betawi KE20


Toyota Corolla Betawi KE20

Sebagai mobil paling laris didunia semenjak 1974, Toyota Corolla juga pernah dirakit di Indonesia. Tidak seperti generasi pertamanya, generasi kedua Toyota Corolla yang mendapat kode KE20 menjadi Toyota Corolla pertama yang dirakit dan diedarkan oleh Toyota Astra Motor. Mobil ini dirakit di Jakarta antara tahun 1970 samai dengan 1975. Di beberapa daerah, Toyota Corolla KE20 disebut juga sebagai Corolla Betawi, corbet, dan Corolla bungkuk. Versi kupe dari mobil ini diluar sana dikenal juga dengan julukan Corolla Manggo.

Toyota Corolla Betawi disebut begitu karena pada era 70, kota Jakarta yang kebanyakan penduduknya masyarakat betawi sedang gencar gencarnya membangun. Karena pesatnya pembangunan, banyak investor yang akhirnya membeli tanah dari tuan tanah di Jakarta. Karena baru mendapat uang dalam jumlah yang banyak, para tuan tanah ini akhirnya mampu membeli mobil untuk meningkatkan status sosialnya. Toyota Corolla KE20 ini banyak dipilih oleh para tuan tanah tadi oleh karena itu mobil ini diberi nickname Corbet atau Corolla Betawi.

Secara bentuk, mobil ini sedikit lebih besar daripada pendahulunya Toyota Corolla. Di Indonesia pada saat diperkenalkannya mobil ini Toyota Astra Motor mengenalkan 3 model untuk Corolla ini. Yang pertama sekaligus menjadi yang paling populer adalah Toyota Corolla sedan 4 pintu dengan ciri khas lubang ventilasi pada pillar C berbentuk jajar genjang membulat serta pintu belakang tentunya. Variasi lainnya adalah Toyota Corolla sedan 2 pintu dengan kode Toyota Corolla KE20 yang mana merupakan Corolla betawi sedan 4 pintu dengan 2 pintu saja dimana pintu depannya lebih panjang sekitar 10cm serta varian sporty Toyota Corolla KE25 coupe dimana ciri khasnya adalah ventilasi pada pillar C pindah keatas fender belakang karena lubang pengisian bensin berbentuk bulat berada dipilar C sebelah kiri serta pillar C yang lebih landai dibandingkan dengan Corolla sedan 2 pintu.

Untuk mesinnya, semua varian Corolla betawi ini mengusung mesin yang sama dengan Toyota Kijang buaya dengan mesin Toyota 3K yang memiliki konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve berkapasitas 1200cc. Mesin ini mendapatkan pasokan bahan bakar dari sebuah karburator keihin yang membuatnya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 67Hp pada 6000Rpm serta torsi 93Nm pada 3800Rpm. Selain itu, untuk varian aneh lainnya seperti Corolla Levin memakai mesin 2T-G DOHC atau mesin T OHC. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan.


Bicara tentang teknologinya, mobil ini punya fitur yang standar pada masanya. Sistem suspensi mobil ini masih menganut model per daun dengan solid axle dibelakang sementara suspensi depan Corolla Betawi sudah menganut model macpherson strut dengan swaybar yang merupakan improvisasi dari generasi pertamanya. Untuk menghentikan laju kendaraan, digunakan rem cakram sementara rem belakang teromol. Untuk fitur interiornya mobil ini sudah dilengkapi dengan radio AM/FM serta AC yang menjadi opsional meskipun belum dilengkapi dengan head rest pada semua joknya. Fitur pembantu sopir seperti pwer steering dan sebagainya sudah tentu belum ada pada mobil yang hanya dijual dalam 1 trim level, Deluxe ini.


Spesifikasi Toyota Corolla Betawi KE20 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corolla Betawi KE20
Jenis Sedan
Sport
Tipe KE20
Mesin 3K OHV 1200cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.335 mm
Panjang 3.945 mm
Lebar 1.506 mm
Tinggi 1.346 mm


Comments

  1. Artikelnya sangat bagus pak. Saya ada pertanyaan, berapa ya bobot corolla ke20? Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment