Vespa Corsa 125

Vespa Corsa PK 125 Automatica

Lebih dari 60% motor baru di Indonesia saat ini adalah sekuter atau yang lebih dikenal dengan nama motor matic. Kalau ditanya motor mana yang menjadi pelopor motor matic di Indonesia dan dijawab Yamaha Mio atau Nouvo maka Anda salah. Ini karena Vespa Corsa yang saat itu dijual oleh PT Dan Motor yang menjadi yang pertama dalam urusan mengenalkan motor matic di Indonesia sejak 1991.


Vespa ini memiliki bentuk yang terkesan seperti campuran Vespa klasik dengan Vespa modern. Lampu depannya berbentuk bulat agak besar, jok model menyatu, lampu belakang kotak dan sisanya masih terlihat seperti Vespa klasik. Vespa ini sejatinya merupakan penggembangan dari Vespa PK 125 yang sudah ada di Italia sejak 1984 silam. Di Italia, Vespa ini lebih dikenal dengan nama Vespa PK 125 Automatica. Karena termasuk kedalam platform small frame, ukuran motor ini cukup kecil dan ramping dengan ban berukuran 10 inch.


Mesin yang digunakan motor ini adalah mesin 2 tak 1 silinder dengan pendingin udara berkapasitas murni 121,2cc yang dibulatkan menjadi 125cc. Dengan sebuah karburator Del Orto 19E, tenaga yang dihasilkan hanya mencapai 6,9Hp pada 5600Rpm dengan kecepatan maksimum yang bisa diraih hanya mencapai 90Km per jam saja dimana angka segitu sudah lebih dari cukup untuk Vespa yang didesain enak untuk kebutuhan transportasi dalam kota sampai jalan-jalan sore.

Transmisi yang digunakan Vespa ini adalah otomatis CVT sama seperti motor matic umumnya dijaman sekarang. Yang unik dari skuter ini adalah pengoperasiannya dimana motor ini memiliki gigi netral sehingga resiko motor loncat kala distarter bisa diminimalisir. Pada sisi kanan handel grip kiri terdapat indikator posisi gigi dimana 0 menunjukkan gigi netral sementara 1 menunjukkan gigi jalan. Berhubung transmisinya otomatis, tuas sebelah kiri yang biasa digunakan sebagai kopling pada Vespa klasik berubah menjadi tuas rem belakang dan pedal rem di bagian kanan yang biasa ditemukan didepan dek Vespa tidak ada lagi pada Vespa ini.

Fitur yang tersedia pada motor ini cukup lengkap mulai dari rem depan dan belakang teromol, starter kaki maupun elektrik, gantungan barang di bawah jok bagian depan, bagasi depan, ban cadangan khas Vespa yang diletakkan didalam tepong sebelah kiri, sampai mixer oli samping otomatis yang mencampur bahan bakar dengan oli 2 tak untuk mempermudah perawatan. Fitur-fiturnya cukup lengkap untuk motor yang pada tahun 1994 hanya dijual dengan harga 4 juta rupiah kondisi baru.

Penjualan Vespa kurang laris saat itu berhubung orang masih takut membeli mobil maupun motor matic yang membuat populasinya agak jarang. Kelebihan Vespa Corsa adalah perawatannya yang gampang karena konstruksi mesin 2 tak yang sederhana. Selama servis, ganti oli mesin serta oli samping rutin niscaya Vespa Corsa ini akan terus bisa diajak jalan-jalan. Kelemahannya karena populasinya yang cukup jarang walau dijual sampai tahun 2006, sparepartnya cukup sulit dan mahal ketika ingin melakukan restorasi.

Spesifikasi Vespa Corsa 125 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Vespa Corsa 125
Jenis Skuter
Tipe PK 125 Automatica
Mesin 1 cyl 2 tak 121,2cc
Bore X Stroke 55.0 X 51.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Otomatis CVT
Wheelbase 1.175 mm
Panjang 1.675 mm
Lebar 700 mm
Tinggi 1.070 mm

3 Responses to "Vespa Corsa 125"

  1. Akhirnya posting Vespa juga.... Ntapss...

    ReplyDelete
  2. tapi vespa² yg lain butuh bantuan... saya gak tau detil soalnya 😐

    ReplyDelete
  3. Pengen beli tapitapi. .. Nikah aja dulu lah wkwkwkwkkw

    ReplyDelete