Honda Civic Koper / Bongkok

Honda Civic Hi Deluxe

Honda Civic generasi pertama adalah hatchback mungil buatan Honda yang keluar antara tahun 1972 sampai 1978 di Jepang untuk mengisi pasar hatchback sporty yang ditinggalkan Honda Z. Di berbagai penjuru dunia khususnya Amerika Serikat, tidak lama mobil ini meluncur ke pasaran langsung menjadi instant hit dan menjadi pesaing utama Toyota Corolla dan Datsun yang terkenal irit bahan bakar karena krisis minyak 1973. Di Indonesia, mobil ini dikenal dengan julukan Civic Deluxe atau Hi Deluxe karena emblem Deluxe pada versi awal dan Hi Deluxe untuk facelift tahun 1976 dibelakangnya, Civic koper karena pintu bagasinya, dan Civic Bongkok.

Mesin yang diusung mobil ini dari spesifikasinya terlihat tidak terlalu spektakuler dibandingkan mobil-mobil non Jepang era 70an. Seonggok mesin SOHC 8 valve 4 silinder seri EB1 dengan kapasitas mesin 1170cc dengan pasokan bensin yang berasal dari karburator dipercaya untuk menggerakkan mobil dengan berat kosong sekitar 680Kg ini. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mesin ini adalah 50Hp pada 5000Rpm dan torsi 80Nm pada 3000Rpm. Sekitar tahun 1976 muncul varian Civic dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Mesin yang digunakan adalah Honda ED3 SOHC 12valve berkapasitas 1487cc dengan suplai bahan bakar dari karburator. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesin ini adalah 53Hp pada 5000Rpm dan torsi 92Nm pada 3000Rpm.


Mesin Honda Civic ini dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 2 pecepatan. Di Indonesia, mungkin mobil inilah yang menjadi mobil Jepang versi ATPM dengan transmisi otomatis pertama di Indonesia. Transmisi otomatis ini diberi nama oleh Honda dengan nama Hondamatic. Pada tuas transimisnya tertulis huruf P untuk parkir, R untuk mundur, N untuk netral, D/star untuk maju serta L untuk gigi rendah. Sayangnya karena pada waktu itu orang Indonesia belum terbiasa memakai transmisi matic, muncul pendapat kalau transmisi otomatis itu tidak enak dipakai, tarikan kurang, ditanjakkan susah dan kalau mogok, tidak bisa didorong. Karena pendapat-pendapat inilah akhirnya Honda Civic generasi pertama dengan transmisi otomatis tidak terjual banyak dan sekarang menjadi langka karena minimnya yang bisa merawatnya.

Fitur mobil ini lumayan lengkap pada masanya. Rem depan sudah disc brake dan sudah dilengkapi dengan AC di dalam kabinnya untuk kenyamanan. Tulisan HiDeluxe yang menempel dibelakang mobil ini merupakan strategi marketing agar mobil ekonomis seperti Civic ini terlihat lebih mewah seperti bayangan orang akan mobil pada masa itu yang besar dan nyaman. Kelebihan mobil ini walaupun terlihat tenaganya pas-pasan, tapi sebenarnya masih bisa diajak berlari asalkan mesinnya sehat. Mesinnya lumayan bandel kalau sehat dan terasa nyaman untuk mobil sekelasnya. Selain bandel, mobil ini juga irit dan gesit. Untuk sparepartnya masih lumayan walaupun bisa dibilang tidak mudah mencarinya.

Dulu saat pertama kali muncul di Indonesia, mobil ini dihargai sekitar 3.700.000 rupiah. Jauh lebih mahal dibanding Honda Life yang hampir 3 juta rupiah saat itu. Kini harga mobil ini bisa lebih murah dibandingkan motor matic 2 sampai 3 tahunan dalam kondisi biasa. Lain cerita jika kondisinya siap jalan tanpa cacat sedikitpun karena dalam kondisi spesial seperti itu harganya bisa terserah penjualnya. Karena harganya yang murah inilah banyak yang akhirnya berminat untuk menggantikan motor hariannya untuk aktivitas harian. Sayangnya karena ini adalah mobil, harga sparepartnya tidak dibisa dibilang semurah motor dengan harga yang sama. Karena kenyataan inilah banyak akhirnya Civic generasi pertama ini yang malah berakhir di kampakan karena sudah tidak ekonomis untuk diperbaiki lagi.

Kelemahan mobil ini ada pada karat yang pernah mengakibatkan Honda di Amerika melakukan recall setelah 3 tahun masa edarnya. Tidak heran karena kualitas anti karat mobil Jepang pra 1980 banyak dikeluhakan diseluruh penjuru dunia. Kaki-kaki juga perlu diperhatikan karena ini adalah mobl sedan yang sudah menginjak usia 40 tahun serta sudah front wheel drive (FWD).

