Macam-macam Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia

Suzuki Katana standar asli

Suzuki Katana merupakan mobil jip kecil yang lumayan laris penjualannya di Indonesia dibandingkan dengan jip lain yang hadir disini. Saking larisnya, dijaman 90an dulu kebanyakan lembaga kursus mengemudi mengandalkan sebuah Suzuki Katana untuk latihan peserta kursusnya. Alasan mengapa Suzuki Katana bisa begitu laris mungkin karena jaman dulu, pilihan mobil seukuran city car belum terlalu banyak bahkan belum ada. Selain karena ukurannya yang kecil, Katana juga diminati karena harganya yang jauh lebih murah dibanding jip lain yang tersedia dipasaran mobil Indonesia.


Indonesia menerapkan berbagai perubahan sistem perpajakan yang tujuannya untuk melindungi industri dalam negeri agar dapat bersaing dengan barang impor dalam segi harga. Upaya pemerintah untuk melindungi industri perakitan mobil di Indonesia adalah menerapkan pajak yang lebih tinggi untuk mobil berjenis jip atau SUV, sedan, mesin diatas 2000cc, force induction (turbo dan supercharger) sampai sistem gerak 4 roda. Karena pajak yang lebih besar, Suzuki akhirnya membuat Suzuki Jimny menjadi 2WD dengan menghadirkan Suzuki Katana. Selain mengubah Jimny menjadi jip banci (istilah untuk jip 2WD), Suzuki juga membuat Katana ini bisa dibuat oleh karoseri lokal untuk kembali menekan harga jualnya. Ada macam-macam Suzuki Katana hasil karoseri lokal sebagaimana berikut ini.


Macam-macam Suzuki Katana


Katana Indomobil
Suzuki Katana jenis ini dibuat langsung oleh Indomobil sehingga kualitas plat bodi yang digunakan sudah pasti baik dan minim dempul. Suzuki Katana ini dibagi menjadi beberapa trim seperti DX, GX, Blitz. Perbedaan antar trimnya ada pada kelengkapan aksesorinya seperti misalnya Katana DX memakai jok belakang berhadapan dan Katana GX memakai jok belakang menghadap depan.

Katana Long (kalong)
Sesuai dengan namanya, Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Adi Putro ini mengusung model sasis panjang dengan jumlah pintu hanya 3 membuatnya bisa menjadi mobil barang serbaguna yang tangguh di jalan jelek seperti dipelosok. Mobil ini dikenal juga dengan sebutan Katana BRI (Bank Rakyat Indonesia) karena jaman dulu dipakai sebagai mobil operasional BRI. Dengan sasis dan bodi yang lebih panjang sekitar 80cm dibanding Katana sasis pendek membuat beratnya bertamah. Sayang mesin yang digunakan masih sama sehingga terasa underpower dan masih 2WD walau ada juga yang 4WD.

Katana Corsica (Alexander)
Katana Corsica adalah varian Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Alexander. Buat yang belum tau, Alexander ini sudah seperti karoseri "spesialis" Suzuki dari jaman Suzuki Carry. Katana Corsica ini terbagi menjadi 2 varian yaitu sasis panjang 3 pintu, 5 pintu dan sasis pendek. Ciri khususnya ada pada bagian belakang yang dibuat bertumpuk. Untuk varian sasis panjang 5 pintu, pintu penumpang samping belakang memakai jendela model naik turun dengan bukaan engkol.

Katana Country
Mungkin inilah Suzuki Katana yang paling beda dari beberapa karoseri Katana diatas. Bagian lampu belakangnya tidak berada dibumper seperti Katana lainnya melainkan berada di sisi kanan dan kiri pintu belakang. Posisi lampu belakangnya ini vertikal dengan bentuk persegi panjang lebar. Katana Country ini juga tersedia dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang walau keduanya sama-sama hanya memiliki 3 pintu.

Karena Suzuki Katana ini bisa dibilang paket hemat dari Jimny karena tidak dilengkapi dengan sistem gerak 4WD agar pajaknya tidak besar, rasanya kurang afdol kalau tidak sedikit dibahas mengenai Suzuki Jimny juga. Agar tidak melebar, Jimny yang dibahas disini adalah Suzuki Jimny generasi ke 2 yang pertama kali muncul pada tahun 1982 dengan kode SJ40.

