Chevrolet LUV Bulat KB / KBD

Chevrolet LUV lama

Chevrolet LUV adalah sebuah mobil pickup yang mulai diperkenalkan pada tahun 1972. Sejarahnya, GM membeli 34% saham Isuzu pada tahun 1972 dan menunjuk Isuzu yang kemudian menjadi bagian dari GM untuk membuat mobil ini. Nama asli mobil ini adalah Isuzu Faster dan dirancang untuk bersaing dengan small truck Jepang lain yang sudah masuk ke Amerika Serikat seperti Datsun truck dan Toyota Stout. Isuzu kemudian mengubah salah satu mobil sedannya (Isuzu Florian) yang didesain oleh Giorgetto Giugiaro menjadi sebuah pickup. Mobil ini dijual kebeberapa negara dengan nama Holden dan BedFord KB, Isuzu Faster dan Chevrolet LUV. LUV sendiri merupakan singkatan dari Light Utility Vehicle.


Generasi pertama Chevrolet LUV ini diperkenalkan pada tahun 1972 dengan mengambil basis Isuzu Florian yang dibuat versi pickup atau ute nya. Berbeda dengan ute di Australia yang bagian depannya memakai sasis monocoque dan disambung dengan sasis ledder frame dibelakang, seluruh sasis Chevrolet LUV ini memakai ledder frame. Selain itu, bak belakang mobil ini juga terpisah seperti pickup pada umumnya sementara ute biasanya memakai bak belakang yang menyatu dengan bodi. Suspensi depannya lumayan canggih karena sudah menganut model independen sementara bagian belakang masih seperti pickup tradisional dengan per daun.

Secara bentuk, Chevrolet LUV ini tarasa sangat mirip mobil sedan yang dimodifikasi menjadi pikap. Fascia depannya masih cantik ala sedan yang didesain oleh rumah desain Italia dengan 2 lampu bulat yang saat itu umumnya ada pada mobil sedan. Di Indonesia, Chevrolet LUV sejatinya hanya dijual dalam bentuk pikap dengan pilihan sasis pendek (KB20) dan kemudian sekitar 1978 baru masuk melalui ATPM Chevrolet saat itu, Garmak Motor dan baru diberi pilihan sasis panjang (KB25). Namun karena lahir disaat industri karoseri sedang berkembang pesat, ada beberapa perusahaan karoseri lokal yang mengubah mobil ini menjadi double cabin, station wagon sampai sedan yang akhirnya menjadi taksi.

Ada 2 pilihan mesin untuk Chevrolet LUV yang beredar di Indonesia. Yang pertama adalah mesin Isuzu G160/G161 yang merupakan mesin bensin 1600cc OHV 8 valve dengan karburator (KB). Untuk versi Jepang, mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 82,8Hp dan top speed 135Km/jam. Pilihan mesin kedua dan sekaligus menjadi yang paling populer adalah mesin Isuzu C190 yang merupakan mesin diesel 1900cc OHV 8 valve juga (KBD). Mesin diesel ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 61Hp pada 4400Rpm. Selain 2 pilihan mesin, Chevrolet juga menawarkan 2 pilihan sistem gerak dengan penggerak roda belakang atau penggerak 4 roda atau 4WD. Untuk transmisinya, hanya diberi pilihan transmisi manual 4 percepatan. Selain itu sebenarnya ada juga pilihan mesin bensin 1800cc hanya saja sepertinya tidak masuk ke Indonesia.

Kelebihan mobil ini ada pada kemampuan menanjaknya karenanya di wilayah Indonesia dengan kontur jalan pegunungan atau naik turun, orang akan lebih suka Chevrolet LUV dibanding kompetitornya seperti Toyota Hilux atau Datsun GN620. Untuk fiturnya masih sama seperti pickup jadul pada umumnya yang masih serba manual dan sederhana. Satu-satunya yang mampu dibanggakan mungkin hanya peletakan tongkat persneling yang berada di kolom setir sehingga kabinnya mampu memuat 3 orang penumpang tanpa harus membuat penumpang tengahnya merasa kesulitan.