Spesifikasi Honda Civic SB1 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic SB1
Jenis Hatchback
Tipe SB1
Mesin EB1 SOHC 1200cc
ED3 SOHC 1500cc
Bore X Stroke 70.0 X 76.0 mm (EB1)
74.0 X 86.5 mm (ED3)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 2 Speed Hondamatic
Wheelbase 2.200 mm
Panjang 3.551 mm
Lebar 1.505 mm
Tinggi 1.327 mm


Comments

  1. Sedikit koreksi Honda Civic awal2 yang masuk di Indonesia adalah yg versi 1500cc, transmisi 4 speed manual.Tahun '80 berubah jadi Civic Excellent 1300cc,4 speed. Tahun '81 baru berubah jadi 5 speed.
    Pada jaman itu ('74-'79) mobil ini termasuk kencang dan tarikannya enak apalagi dibanding competitor terdekatnya Toyota Corolla.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya memang awalnya 4 speed sampai dikenalkan civic excellent. saya cari refrensinya yang mesin 1500cc kata teman yang penggemar civic bru muncul sekitaran 1976. untuk yg sebelumnya karena refrensi buat indonesia dikit baget dan corolla juga waktu itu cuma 1200cc makanya biar aman masukin info yang 1200cc dulu kayak versi jap sama us

      Delete
    2. Tambahan: civic 1976 sudah 5 speed, dan paling nyaman dikendarai, hanya kelemahannya di kaki kaki karena FWD

      Delete
  2. Civic HB selalu gaya ya, mulai dari versi excelen lampu bulet, wonder, nouva sampai estilo yg sekarang jadi trend.

    Penasaran search Honda Z, ternyata keren juga ya..kira kira ada gak ya di Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak menutup kemungkinan ada sih, cuma kalo mau gampang paling dapatnya honda life...

      Delete
  3. Min, konsumsi bahan bakar honda civic hi-deluxe berapa ya?,, kapasitas tangkinya berapa?,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. skitar 40 liter kurang kalo ga salah... bensinnya tergantung kaki sama mesin tapi, kalo sopan ama mesin sehat bisa 1:11 dalkot

      Delete
  4. Harga kampas kopling civic deluxe berapa? Apa bisa pakai merk lain?

    ReplyDelete
  5. Harga kampas kopling civic deluxe berapa? Apa bisa pakai merk lain?

    ReplyDelete
  6. Harga kampas kopling civic deluxe berapa? Apa bisa pakai merk lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kampasnya aja sekitar 400 smpai 500 ribu tergantung nawarnya juga sih... klo subtitusinya maaf kurang tau...

      Delete
  7. Halo pak Charis, untuk civic deluxe yang ada di indonesia itu berapa CC ya kapasitas mesin nya? dan berapa tingkat percepatan transmisinya?
    terima kasih utk jawabanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya 1200cc terus tahun 1976 jadi 1500cc
      transmisi yg 1200 4 percepatan maju, yg 1500 5 percepatan maju.. aja juga matic

      Delete
    2. Cari sparepart civic deluxe 75 dmn ya gan? Yg lgkp..

      Delete
    3. Cari sparepart civic deluxe 75 dmn ya gan? Yg lgkp..

      Delete
    4. coba lapak c.o.i di facebook
      https://www.facebook.com/groups/1520622694848359/

      Delete
  8. Halo pak charis, untuk yg 1200cc itu 4percepatan ya, apakah bisa di swap dengan yg 5percepatan dari yg 1500cc atau mungkin dr generasi civic selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, dibikin matic juga bisa. tinggal dananya saja kuat apa tidak. Toh sudah banyak civic SB1 yang pake mesin B seriesnya Honda JDM tahun 90an

      Delete
    2. halo pak charis, maaf maksud saya tetap menggunakan mesin standartnya 1200,tapi gearbox yg di swap jadi 5speed apakah bisa? di kawinkan dgn gearbox apa ya?

      Delete
    3. maaf ada satu pertanyaan lagi, sistem suspensi civic deluxe 1200 menggunakan apa ya pak?

      Delete
    4. entah kalau cuma gearboxnya saja, mungkin bisa pake punyanya wonder? tapi saya nggak yakin. kalau kakinya sudah pake mac pherson strut independen depan belakang

      Delete
  9. Pengen nyari Civic th 75..tp buta mesin...solusinya
    Gmn? Pdhl saya seneng Ama bentuknya

    ReplyDelete
  10. mo nanya pak charis....utk civic 78 karbunya diganti punya kijang 5k apa bisa dgn merubah dudukan manipol,dan kira2 apa bisa enak..soalnya karbunya susah carinya...mohon pencerahannya pak charis..trims.

    ReplyDelete
  11. Intuk ukuran velg berapa sih ukuran PCD asli bawaan civic th 78 cari velg veriasai kok agah susah 😁 maaf baru punya mobil pertama

    ReplyDelete
  12. Persamaan stut handbrake civic deluxe apa pak?mohon infonya para suhu🙏🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  13. Mohon izin bertanya mas perbandingan dimensi civic hi deluxe matic sama manual berapa ya ... Kalau yg manual dirubah matic kira" apa aja selain transmisi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya dudukan (mounting) transmisi, komputer (mobil modern, Civic begini tidak masalah), pedal-pedal (ex rumah pedal kopling, jalur kawat/hydraulic pedal box ke gearbox), dll. Rasanya cukup sulit belum termasuk mencari transmisi Hondamatic bawaan Civic generasi ini yang masih bagus. Mungkin lebih mudah kalau sekalian buang mesin aslinya lalu pasang mesin+transmisi matic mobil lain.

      Delete
  14. Bang Dinamo radiotor mobil ini ada yng sama gk sama mobil lain...

    ReplyDelete
  15. Mau tanya tutup master rem civix deluxe pake punya apa ya cocoknya ?

    ReplyDelete
  16. Persamaan per keong atau spiral suspensi civic 78 biar gak ceper pake punya mobil apa ya bang? Makasih jawabannya

    ReplyDelete
  17. Maaf pak mau tanya untuk yang di indonesia yang kapasitas mesin 1200cc di tahun berapa aja ya? Soalnya saya cari yg versi 1200cc terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment