Honda Civic Hi Deluxe

Honda Civic Hi Deluxe

Honda Civic generasi pertama adalah hatchback mungil buatan Honda yang keluar antara tahun 1972 sampai 1978 di Jepang untuk mengisi pasar hatchback sporty yang ditinggalkan Honda Z. Di berbagai penjuru dunia khususnya Amerika Serikat, tidak lama mobil ini meluncur ke pasaran langsung menjadi instant hit dan menjadi pesaing utama Toyota Corolla dan Datsun yang terkenal irit bahan bakar karena krisis minyak 1973. Di Indonesia, mobil ini dikenal dengan julukan Civic Hi Deluxe karena emblem Hi deluxe dibelakangnya, Civic koper karena pintu bagasinya, dan Civic Bongkok.


Mesin yang diusung mobil ini dari spesifikasinya terlihat tidak terlalu spektakuler dibandingkan mobil-mobil non Jepang era 70an. Seonggok mesin SOHC 8 valve 4 silinder seri EB1 dengan kapasitas mesin 1170cc dengan pasokan bensin yang berasal dari karburator dipercaya untuk menggerakkan mobil dengan berat kosong sekitar 680Kg ini. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mesin ini adalah 50Hp pada 5000Rpm dan torsi 80Nm pada 3000Rpm. Sekitar tahun 1976 muncul varian Civic dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Mesin yang digunakan adalah Honda ED3 SOHC 12valve berkapasitas 1487cc dengan suplai bahan bakar dari karburator dan memakai teknologi teknologi ramah lingkungan yang oleh Honda diberi nama CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion) yang fungsinya untuk mengatur emisi gas buang. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesin ini adalah 53Hp pada 5000Rpm dan torsi 92Nm pada 3000Rpm.


Mesin Honda Civic ini dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 4 percepatan (versi 1500cc mamakai 5 percepatan) dan transmisi otomatis 2 pecepatan. Di Indonesia, mungkin mobil inilah yang menjadi mobil Jepang versi ATPM dengan transmisi otomatis di Indonesia. Transmisi otomatis ini diberi nama oleh Honda dengan nama Hondamatic. Pada tuas transimisnya tertulis huruf L dan 2 serta R untuk mundur. Sayangnya karena pada waktu itu orang Indonesia belum terbiasa memakai transmisi matic, muncul pendapat kalau transmisi otomatis itu tidak enak dipakai, tarikan kurang, ditanjakkan susah dan kalau mogok, tidak bisa didorong. Karena pendapat-pendapat inilah akhirnya Honda Civic generasi pertama dengan transmisi otomatis tidak terjual banyak dan sekarang menjadi langka karena minimnya yang bisa merawatnya.

Fitur mobil ini lumayan lengkap pada masanya. Rem depan sudah disc brake dan sudah dilengkapi dengan AC di dalam kabinnya untuk kenyamanan. Tulisan HiDeluxe yang menempel dibelakang mobil ini merupakan strategi marketing agar mobil ekonomis seperti Civic ini terlihat lebih mewah seperti bayangan orang akan mobil pada masa itu yang besar dan nyaman. Kelebihan mobil ini walaupun terlihat tenaganya pas-pasan, tapi sebenarnya masih bisa diajak berlari asalkan mesinnya sehat. Mesinnya lumayan bandel kalau sehat dan terasa nyaman untuk mobil sekelasnya. Selain bandel, mobil ini juga irit dan gesit. Untuk sparepartnya masih lumayan walaupun bisa dibilang tidak mudah mencarinya.

Kini harga mobil ini bisa lebih murah dibandingkan motor matic 2 sampai 3 tahunan dalam kondisi biasa. Lain cerita jika kondisinya siap jalan tanpa cacat sedikitpun karena dalam kondisi spesial seperti itu harganya bisa terserah penjualnya. Karena harganya yang murah inilah banyak yang akhirnya berminat untuk menggantikan motor hariannya untuk aktivitas harian. Sayangnya karena ini adalah mobil, harga sparepartnya tidak dibisa dibilang semurah motor dengan harga yang sama. Karena kenyataan inilah banyak akhirnya Civic generasi pertama ini yang malah berakhir di kampakan karena sudah tidak ekonomis untuk diperbaiki lagi. Kelemahan mobil ini ada pada karat yang pernah mengakibatkan Honda di Amerika melakukan recall setelah 3 tahun masa edarnya. Kaki-kaki juga perlu diperhatikan karena ini adalah mobl sedan yang sudah menginjak usia 40 tahun serta sudah front wheel drive (FWD).


Spesifikasi Honda Civic SB1 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic SB1
Jenis Hatchback
Tipe SB1
Mesin EB1 SOHC 1200cc
ED3 SOHC 1500cc
Bore X Stroke 70.0 X 76.0 mm (EB1)
74.0 X 86.5 mm (ED3)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed (1500cc)
Manual 4 Speed (1200cc)
Otomatis 2 Speed Hondamatic
Wheelbase 2.200 mm
Panjang 3.551 mm
Lebar 1.505 mm
Tinggi 1.327 mm

13 Responses to "Honda Civic Hi Deluxe"

  1. Sedikit koreksi Honda Civic awal2 yang masuk di Indonesia adalah yg versi 1500cc, transmisi 4 speed manual.Tahun '80 berubah jadi Civic Excellent 1300cc,4 speed. Tahun '81 baru berubah jadi 5 speed.
    Pada jaman itu ('74-'79) mobil ini termasuk kencang dan tarikannya enak apalagi dibanding competitor terdekatnya Toyota Corolla.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya memang awalnya 4 speed sampai dikenalkan civic excellent. saya cari refrensinya yang mesin 1500cc kata teman yang penggemar civic bru muncul sekitaran 1976. untuk yg sebelumnya karena refrensi buat indonesia dikit baget dan corolla juga waktu itu cuma 1200cc makanya biar aman masukin info yang 1200cc dulu kayak versi jap sama us

      Delete
  2. Civic HB selalu gaya ya, mulai dari versi excelen lampu bulet, wonder, nouva sampai estilo yg sekarang jadi trend.

    Penasaran search Honda Z, ternyata keren juga ya..kira kira ada gak ya di Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak menutup kemungkinan ada sih, cuma kalo mau gampang paling dapatnya honda life...

      Delete
  3. Min, konsumsi bahan bakar honda civic hi-deluxe berapa ya?,, kapasitas tangkinya berapa?,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. skitar 40 liter kurang kalo ga salah... bensinnya tergantung kaki sama mesin tapi, kalo sopan ama mesin sehat bisa 1:11 dalkot

      Delete
  4. Harga kampas kopling civic deluxe berapa? Apa bisa pakai merk lain?

    ReplyDelete
  5. Harga kampas kopling civic deluxe berapa? Apa bisa pakai merk lain?

    ReplyDelete
  6. Harga kampas kopling civic deluxe berapa? Apa bisa pakai merk lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kampasnya aja sekitar 400 smpai 500 ribu tergantung nawarnya juga sih... klo subtitusinya maaf kurang tau...

      Delete
  7. Halo pak Charis, untuk civic deluxe yang ada di indonesia itu berapa CC ya kapasitas mesin nya? dan berapa tingkat percepatan transmisinya?
    terima kasih utk jawabanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya 1200cc terus tahun 1976 jadi 1500cc
      transmisi yg 1200 4 percepatan maju, yg 1500 5 percepatan maju.. aja juga matic

      Delete