Mengenal Berbagai Macam Logo Mobil Toyota

Mengenal Berbagai Macam Logo Mobil Toyota

Kalau diperhatikan, sebelum tahun 1989 setiap mobil Toyota (dalam kondisi original tentunya) jarang atau bahkan tidak ada yang terlihat memakai logo oval yang kini sudah umum dilihat dijalanan. Biasanya, mobil Toyota jadul hanya terdapat emblem huruf TOYOTA dibagian depanya atau simbol lain yang berbeda tiap tipe mobil yang dijualnya. Mengapa bisa begitu? karena desain logo Toyota yang kita kenal sekarang baru muncul pada tahun 1989.

Pertama kali Toyota memulai bisnis mobilnya, Toyota masih memakai nama marga pendiri mobil Toyota, Kiichiro Toyoda. Logo yang dipakai memakai tulisan latin karena pada saat itu, Jepang sedang mengalami westerinisasi yang pesat dengan tumbuhnya berbagai industri dalam negeri mereka dan bersiap memasuki perdagangan internasional. Logo ini muncul sekitar awal tahun 1900an di mesin tenun buatan Toyoda. Toyota sendiri baru mulai membuat mobil sekitar tahun 1932.

Pada tahun 1936, tiga tahun setelah Toyoda membentuk departemen mobil, Toyoda mengadakan kontes terbuka untuk merancang logo baru mereka. Dari 27000 kontestan, logo dengan huruf katakana ini menjadi logo yang terpilih. Pada masa inilah Toyota juga mengganti nama Toyoda menjadi Toyota agar lebih mudah diucapkan dan meminimalisir goresan kuas untuk tulisan katakananya. Huruf katakana untuk Toyoda (トヨダ) membutuhkan 10 kali goresan sementara dengan menghilangkan 2 garis diujung tulisan katakna ダ (da) menjadi Toyota (トヨタ) hanya membutuhkan 8 kali goresan. Menurut kepercayaan orang Asia Timur seperti Jepang, angka 8 ini dipercaya menunjukkan keberuntungan.

Selepas perang dunia ke 2, ekonomi Jepang hancur lebur. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jepang akan transportasi yang murah dan irit bahan bakar, Toyota akhirnya membuat merk Toyopet karena ukuran mobil yang dibuatnya kecil seperti hewan peliharaan (pet bahasa Inggris dari hewan peliharaan). Toyopet ini memiliki logo sederhana berupa segitiga terbalik memanjang dengan tulisan Toyopet. Memasuki era 60an ketika Toyota mulai menjual mobilnya keluar Jepang, nama Toyopet ini dihilangkan karena konotasi negatif dari kata Toy (mainan) dan Pet terutama di negara berbahasa Inggris.

Karena menghilangkan logo Toyopet, Toyota mengganti semua logo mobilnya dengan tulisan kapital TOYOTA di setiap mobilnya. Ini dikarenakan banyak negara tidak bisa membaca makna tulisan katakana seperti yang ada pada logo Toyota saat itu. Selain huruf kapital, Toyota sebenarnya juga memberikan logo yang menyerupai huruf T yang tertempel di bagian depan mobilnya. Namun untuk memberikan kesan branding dan eksklusifitas, Toyota juga memakai beberapa logo sebagai berikut pada masing-masing line up mobilnya.


Logo Toyota jaman dulu

Carina

Asal nama Toyota Carina berasal dari gugus bintang Carina. Kata Carina yang juga menjadi inspirasi dari Celica berasal dari bahasa Latin coelica. Kata ini memiliki arti "surgawi" atau "langit". Dalam dunia astronomi, Carina merupakan salah satu gugus bintang yang berasal dari legenda mitologi Yunani Argo Navis. Argo adalah kapal yang didayung oleh dewa Yunani yang digunakan oleh Jason (Dewa Yunani kuno) dalam usahanya untuk mencuri domba emas. Setelah sukses, para dewa memindahkan Argo ke langit sebagai gugus bintang. Karena itulah logo Toyota Carina membentuk bintang dengan layar kapal di sampingnya.