Sekarang, kebanyakan Chevrolet LUV yang bertahan adalah varian diesel karena karakter mesin diesel yang torsinya sudah muncul dari putaran bawah. Berbeda dengan mesin bensin yang torsinya baru muncul saat putaran mesin menengah. Chevrolet LUV ini terkenal sebagai kendaraan beban karena mesinnya yang kuat (diesel) dan didukung sasis dan bodi yang tebal sehingga mampu dimuati beban berlebih. Tidak heran masih banyak LUV yang survive dan masih digunakan untuk keperluan niaga. Untuk harga jualnya sendiri berkisar antara 10 juta hingga 30 juta tergantung kondisi.


Spesifikasi Chevrolet LUV ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet LUV KB / KBD
Jenis Pick up
Tipe KB / KBD
Mesin G160/G161 OHC 1584cc
C190 OHC 1951cc Diesel
Bore X Stroke 82.0 X 75.0 mm (G160/G161)
86.0 X 84.0 mm (C190)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.600 mm (SWB)
2.955mm (LWB)
Panjang 4.405 mm
Lebar 1.600 mm
Tinggi N/A


Comments

  1. Sebenernya versi pickup Isuzunya (Isuzu Faster) sudah ada sejak sebelum Isuzu gabung dengan GM tahun '72. Sama seperti Mazda B-series (yang nantinya jadi Ford Courier)
    Pemicu awalnya adalah masuknya small pickup Datsun ke pasar amerika tahun 60an yg diikuti Toyota dengan Stout nya. Pabrikan Amerika yg tidak punya varian small pickup pada masa itu memilih jalan singkat dengan mengimpor dan rebadge kendaraan sekelas dari Jepang.
    Menyesuaikan pasar Amerika, mesin yg dipasang adalah versi bensin terbesarnya. Untuk LUV gen 1 dipakaikan mesin G180 1800cc.

    ReplyDelete
  2. Gan mau diskusi nee kalau pergantian mesin kira kira jenis mesin apa yg cocok untuk seri luv ini,apakah memungkinkan menggunakan mesin sejenis Isuzu atau merek lain mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. LUVnya pakai mesin apa nih? kalau diesel bisa ganti ke 4JA punya Panther 2500cc kalo mau lebih bertenaga, part banyak sama irit. sebenarnya mau mesin apa aja bisa sih, tinggal sesuaikan mounting, transmisi, kabel-kabel sama part pendukungnya. soal surat (biar legal) ke samsat ada itu syarat2nya.

      Delete
    2. Masih mesin standar nya gan disel, untuk mesin glodongan yg dimaksud dimana bisa mendapatkan link nya gan ,mohon infonya ,trimakasih banyak atas penjelasannya

      Delete
    3. itu kalo buka bukalapak dikolom pencarian ketik "isuzu panther 4ja1" ada yang jual mesin panther harga 13,5 sama 10 juta

      Delete
  3. Bagusan diesel atau bensin, ada kekurangan & kelebihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya bagusan diesel. alasannya :
      -lemot tapi torqy mirip panther c223.
      -solar busuk masih 5000an disubsidi pula sementara bensin nggak.
      -part melimpah banyak samaan dengan panther

      Delete
  4. Salam dari Sabah, Borneo. Mohon kiranya siapa2 ada manual book utk isuzu kbd25 mohon d kongsikan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. hal2 apa saja yg lerlu diperhatikan saat beli chevy luv? niatnya mau beli nih bos. yg diesel dan lampu bulat double. pengennya gitu. makasih bos kalo direply ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. model pertama sama aja dengan mobil lain seangkatan. sasisnya keropos habis tidak? siapin uang untuk restorasi pertama disitu. mesin masih bisa dicari gantinya tapi sasis sama body nggak semudah itua apalagi ini bekas mobil kerja bukan garage queen.

      Delete
  6. Chavrolet luv short ama dasun 620 kuatan mana ya

    ReplyDelete
  7. Kalau tempat nomer mesin nya yg kb 25 tahun 1978 bensin d bagian mana

    ReplyDelete
  8. Part nya apa sama semua dengan panther. ..? Mohon penjelasan nya boosss

    ReplyDelete
  9. Transmisi mesin c190 sama c233 sama gk ya ?

    ReplyDelete
  10. Bingung beli carry bagong atau chevrolet kbd 25,minta saran donk suhu

    ReplyDelete
  11. Saya juga pengen chevrolet luv kbd 25
    Tapi belum tau kelemahan nya apa?

    ReplyDelete

Post a Comment