Macam-macam Suzuki Jimny


Jimny Trepes
Setelah jaman Jimny Jangkrik berakhir pada 1981, Suzuki menghadirkan pengganti Suzuki Jimny dengan model baru yang lebih besar dan lebih mengkotak khas mobil era 80an. Jimny ini punya ciri khas berua atapnya yang pendek sehingga untuk orang dengan tinggi lebih dari 170cm akan merasa sangat sempit menumpang mobil ini. Karena atapnya yang pendek inilah akhirnya orang menyebut Jimny versi ini dengan nama Jimny Trepes. Jimny Trepes ini muncul antara 1981 sampai 1983.

Jimny V3 / Super Jimny 6
Mungkin karena ruang kepala Suzuki Jimny dianggap terlalu sempit, pada tahun 1984 muncul versi atap setengah. Atap setengah ini maksudnya bukan atap mobil yang hanya setengah ditutupi setengahnya lagi bolong tapi lebih kearah tinggi atapnya yang lebih tinggi dibanding Jimny Trepes namun lebih rendah dibanding atap Suzuki Katana yang tinggi. Jimny atap setengah ini muncul antara 1984 sampai sekitar 1988.

Jimny Sierra
Selain mesin, perbedaan lainnya ada pada bodinya dimana Sierra dilengkapi dengan atap fiberglass / kanvas dengan adanya bando tengah atau targa. Pada awalnya hanya tersedia versi atap fiberglass namun ada opsional atap kanvas kemudian. Selain itu, kaca depan Sierra bisa dilipat karena terdapat engselnya. Karena atap belakangnya terbuat dari fiberglass, pintu belakang Sierra juga unik karena bagian kaca membuka keatas seperti hatchback sementara pintunya menyamping seperti biasa. Bagian belakangnya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu versi kaca sempit yang muncul antara 1983 sampai 1984 dan kaca lebar antara 1984 akhir sampai 1985. Versi kaca sempit ini lebih sedikit dibangin versi kaca lebar. Populasi Jimny Sierra ini tergolong langka karena bisa dibilang inilah Jimny limited edition di Indonesia.

Jimny Samurai
Berbeda dengan Jimny sebelumnya, Jimny Samurai ini dibekali dengan mesin Suzuki G13 berkapasitas 1300cc. Secara tenaga, sudah pasti Jimny Samurai ini punya tenaga yang lebih besar dibanding mesin F10A milik Katana. Secara bentuk, Jimny Samurai ini mirip dengan Jimny Trepes. Hanya saja karena Jimny Samurai ini lebih ditujukan untuk pasar negara barat seperti Amerika utara dan Australia, jadilah Jimny Samurai ini langka di Indonesia.

Jimny Caribian / Carribean
Memasuki milenia baru, Suzuki sempat menghadirkan Jimny yang dikenal dengan nama Suzuki Jimny Caribian. Ciri khas Caribian ini ada pada bentuknya yang menyerupai pickup double cabin dengan kabin belakang yang kecil. Sasisnya sendiri memakai sasis panjang sehingga tampilan double cabinnya terlihat sporty dan proporsional. Mesin yang dipakai Caribian ini sama seperti Jimny Samurai dengan mesin Suzuki G13 1300cc. Jimny ini termasuk Jimny termuda di Indonesia karena masuk secara CBU dari Thailand antara 2005 sampai 2007.

New Jimny
Jimny baru ini sebenarnya sudah masuk kedalam generasi ketiga. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 di Tokyo Motor Show. Menurut gosip yang beredar, mobil ini akan diedarkan sekitar tahun 2017 setelah sebelumnya dipajang di booth Suzuki di GIIAS 2016. Sebelumnya, Jimny ini sudah masuk terlebih dahulu lewat importir umum dengan harga 300 sampai 400 juta rupiah.

Nah, itu tadi beberapa macam Suzuki Jimny dan Katana yang hadir di Indonesia. Mungkin ada beberapa info yang kurang tepat mohon dikoreksi atau tambahkan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca.

3 Responses to "Macam-macam Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia"

  1. Mas pakai foto interior sama mesinnya dong supaya lebih bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang ini kurang bisa detil interiornya soalnya semua jimny dan katana sama aja interiornya. paling beda mungkin cuma panel dashboard bulat di jimny dan kotak di katana.

      Delete