Crown

Crown dalam bahasa Inggris memiliki arti mahkota. Karena itulah lambang dari Toyota Crown lama yang terpasang di grill depan dan stir memiliki bentuk seperti mahkota anggota kerajaan. Kenapa dinamakan Crown mungkin ada hubungannya dengan sejarah pertama kalinya Toyota membuat Crown. Pada 1955, Toyota membuat sebuah sedan yang dikhususkan untuk mobil taksi. Mengikuti pepatah "Pelanggan adalah Raja", dari situlah dipakai nama Crown (mahkota) yang biasa dipakai oleh raja. Karena sejarah dan reputasinya, setiap sedan yang dikeluarkan oleh Toyota memiliki nama yang masih bermakna mahkota.

Corona

Kata Corona berasal dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Nama Corona ini terinspirasi dari Toyota Crown yang sudah populer sebelum Toyota Corona pertama kali mucul pada tahun 1957 di Jepang. Dalam dunia astronomi, Corona atau korona merupakan bagian terluar dari matahari yang memancarkan cahaya berwarna putih. Cahaya putih ini baru terlihat kala terjadi gerhana matahari dan menjadi penerangan utama ditengah kegelapan. Disengaja atau tidak, Toyota Corona menjadi mobil Toyota pertama yang diekspor ke Eropa dan menjadi simbol pencerahan bagi pemilik mobil Eropa saat itu yang terkenal tidak reliable.

Corolla

Kata Corolla berasal dari bahasa latin yang berati kelopak bunga. Kelopak bunga ini menjadi bagian dari mahkota bunga. Nama Corolla ini masih berhubungan langsung dengan Toyota Crown. Oleh karena itu, logo sedan terlaris di dunia ini sepintas membentuk sebuah mahkota dari huruf C dengan hiasan berupa bunga diatasnya.

Cressida

Kata Cressida mempunyai arti Emas. Masih berhubungan dengan nama Toyota Crown, emas biasa digunakan untuk hiasan pada mahkota raja. Dalam mitologi Yunani, Cressida adalah karakter yang muncul dikisah Perang Troya. Dia adalah seorang wanita Trojan, putri Calchas, seorang cendikiawan Yunani kuno. Dia jatuh cinta dengan Troilus, putra bungsu dari Raja Priam dengan janji sehidup semati. Dalam budaya modern Cressida menjadi inspirasi dari sepasang kekasih yang setia.

Harrier

Kata Harrier berarti seekor burung yang memiliki sayap lebar dan tubuh yang ramping. Dalam logo Harrier sendiri sudah terlihat sesosok burung dengan sayap besar siap menerkam mangsanya. Dalam bahasa Inggris, Harrier juga berarti orang yang menyerang secara terus menerus. Ini menunjukkan nama Harrier yang gagah perkasa seperti mobilnya.

Levin

Levin berasal dari bahasa Inggris kuno yang berarti petir. Toyota levin sendiri didesain menjadi mobil dengan performa yang lebih dasyat seperti petir dibanding model standarnya. Karena itulah logo Levin memiliki bentuk seperti petir.

Kijang


Kijang berasal dari gabungan kata Kerjasama Indonesia dan Jepang. Kijang merupakan spesies hewan asli Indonesia dengan nama latin Muntiacus muntjak. Dari logo yang dipakainya sudah jelas menggambarkan seekor kijang bukan.

Celica

Asal kata dan artinya sama seperti Carina. Logo Celica berbentuk naga karena mengacu pada garis keturunan kaisar Jepang. Dalam mitologi Jepang, seorang kaisar adalah keturunan dari para dewa. Kiichiro Toyoda atau pendiri Toyota Motor merupakan penggemar balap perahu naga. Karena Celica (kelak juga menjadi Supra) merupakan mobil sport kasta tertinggi Toyota, jadi wajar jika naga digunakan untuk melambangkan mobil sport buatannya. Ada yang bilang logo naga pada Toyota Celica bentuknya mirip seperti perahu karena kegemaran pendiri Toyota.

