Honda Life SA360

Honda Life SA360

Setelah cukup sukses dengan mobil sport Honda S series dan pickup T series, Honda kemudian melanjutkan untuk membuat sedan penumpang dengan Honda N series seperti N360 dan N600. Seri N360 ini kemudian dilanjutkan dengan Honda Life yang dibuat antara Juni 1971 hingga 1975. Masih sama seperti pendahulunya, mobil ini dibuat mengikuti standar aturan mobil kei di Jepang saja yang membuatnya berukuran mungil. Hadir dalam bentuk 2 pintu, 4 pintu dan van diluar sana sedang untuk pasaran Indonesia hanya hadir dalam bentuk 4 pintu antara tahun 1973 hingga 1976. Nama Life sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti Hidup.

Di Indonesia, mobil ini masuk dan dijual oleh PT Istana Mobil Raya atau Imora Motor yang didirikan oleh Ang Kang Hoo dan pamannya Ang Kok Ha dimana Imora pada mulanya mengimpor beberapa merk mobil seperti Fiat, Holden, Nissan dan kemudian baru beralih ke Honda pada tahun 1967. Berhubung PT Prospect Motor yang merakit mobil-mobil Honda di Indonesia baru berdiri pada 1974, Mobil-mobil klasik Honda seperti sedan N series, pikep T series dan juga Honda Life ini masuk secara CBU dari Jepang. Di Indonesia, penjualan mobil Honda Life ini termasuk laris dimana ketika mobil ini dijual bersamaan dengan Honda TN7 ini berhasil terjual sekitar 350 unit perbulan. Rekor penjualan Honda Life di Indonesia baru bisa dikalahkan oleh Honda Civic yang dibekali dengan mesin 4 silinder dengan sekitar 1000 unit perbulan.

Berukuran kecil membuat ruang yang tersedia pada mobil ini sangat terbatas. Meniru konsep mobil Mini karya Sir Alec Issigonis, mobil ini dibuat dengan resep mesin didepan yang diletakkan secara transversal dan gerak roda depan untuk membuat ruang kabinnya lega untuk memuat 4 penumpang dewasa didalamnya. Untungnya, karena batas mesin yang diperbolehkan untuk mobil kei jaman itu hanya 360cc membuat mesin Honda seri EA muat kedalam ruang mesinnya yang kecil. Berbeda dengan Mini yang memakai karet sebagai suspensinya, Honda Life masih memakai macpherson strut independen didepan dan perdaun dengan rigid axle dibelakang. Untuk mendukung ukurannya yang kecil, ban yang digunakan mobil ini juga kecil dengan ukuran 10 inch dan PCD 100.

Honda Life SA360 belakang

Dengan ukuran mesin yang dibatasi aturan tidak membuat Honda kurang akal untuk membekali mesin pada Honda Life ini. Mesin Honda EA berkapasitas murni 356cc dengan konfigurasi 2 silinder segaris SOHC 4 valve dengan karburator Keihin yang dikembangkan dari mesin sepeda motor Honda CB450. Berbeda dengan mesin Honda CB450 yang masih memakai pendingin udara, mesin EA ini sudah memakai sistem pendingin cairan. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini cukup bagus dengan 29,5 Hp pada 8500Rpm dan torsi 29Nm pada 6500Rpm dengan rasio kompresi 8,8:1. Dengan bobot hanya sekitar 500Kg membuat mobil ini bisa mencapai top speed 105km/jam. Untuk menggerakkan roda depan, tenaga mesin ini disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan.


Walaupun sparepart mobil ini sudah semakin sulit didapat, tidak sedikit yang mengakali langkanya part dengan melakukan subtitusi atau kanibal part mobil bahkan motor lain. Beberapa contoh subtitusi part Honda Life misalnya Kampas kopling milik Daihatsu Hijet 1000, Alternator dan Filter Oli Daihatsu Zebra, rotak bensin dan Karburator dari Mitsubishi Colt T120 lama, Platina dari Mitsubishi Colt L300. Jika platina sudah diganti CDI, CDI bisa memakai copotan Suzuki Shogun 110, selain itu karburator juga bisa menggunakan copotan Suzuki Satria F150 dengan mengubah dudukan dan spuyernya.

Meskipun mobilnya kecil, namun mobil ini sempat populer pada dasawarsa 80an sebagai mobil omprengan atau taksi gelap yang tidak resmi. Kini Honda Life kembali populer berkat demam retro beberapa tahun yang lalu. Salah satu alasan mengapa mobil ini cukup populer kembali adalah dengan bentuknya yang lucu karena ukurannya kecil. Tidak heran kalau kemudian mobil ini menjadi cukup mahal apalagi yang berada ditangan penggemar.

Spesifikasi Honda Life SA360 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Life 360
Jenis Kei car
Tipe SA360
Mesin EA SOHC 356cc
Bore X Stroke 67.0 X 50.6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.080 mm
Panjang 2.995 mm
Lebar 1.295 mm
Tinggi 1.346 mm

Comments