Opel Optima F (Astra F)

Opel Optima F (Astra F)

Opel Optima pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1995 bersama dengan Opel Vectra yang merupakan sedan dengan ukuran yang lebih besar. Di luar sana mobil ini diberi nama Opel Astra F yang merupakan pengganti dari Opel Kadett E. Khusus untuk pasar Indonesia diberi nama Optima agar tidak membingungkan konsumen karena nama Astra di Indonesia berhubungan erat dengan mobil Toyota. Selain Opel Astra, mobil ini juga dikenal dengan nama Holden Astra, Chevrolet Astra, Vauxhall Astra dan Opel Kadett di berbagai belahan dunia.


Pertama kali muncul, Opel menyediakan trim Optima GLS dan Optima CDX. Secara kelengkapan, Optima CDX merupakan tipe dengan kelengkapan yang jauh lebih lengkap dari pada GLS. Perbedaan Opel Optima GLS dan CDX secara fitur ada pada fitur keselamatannya seperti airbag dan ABS. Dibagian eksterior terdapat perbedaan pada warna bumper dimana GLS masih terdapat list berwarna hitam sementara CDX sewarna bodi. Dibagian interior yang paling terlihat ada pada setir dimana setir CDX memakai palang 4 dan lebih tebal dibanding GLS yang masih palang 3 karena terdapat airbag. Selain itu ada juga Optima Sport yang sama dengan GLS kecuali bentuk bumper depan dan belakang yang lebih sporty serta adanya sideskirt dan wing spoiler.

Mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder 1800cc SOHC 8 valve dari GM Family II engine. Mesin ini identik dengan mesin Opel/Chevrolet Blazer, Daewoo Espero sampai Holden Camira yang sama-sama merupakan produk General Motor. Opel membekali mobil ini dengan mesin C18NZ 1796cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 90Hp pada 5800Rpm dan torsi 145Nm pada 4800Rpm. Mobil ini sudah menggunakan single-point fuel injection dengan rasio kompresi 9.2:1. Karakter mesinnya memang tidak beringas karena mesin ini lebih cenderung mementingkan torsi. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan untuk disambungkan ke roda depan.

Kelebihan Opel Optima adalah lebih kaya fitur dibanding mobil Jepang seperti halnya mobil Eropa dan Amerika lain. Power steering, AC, central lock, sabuk pengaman di semua bangku, electric mirror dan sebagainya ada. Untuk yang menginginkan kemanan lebih, sudah ada varian ABS dan airbag pada tipe CDX. Plat bodi mobil ini tebal karenanya berpengaruh pada berat mobil keseluruhan yang mencapai 1030Kg. Namun karena karakter mesinnya ayng mementingkan torsi, ketika dipacu dijalan tol kecepatan diatas 100km/jam biasanya tidak akan terasa. Karena beratnya dipadukan dengan kaki-kaki macpherson strut independen dan ditambah anti rollbar membuat mobil ini terasa lumayan nyaman.

Kelemahan Opel Optima adalah butuh perawatan khusus baik bengkelnya dan juga sparepartnya. Karena mobil ini kurang bagus penjualannya, sparepartnya lumayan jarang kecuali di kota besar. Sekalinya dapat part yang diinginkan kadang malah harganya terasa begitu mahal karena mobilnya sendiri murah harga pasarannya. Selain itu pendinginan mobil ini juga kurang karena banyak yang mengeluhkan gampang overheat dan AC kurang dingin. Di bagian kaki-kakinya banyak yang bilang terasa ringkih dan kurang tahan dengan jalanan pelosok Indonesia yang hancur.

Spesifikasi Opel Optima F (Astra F) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Opel Optima F (Astra F)
Jenis Sedan
Tipe Astra F
Mesin C18NZ SOHC 1800cc
Bore X Stroke 84.8 X 79.5 mm
Sistem Bahan Bakar Monopoint Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.517 mm
Panjang 4.239 mm
Lebar 1.696 mm
Tinggi 1.410 mm

0 Response to "Opel Optima F (Astra F)"

Post a Comment