Yaris

Yaris merupakan penggabungan dari kata-kata dari mitologi Yunani dan Jerman. Dalam mitologi Yunani, 'Charis' adalah simbol keindahan dan keanggunan. Toyota mengganti awalan 'Ch' dengan 'Ya' yang dalam bahasa Jerman berarti yes atau ya untuk melambangkan reaksi yang diberikan oleh orang Eropa untuk desain mobil ini. Di Jepang dan beberapa negara lainnya Toyota Yaris memiliki nama Toyota Vitz.

Trueno

Trueno berasal dari bahasa Spanyol yang berarti guntur. Toyota Trueno sendiri didesain menjadi mobil dengan performa yang lebih dasyat seperti suara guntur yang mengelegar. Bentuk logo Trueno hampir mirip dengan Levin yang berbentuk kilatan petir. Biasanya, Toyota Trueno memiliki bentuk yang lebih menarik dibanding Toyota Levin walau memakai mesin yang sama.

Century

Century dalam bahasa Inggris berarti abad. Pada awalnya, Toyota Century dibuat untuk memperingati seabad kelahiran Sakichi Toyoda yang merupakan pendiri Toyota Group pada tahun 1967. Mobil ini diciptakan sebagai flagship car atau mobil paling mewah Toyota yang tidak memakai brand Lexus. Desain mobil ini abadi karena sejak diperkenalkan tahun 1967, baru mengalami perubahan yang besar pada tahun 1997. Logo yang dipakai adalah logo burung Phoenix yang dalam beberapa kebudayaan terkenal abadi.

MR2

Toyota MR2 diambil dari singaktan Midship Runabout 2 seater. Mobil dengan mesin tengah dan karena bentuk dan harganya sering dijuluki "poor man's Ferrari" ini memiliki emblem dengan gambar menyerupai burung elang. Toyota sendiri sebenarnya tidak bermaksud menggambarkan elang, melainkan burung (entah apa jenisnya) yang melambangkan sifat "aerodynamic beauty through evolution".

Publica


Toyota Publica menjadi pendahulu dari Toyota Starlet. Nama Publica berasal dari gabungan kata Public Car. Publica pada awalnya didesain menjadi mobil rakyat orang Jepang. Namun memasuki era 70an, Publica malah berganti arah menjadi Corolla yang dipermurah dan menjadi pilihan utama pengemudi pemula disana.

Itu tadi beberapa logo jadul yang terpasang di mobil Toyota sebelum Toyota memakai logo oval seperti yang kita kenal sekarang. Sebenarnya masih ada banyak lagi seperti misalnya Toyota GT86 yang melambangkan mesin boxer dengan bore stroke 86mm yang angkanya tertera di tengah emblemnya. Namun karena keterbatasan, hanya ini yang bisa kami sampaikan. Punya info lebih atau ingin mengoreksi? silahkan beri komentar di kolom yang tersedia.

2 Responses to "Mengenal Berbagai Macam Logo Mobil Toyota"

  1. Logo yg di Alphard gmana Om , yg kayak tameng itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang saya baca, Alphard asalnya dari kata bahasa arab Al-Fard yg artinya yg menyendiri. Nama ini dipakai untuk bintang yang paling terang di gugus bintang Hydra. Dibilang menyendiri karena bintang Alphard ini terlihat begitu terang dari bumi seakan-akan sedang menyendiri dari bintang disekitarnya yang terlihat lebih redup. Logo Alphard sebenarnya bukan tameng sih, tapi makhluk mitologi semacam ular (serpent) bernama Hydra yang sedang melilit

      Delete